MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS MULAWARMAN

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Nazrah Kamilah

Universitas Mulawarman Samarinda

Silviana Purwanti

Universitas Mulawarman Samarinda

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kamilah, N., & Purwanti, S. (2023). MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS MULAWARMAN. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 953-967. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.311
Section
Articles
Author Biographies

Nazrah Kamilah, Universitas Mulawarman Samarinda

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Silviana Purwanti, Universitas Mulawarman Samarinda

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

References
Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148. DOI: 10.21107/ilkom.v14i2.7504.

Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan media sosial. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), 34-44.

C. Fanaqi, (2021). Tiktok Sebagai Media Kreativitas Di Masa Pandemi Covid-19, 2021. [Online]. Available: https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-

Safitri, A. A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan teori penetrasi sosial pada media sosial: Pengaruh pengungkapan jati diri melalui TikTok terhadap penilaian sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1-9. DOI: 10.47233/jteksis.v3i1.180.

Fitri, A. N., Pertiwi, L. B., & Sary, M. P. (2021). Pengaruh media sosial tiktok terhadap kreativitas mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 13(1), 37-46.

Sari, D., Madyan, M., & Mahendra, A. (2021). Penggunaan aplikasi tik tok sebagai ajang eksistensi diri (fenomenologi penggunaan tik tok pada mahasiswa UIN Shultan Thaha Saifuddin Jambi) (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

I. N. Sari, (2023). Sejarah TikTok dari Aplikasi Negeri Panda hingga Mendunia., katadata.

Fauzan, A. (2021). Dampak Aplikasi Tik Tok Pada Interaksi Sosial Remaja β€œStudi Di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar β€œ (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

E. Ardianto, (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rektama Media.

D. McQuail, (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Humaizi, (2018). Uses and Gratifications Theory. Medan: USU Press.