Kepuasan Nasabah Sebagai Mediasi Pada Pengaruh Benefits Offered Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Mufti Alam Adha Adha

Universitas Ahmad Dahlan

Faiza Husnayeni Nahar

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Robbyansah

Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adha, M. A. A., Faiza Husnayeni Nahar, & Robbyansah. (2025). Kepuasan Nasabah Sebagai Mediasi Pada Pengaruh Benefits Offered Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas. Jurnal Manajemen Dan Teknologi, 2(2), 117-132. https://doi.org/10.63447/jmt.v2i2.1593
Section
Articles
Author Biographies

Mufti Alam Adha Adha, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia.

Faiza Husnayeni Nahar, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia.

Robbyansah, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia.

References

Akob, R. A., & Sukarno, Z. (2022). Pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 269–283.

Amos, B. (2024). Digital transformation in Islamic finance: Trends, challenges, and opportunities. International Journal for Science Review, 1(1), 33–41. https://doi.org/10.71364/ijfsr.v1i1.5

Delila, A. G., & Silvia, V. (2023). Peran penggunaan BSI mobile banking dalam kemudahan bertransaksi di era Society 5.0. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(2), 237–246. https://doi.org/10.35508/jom.v16i2.8514

Febrian, D., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). The effect of benefits offered and customer experience on re-use intention of mobile banking through customer satisfaction and trust. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 25(3), 551–569.

Ghozali. (2021). Structural equation modeling metode alternatif dengan partial least squares (PLS).

Hair, J., Sarstedt, M., Pick, M., Liengaard, B., Radomir, L., & Ringle, C. (2022). Progress in partial least squares structural equation modeling use in marketing research in the last decade. Jurnal Psychology and Marketing, 39(5), 1035–1064. https://doi.org/10.1002/mar.21640

Harahap, D., Afandi, A., & Siregar, T. M. (2023). The Islamic banking customers’ intention to use digital banking services: An Indonesian study. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 9(3), 533–558.

Herawati, N., & Sulistyowati, M. (2019). Strategi meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah dengan optimalisasi kualitas pelayanan, penanganan komplain dan fasilitas teknologi di Bank Mandiri Syariah Cabang Solo. Excellent, 6(2), 99–113.

Hermawati, A. (2023). Pengaruh penanganan keluhan, komunikasi pemasaran dan kepercayaan terhadap loyalitas (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28.

Hidayanti, D. N., Noviarita, H., & Anggraeni, E. (2020). Analisis penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah pada PT BPRS seprovinsi Lampung. Islamic Economics Journal, 6(1), 27–40.
Hidayat, A., & Kassim, S. (2023). The digital banking services: A selection model from Islamic banks. International Journal of Islamic Business, 8(1), 41–58.

Hutagalung, L. A., Batee, M. M., Zebua, S., & Lase, H. (2024). Kebijakan pemanfaatan aplikasi BNI mobile banking dalam meningkatkan kualitas layanan keuangan perbankan bagi nasabah BNI Cabang Gunungsitoli. ANOR: Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review, 6(1), 120–127.

Indrawati, S. A. (2024). Pengaruh kualitas layanan dan penanganan keluhan terhadap loyalitas pengguna dengan kepuasan pengguna sebagai variabel intervening (Studi Kasus Aplikasi Bibit Investasi Reksa Dana Syariah). Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 11(1).

Khumaini, S., Fahrudin, F., & Samsuri, S. (2022). Pengaruh fasilitas layanan internet banking dan mobile banking terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 3(2), 143. https://doi.org/10.31000/almaal.v3i2.5403

Kurniyawati, E., & Anggadha, F. (2024). Pengaruh kualitas layanan dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi Kasus BPRS Suriyah Cabang Salatiga). Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 142–152.

Lieny, L. (2021). Pengaruh persepsi kemudahan, kenyamanan dan kepercayaan terhadap niat dalam menggunakan mobile banking di BCA Pangkalpinang. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Keuangan, 8(2), 56–62.

Maharani, P. H., Dewi, L. K. C., & Martini, L. K. B. (2023). Pengaruh penanganan keluhan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variabel mediasi di masa pandemi Covid di RSK Bedah Bimc, Kuta. Relasi: Jurnal Ekonomi, 19(1), 134–145.

Milza, A. T., Fasa, M. I., Suharto, S., & Fachri, A. (2021). Implementasi BSI mobile sebagai wujud tercapainya paperless dan penerapan green banking. IJAB Indonesian Journal of Accounting and Business, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/ijab.v3i1.3

Nurhidayati, M., & Cahyani, N. K. (2021). Faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna e-channel pada nasabah BSI KCP Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 146–157.

Putri, S. Z. E., Widarko, A., & Asiyah, S. (2021). Pengaruh citra perusahaan, penanganan keluhan, kualitas pelayanan, kepercayaan terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Shavira Catering & Service). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(09).

Ramadhonna, H. A., & Terminanto, A. A. (2024). The effect of customer experience, benefit offered, and word of mouth on reuse intention of mobile banking through customer trust (Case study of PT. Bank Syariah Indonesia in South Tangerang City). Journal of Indonesian Islamic Economic Finance, 3, 191–212.

Riza, A. F. (2019). Customer acceptance of digital banking in Islamic bank: Study on millennial generation. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, 66–74.
Rochim, A., & Imelda, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Studi pada pelanggan Grab Bike SMA Islam Al-Azhar4.

Romadoni, M. F., & Albanna, H. (2023). Analisis perilaku masyarakat untuk ber-ziswaf secara digital melalui layanan M-banking syariah menggunakan modifikasi UTAUT. Jurnal Magister Ekonomi Syariah, 1(2 Desember), 17–32. https://doi.org/10.14421/jmes.2022.012-02

Rozali, M. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi otentikasi terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi (Studi Kasus PT Taspen Persero Cabang Utama Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sintia Ina. (2024). Kepuasan sebagai variabel mediasi kualitas. Economic, 10(1), 42–57.

Susanti, E. (2021). Kepuasan penanganan keluhan memediasi hubungan antara penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah pada industri perbankan di Indonesia. International Journal of Digital Entrepreneurship and Business (IDEB), 2(2), 91–101.

Sutikno, S., Nursaman, N., & Muliyati, M. (2022). The role of digital banking in taking the opportunities and challenges of sharia banks in the digital era. Journal of Management Science (JMAS), 5(1), 27–30.

Syamsudin, A. T., & Fadly, W. (2021). Pengaruh komunikasi pemasaran, kepercayaan dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT BPR Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 51–65.

Tiana, I. M., Prihatiningrum, R. Y., & Rifani, A. (2019). Pengaruh benefits offered aplikasi mobile banking terhadap kepuasan nasabah, kepercayaan, loyalitas dan positive word of mouth (WOM). JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 351.

Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran layanan mobile banking dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah bank syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.51-62.

Wahab, N. P., Hinelo, R., & Ismail, Y. L. (2024). Pengaruh penggunaan aplikasi otentikasi dan benefits offered terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi pada PT Taspen Persero Cabang Gorontalo. Economic Reviews Journal, 3(4), 1735–1749