Transformasi Digital UMKM Indonesia di Era Industri 5.0: Studi Kasus di Kota Banda Aceh

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Abdus Salam

STMIK Indonesia Banda Aceh

Imilda

STMIK Indonesia Banda Aceh

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Salam, A., & Imilda. (2024). Transformasi Digital UMKM Indonesia di Era Industri 5.0: Studi Kasus di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Teknologi, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.63447/jmt.v1i1.772
Section
Articles
Author Biographies

Abdus Salam, STMIK Indonesia Banda Aceh

Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Indonesia Banda Aceh Kota, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia.

Imilda, STMIK Indonesia Banda Aceh

Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Indonesia Banda Aceh Kota, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia.

References

Adam, A. A., Wenas, R. S., & Worang, F. G. (2022). Digital marketing melalui media sosial sebagai strategi pemasaran umkm di kota tomohon. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2). https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41411
Adhiatma, A., Fachrunnisa, O., Nurhidayati, N., & Rahayu, T. (2022). Creating digital ecosystem for small and medium enterprises: the role of dynamic capability, agile leadership and change readiness. Journal of Science and Technology Policy Management, 14(5), 941-959. https://doi.org/10.1108/jstpm-12-2020-0171

Aditiawarman, A. and Wahyuni, S. (2022). Impact of digital capability on competitive advantage and performance of tourism smes in indonesia: the role of strategic agility and absorptive capacity. Proceedings of the 1st International Conference on Economic and Education, ICON 2021, 14 - 15 December 2021, Padang-West Sumatr. https://doi.org/10.4108/eai.14-12-2021.2318370

Ariyani, N., Fauzi, A., & Umar, F. (2020). Model hubungan aktor pemangku kepentingan dalam pengembangan potensi pariwisata kedung ombo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 357-378. https://doi.org/10.24914/jeb.v23i2.3420

Aryanti, D. and Prasojo, E. (2021). Manajemen pengetahuan pada sektor publik: sebuah tinjauan literatur sistematis 2010-2021. Jurnal Academia Praja, 4(2), 333-357. https://doi.org/10.36859/jap.v4i2.445

Asnawiyah, A., Kapriani, K., Basar, N. F., Nurjaya, N., Hariyanti, H., Aisyah, N., … & Anggraeni, D. (2022). Sosialisasi strategi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah di era digitalisasi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(9), 2993-3001. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i9.6780

Bouwman, H., Nikou, S., & Reuver, M. d. (2019). Digitalization, business models, and smes: how do business model innovation practices improve performance of digitalizing smes?. Telecommunications Policy, 43(9), 101828. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2019.101828

Diansari, R. E., Adhivinna, V. V., Umam, M. S., Nusron, L. A., & Kustanti, T. M. (2022). Program digitalisasi dan tata kelola dunia industri usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) di desa wisata krebet, kabupaten bantul, daerah istimewa yogyakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 763-770. https://doi.org/10.54082/jamsi.258

Erlanitasari, Y., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2020). Digital economic literacy micro, small and medium enterprises (smes) go online. Informasi, 49(2), 145-156. https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.27827

Hardi, R., Khaerah, N., Putra, M. A. P., Nurjannah, N., Ismawati, I., Sari, M., … & Fajar, M. (2022). Penelusuran mortality risk factors dan digital innovation dalam membangun ketahanan usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) di kota makassar. Jurnal Arajang, 5(2), 86-98. https://doi.org/10.31605/arajang.v5i2.2161

Harminingsih, H., Sandradewi, K., Kusumaningrum, A., & Harsanto, H. (2022). Initiation of balanced environmental aspects of smes perspective strategic management approach quadruple helix innovation model (qhim). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), 387. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i1.4827

Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salshabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan ekonomi kreatif sektor umkm di masa pandemi covid-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 125-138. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p125-138

Hazmin, G. and Wijayanti, A. (2022). Pendekatan berbasis phygital dalam menjembatani kesenjangan dalam transformasi digital. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 159-166. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.48470

Maharani, B., Saputro, I. E., Nisa, M., Setiyati, I. N., Haqiqi, M. Z., & Rozaqi, I. F. (2022). Pkm bagi kelompok umkm di desa grabag melalui pelatihan pemasaran digital untuk perluasan pangsa pasar. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(2), 1-5. https://doi.org/10.58906/abadi.v2i2.59
Nabila, A. O. and Wulandari, M. D. (2022). Elemen berkebhinnekaan global pada buku tematik siswa kelas iv sekolah dasar tema indahnya keragaman di negeriku. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 788-797. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2607

Pramesthi, J. A. (2021). Analisis resepsi terhadap pernikahan multikultural. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 2(1), 14-23. https://doi.org/10.53565/nivedana.v2i1.265

Priyono, A., Moin, A., & Putri, V. N. A. O. (2020). Identifying digital transformation paths in the business model of smes during the covid-19 pandemic. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 104. https://doi.org/10.3390/joitmc6040104

Qur'ani, B. and Anshar, M. A. (2023). Analisis faktor-faktor pengembangan umkm dengan transformasi digital dalam pertahanan ekonomi pasca covid-19. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(1), 12. https://doi.org/10.35914/jemma.v6i1.1603

Saputri, R. A. A., Fajrillah, A. A. N., & Darmawan, I. (2019). Transformasi digital bagi umkm dengan perancangan enterprise architecture menggunakan togaf adm. Jurnal TIARSIE, 16(1), 17. https://doi.org/10.32816/tiarsie.v16i1.40

Sarie, R. F., Panglipursari, D. L., & Putra, A. P. (2022). Social culture change sebagai eksternalitas transformasi digital di indonesia. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 319-328. https://doi.org/10.31294/eco.v6i2.13367

Savitri, N. A. and Putra, R. R. (2022). Sosialisasi sistem jaminan halal bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (umkm). Sewagati, 6(2). https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i2.217

Setiawan, M. Y. A. and Megawati, S. (2022). Evaluasi kebijakan padat karya tunai di desa pekarungan kecamatan sukodono kabupaten sidoarjo. Publika, 665-680. https://doi.org/10.26740/publika.v10n2.p665-680

Sholihah, E. and Nurhapsari, R. (2023). Percepatan implementasi digital payment pada umkm: intensi pengguna qris berdasarkan technology acceptance model. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 12(1), 1-12. https://doi.org/10.21831/nominal.v12i1.52480

Suartana, I. M., Putra, R. E., Bisma, R., & Prapanca, A. (2022). Pengenalan pentingnya cyber security awareness pada umkm. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(02), 197-204. https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a4560

Sulaiman, E., Handayani, C., & Widyastuti, S. (2021). Transformasi digital technology-organization-environment (toe) dan inovasi difusi e-business untuk umkm yang berkelanjutan: model konseptual. Jurnal Manajemen &Amp; Bisnis Kreatif, 7(1), 51-62. https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1947

Sunuantari, M., Zarkasi, I. R., Gunawan, I., & Farhan, R. M. (2021). R-tik digital literacy towards indonesian msmes (umkm) digital energy of asia. Komunikator, 13(2), 175-187. https://doi.org/10.18196/jkm.12380

Theodorus, E. (2021). Tema-tema pengalaman perjumpaan antarbudaya mahasiswa perantauan sebagai bahan perancangan psikoedukasi keterampilan budaya. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(2), 162. https://doi.org/10.22146/gamajop.58657

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>