Pendampingan UMKM Berbasis Modul ILO Score di Salon Casey Bengkayang Kalimantan Barat
Main Article Content
Abstract
Article Summary
Salon Casey adalah salah satu UMKM yang ada di Bengkayang. Casey salon berdiri pada tahun 2011 nama casey salon dilatar belakangi dari nama anak pertama pemilik salon yang bernama casey stoner. Terdapat beberapa permasalahan yang ada di UMKM Salon Casey diantaranya tata letak barang kurang rapi tidak sesuai dengan posisinya, kebersihan lantai dan barang-barang masih ada debu yang menempel, Tempat cuci tangan yang belum tersedia. Hal ini dikarenakan keterbatasan dalam melakukan pengelolaan UMKM. Oleh karena itu, diperlukan pemberdayaan UMKM melalui pendampingan guna untuk meningkatkan perkembangan serta kesejahteraan UMKM yang ada di Kabupaten Bengkayang berdasarkan Modul ILO SCORE. Adapun tujuan dari pengabdian ini, adalah; 1) Memberikan pemahaman dan wawasan kepada pemilik Salon Casey terkait manajemen Berbasis Modul ILO Score, 2) Memberikan pemahaman dan wawasan terhadap modul 3K, dan 3) Memberikan pengetahuan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi kegiatan usaha. Adapun metode yang digunakan dari modul ILO SCORE yaitu 5S dan K3. Hasil dari kegiatan ini terciptanya kerjasama dan keberhasilan usaha Salon Casey, adanya peningkatan mutu dalam mengelola usaha, terciptanya budaya bersih, pengelolaan strategi dan sumber daya manusia, dan mengurangi risiko kesehatan dan keselamatan di tempat kerja yang hal ini merupakan pencapaian keberhasilan kegiatan berbasis ILO SCORE yaitu 5S dan K3.
Downloads
Article Details
References
Humphrey, C. and Mandel, R., 2020. The market in everyday life: ethnographies of postsocialism. In Markets and Moralities (pp. 1-16). Routledge.
Agbobli, E., Lentswe, M. and Okyere, Francis., 2019. Surviving the Competition: A South African Case Study of Quality of Record Keeping and Economic Performance of Hairdressing Salons. International Journal of Management Sciences and Business Research, 8(6), pp.100-114.
Qureshi, A., Bhakay, J. and Kamat, S., A Case Study of the Practices followed by Enrich Salons and Academy as part of the Beauty and Grooming Industry during the COIVID 19 Pandemic. Chetanas. XI(2), pp.4-1o.
Market Growth Reports. 2022. Salon Hair Care Market Trends In 2022 : Growth, Size, Segmentation, Future Demands, Latest Innovation, Sales Revenue by Regional Forecast 2028| 117 Report Pages. URL: https://www.marketwatch.com/press-release/salon-hair-care-market-trends-in-2022-growth-size-segmentation-future-demands-latest-innovation-sales-revenue-by-regional-forecast-2028-117-report-pages-2022-05-25. Diakses tanggal 30 Mei 2022 (22:33).
Rosen, M., 2005. Delivery system handbook for personal care and cosmetic products: technology, applications and formulations. William Andrew.
Huang, M.H. and Rust, R.T., 2017. Technology-driven service strategy. Journal of the Academy of Marketing Science, 45(6), pp.906-924.
McGee Jr, R., Brenneman, D.E. and Spector, A.A., 1977. Regulation of fatty acid biosynthesis in Ehrlich cells by ascites tumor plasma lipoproteins. Lipids, 12(1), pp.66-74. doi: 10.1007/BF02532975.
Suci, Y.R., 2017. Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), pp.51-58.
Mihaela, H. and Claudia, O.G.R.E.A.N., 2018. Business Sustainable Competitiveness A Synergistic, Long-Run Approach Of A Compan'ys Resources And Results. Studies in Business & Economics, 13(3).
Dewi, V.I., Iskandarsyah, T., Sulungbudi, B.M., Danil, L., Pratikna, R.N. and Kustedja, E.V.B., 2021. Program Pelatihan Sustaining Competitive And Responsible Enterprises Mendorong Umkm Bangkit Di Era Pandemi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), pp.2937-2954.
Ahmad, M., Wu, Q. and Khattak, M.S., 2022. Intellectual capital, corporate social responsibility and sustainable competitive performance of small and medium-sized enterprises: mediating effects of organizational innovation. Kybernetes, (ahead-of-print).
Jatmiko, B., Udin, U.D.I.N., Raharti, R., Laras, T. and Ardhi, K.F., 2021. Strategies for MSMEs to achieve sustainable competitive advantage: The SWOT analysis method. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), pp.505-515.
McWilliams, A. and Siegel, D.S., 2011. Creating and capturing value: Strategic corporate social responsibility, resource-based theory, and sustainable competitive advantage. Journal of management, 37(5), pp.1480-1495.
Gaol, B.O.T.S.L., 2015. Kerjasama Pemerintah Indonesia Dengan International Labour Organization (Ilo) Dalam Pengembangan Program Sustaining Competitive And Responsible Enterprises (Score) Di Indonesia Tahun 2009–2012 (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).