Membangun Kesadaran Siswa Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Program Edukasi

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Achmad Dhohirrobbi

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Mohamad Mujahid Islamudin

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Nur Chamidah

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Saiful Amin

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dhohirrobbi, A., Islamudin, M. M., Chamidah, N., & Amin, S. (2025). Membangun Kesadaran Siswa Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Program Edukasi. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 114-122. https://doi.org/10.35870/jpni.v6i1.1142
Section
Articles
Author Biographies

Achmad Dhohirrobbi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Mohamad Mujahid Islamudin, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Nur Chamidah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Saiful Amin, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

References

Abdurahman, A. (2023). PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA GURU SMA RAMU IBS KOTA BOGOR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 161-170.

Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170.

Damayanti, C., Yamko, A. K., Souisa, C. J., Barends, W., & Naroly, I. L. P. T. (2020). Pemodelan Segmentasi Mentawai-Pagai: Studi Kasus Gempa Megathrust di Indonesia. Jurnal Geosains Dan Remote Sensing, 1(2), 105-110. DOI: https://doi.org/10.23960/jgrs.2020.v1i2.56.

Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media pembelajaran audio visual pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS masa pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324–9332. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287.

Hardiyanto, S., & Pulungan, D. (2019). Komunikasi efektif sebagai upaya penanggulangan bencana alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 30–39. DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i1.2694.

Hayati, L., Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pembelajaran terpadu kemampuan berpikir kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1364.

Kurniawati, D. (2020). Komunikasi mitigasi bencana sebagai kewaspadaan masyarakat menghadapi bencana. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 6(1), 51–58. DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.3494.

Maulana, A. T., & Andriansyah. (2024). Mitigasi bencana di Indonesia. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(10), 3996–4012. DOI: https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1213.

Misu, L., & Salam, M. (2023). Pendampingan Guru-Guru SMP Dalam Melaksanakan Open Kelas Melalui Pendekatan Lesson study Di Sekolah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 245-252. DOI: https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i2.34.

Mustofa, M., & Handini, O. (2020). Pendidikan kebencanaan berbasis kearifan lokal dalam penguatan karakter siapsiaga bencana. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(2), 200–209. DOI: https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2776.
Novianti, R. (2022). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran IPA. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16-23. DOI: https://doi.org/10.55719/jpb.v2i2.550.

Nurjanah, S., & Mursalin, E. (2022). Pentingnya mitigasi bencana alam longsor lahan: Studi persepsi mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 515–523. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1937.

Nursyabani, N., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2020). Mitigasi bencana dalam peningkatan kewaspadaan terhadap ancaman gempa bumi di Universitas Andalas. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 8(2), 81–90. DOI: https://doi.org/10.47828/jianaasian.v8i2.12.

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi sadar bencana melalui sosialisasi kebencanaan sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa terhadap mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55. DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203.

Puspito, A. N., Ashilia, I., Nugroho, A., Andini, A. D., Hidayat, A. S., Az-zahro, A. F., ... & Karyaningtyas, S. (2024). Pengenalan Eco Print dan Gas Tancap: Membangun Kesadaran Lingkungan dan Kreativitas Anak di SDN Badean 3. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(3), 898-908. DOI: https://doi.org/10.35870/jpni.v5i3.1099.

Putri, W., Leuwol, F. S., & Lasaiba, M. A. (2024). Peningkatan pemahaman mitigasi bencana peserta didik melalui PBL increasing. Geoforum: Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 3(2), 85–98. DOI: https://doi.org/10.30598/geoforumvol3iss2pp85-98.

Rahmatul, A., & Haji, I. P. (2024). Pendidikan Mitigasi Bencana pada SD Islam Al Amanah. Jurnal Al-Hikam, 5(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.0000/ah.v5i1.51.

Rosyida, A., Aziz, M., Firmansyah, Y., Setiawan, T., Pangesti, K. P., & Kakanur, F. I. (2023). Buku data bencana Indonesia 2023 (Vol. 3). Jakarta: Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Salim, A., Hanani, S., Sesmiarni, Z., & Yaldi, Y. (2024). Kegiatan ekstrakurikuler heiking sebagai gerakan mitigasi bencana oleh siswa madrasah tsanawiyah negeri (MTsN) 2 Agam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).

Shahbana, E. B., Farizqi, F. K., & Satria, R. (2020a). Implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249.

Silalahi, E. E., Makhdar, N. M., & Sinaga, J. (2024). Sosialisasi rencana pelaksanaan pembelajaran terpadu mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter dan literasi pada guru SMA dan SMK Darmawan Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(12), 2303–2310.

Suleman, I. (2024). Optimalisasi program sekolah siaga bencana: Upaya perlindungan komprehensif terhadap ancaman bencana tanah longsor di Sekolah Dasar 47 Dumbo Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi: Pharmacare, 3, 29–38.

Yustisia, N., Aprilatutini, T., & Utama, T. A. (2019). Pengaruh simulasi menghadapi bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan siswa SDN 86 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 32–38. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.888.