Edukasi Gizi Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu
Main Article Content
Abstract
Article Summary
Pengetahuan terkait kecukupan kebutuhan gizi pada anak sangat bermanfaat untuk mencegah kekurangan gizi pada anak. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 25 sampai dengan tanggal 27 bulan Oktober tahun 2021 kepada orang tua dan anak di wilayah Puskesmas Sangurara Kota Palu. Total durasi waktu kegiatan selama 8 jam, yang dilaksanakan di Puskesmas Sangurara Kota Palu dan Sekolah Dasar di wilayah Puskesmas Sangurara Kota Palu. Anak-anak siswa-siswi Sekolah Dasar dan orang tua di wilayah kerja Puskesmas Sangurara, memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi mengenai kebutuhan gizi yang seimbang dan siswa-siswi antusias mengikuti penerimaan materi yang diberikan, topik yang paling banyak ingin diketahui oleh siswa yaitu terkait; macam-macam makanan yang mengandung banyak gizi, cara membersihkan makanan yang benar, dan gizi yang ada di jajanan sekolah. Siswa-siswi telah menerima materi edukasi terkait keseimbangan gizi namun masih sangat memerlukan pendampingan terkait tingkat kesehatan yang dapat di bangun melalui asupan gizi.
Downloads
Article Details
References
Singgahan, K., Tuban Tri Dian Mustika, K.N. and Wahini, M. 2015 POLA ASUH MAKAN ANTARA IBU BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH DASAR (Kasus di Desa Tingkis. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/10699 (Accessed: March 24, 2022).
Titisari, I., Kundarti, F.I. and Susanti, M. 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dengan Status Gizi Balita Usia 1-5 Tahun Di Desa Kedawung Wilayah Kerja Puskesmas Ngadi, Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(2), p. 20. doi:10.32831/jik.v3i2.54.
Sudirman, S. 2021. Kesehatan Masyarakat di Era Society 5.0. 1st edn. Edited by Z.M. Zeni. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. Available at: https://www.google.co.id/books/edition/Kesehatan_Masyarakat_di_Era_Society_5_0/C9xfEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0 (Accessed: March 25, 2022).
Sentot, H. 2020. Gizi Seimbang Untuk Gaya Hidup Yang Sehat, EMC Health Care; We Care With Passion, 23 January, p. 1. Available at: https://www.emc.id/id/care-plus/gizi-seimbang-untuk-gaya-hidup-yang-sehat (Accessed: March 25, 2022).
RISKESDAS. 2018. RISKESDAS 2018, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Available at: https://drive.google.com/open?id=1XYHFQuKucZIwmCADX5ff1aDhfJgqzI-l (Accessed: March 16, 2022).
Mardiana, M. et al. 2021. Analisis Pemberian Makanan Tambahan Terhadap Status Gizi Bayi-Balita, Jurnal Ilmiah Permas:, 11(1), pp. 17–22. doi:https://doi.org/10.32583/pskm.v11i1.976.
Fitriana, A.A. 2020. Pemahaman Orang Tua Mengenai Gizi Anak, Jurnal Pendidikan Modern, 5(3), pp. 96–101. doi:10.37471/jpm.v5i3.92.
Wandani, Z.S.A., Sulistyowati, E. and Indria, D.M. 2021. Pengaruh Status Pendidikan, Ekonomi, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Status Gizi Anak Balita di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, Jurnal Kedokteran Komunitas, 9(0341), pp. 1–9.
Hasrul, H., Hamzah, H. and Hafid, A. 2020. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Status Gizi Anak, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), pp. 792–797. doi:10.35816/jiskh.v12i2.403.
Nasriyah, N., Kulsum, U. and Tristanti, I. 2021. Perilaku Konsumsi Jajanan Sekolah Dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Di Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 12(1), p. 123. doi:10.26751/jikk.v12i1.913.
Nuryani, N. and Rahmawati, R. 2018. Kebiasaan jajan berhubungan dengan status gizi siswa anak sekolah di Kabupaten Gorontalo,” Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(2), pp. 114–122. doi:10.14710/jgi.6.2.114-122.
Sriwahyuni et al. 2021. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Pada Pelajar Di Sekolah Dasar Negeri 16 Dan Sekolah Dasar Negeri 120 Kota Manado,” Jurnal Asuhan Ibu dan Anak, 6(2), pp. 91–98.
Fitri, Y. et al. 2020. Pengaruh penyuluhan gizi tentang jajanan tradisional terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku jajan anak sekolah, AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(1), p. 13. doi:10.30867/action.v5i1.186.