Praktik dan Rekomendasi Pengelolaan Surat Di Kantor Kelurahan Beo Timur Kabupaten Kepulauan Talaud
Main Article Content
Abstract
Article Summary
Surat merupakan sumber informasi yang dapat dipercaya, yang bertujuan untuk menyampaian suatu maksud yang ditujukan kepada pihak lain. Informasi yang disampaikan tersebut dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, dan sebagainya. Pengelolaan surat pada suatu organisasi di kantor kelurahan beo timur Kabupaten Kepulauan Talaud akan menghasilkan suatu komunikasi yang baik dalam setiap kegiatan operasional di instansi tersebut. Dalam kegiatan surat menyurat, surat dapat mendukung keberhasilan dalam kegiatan berorganisasi, maka dari itu penanganan dan pengelolaan surat yang baik, cepat dan tepat sehingga tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Pada pelatihan pengelolaan surat ini menrancang SOP pada kegiatan penerimaan, pencatatan, dan penyimpanan. Pengelolaan surat masuk seperti meliputi menerima surat, membuka surat, pemeriksaan surat, pencatatan surat, dan penyimpanan surat secara terintegrasi database online. Penanganan surat yang ada di Kantor Kelurahan Beo Timur dengan tahapan surat dimulai dari penerimaan surat, membaca surat, penyampaian surat dan penyimpanan surat. Rekomendasi dan usulan rancangan yang dilakukan adalah melakukan pengarsipan surat juga secara digital melalui media online misalnya google drive.
Downloads
Article Details
References
Rochmah, T.S., Hendriyani, C. and Ramadhanty, S., 2020. Penanganan Surat Masuk Dengan Aplikasi Dropbox Untuk Efektifivitas Komunikasi Internal di Era Digital. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 4(1), pp.21-31.
Agustini, N.A. and Purnaningsih, N., 2018. Pengaruh komunikasi internal dalam membangun budaya organisasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), pp.89-108.
Sagala, T.W., Manapa, E.A., Ardhana, V.Y.P. and Lewakabessy, G., 2020. Perbandingan Implementasi Manajemen Pengetahuan pada Berbagai Industri. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 1(4), pp.327-335.
Pandengkalu, R.P., Ratu, K., Sampetoding, E.A. and Manapa, E.S., 2021. Implementasi dan Sosialisasi Pengelolaan Daftar Hadir Siswa Di SMK Negeri 5 Talaud Kelas 12 RPL Secara Terkomputerisasi. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 2(1), pp.6-12.
K. G. Nuryani, R. Agustiansyah and N. Ambarsari, 2015. Membangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Direktorat Perencanaan Dan Pengembangan Pendanaan Pembangunan, eProceedings of Engineering, vol. 2, no. 1, pp. 1098-1102.
B. Kominfo, "Pemda Talaud Beharap Kemkominfo Segera Realisasikan Media Center dan M-PUSTIKA," KOMNFO, 04 2014. [Online]. Available: https://kominfo.go.id/content/detail/3963/pemda-talaud-berharap-kemkominfo-segera-realisasikan-media-center-dan-m-pustika/0/berita_satker. [Accessed 21 04 2022].
"Kabupaten Kepulauan Talaud Dalam Angka," 02 26 2021. [Online]. Available: www.talaudkab.bps.go.id.. [Accessed 21 04 2022].
Rumbayan, M., Sompie, S. and Nakanishi, Y., 2019, April. Empowering remote island communities with renewable energy: a preliminary study of Talaud Island. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 257, No. 1, p. 012024). IOP Publishing.