Pelatihan Penguatan Materi Kimia sebagai Kesiapan Guru dalam Menyiapkan Kelulusan UTBK Peserta Didik

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Muhammad Reza

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Coryna Oktaviani

Universitas Samudra

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Reza, M., & Oktaviani, C. (2022). Pelatihan Penguatan Materi Kimia sebagai Kesiapan Guru dalam Menyiapkan Kelulusan UTBK Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 3(1), 66-72. https://doi.org/10.35870/jpni.v3i1.69
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Reza, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Jl. Syeikh Abdur Rauf, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia

Coryna Oktaviani, Universitas Samudra

Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samudra, Jl. Prof. Dr. Syarief Thayeb, Kota Langsa, Provinsi Aceh, Indonesia

References

Mukminina, M. and Abidin, Z., 2020. Coping Kecemasan Siswa SMA dalam Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2019. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), pp.110-116.

Sriyati, S., 2022. Analisis Hasil Tes Potensi Skolastik sebagai Indikator Kesiapan Siswa Menghadapi Tes UTBK 2022. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, pp.1-10. doi: 10.21093/twt.v9i1.4210.

Widiyaningrum, D.K., Syamsiah, N. and Septiani, R., 2020. Analisis Kualitas Butir Soal Multiple Choice Pada Tes Akademik Matematika Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Sandi Negara (SPMB STSN) Tahun Akademik 2019/2020. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 8(2).

Reza, M., Hamama, R., Maulida, S., Nurdin, N., Mayasri, A. and Rizkia, N., 2021. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Berbasis Video dengan Bantuan Pen Tablet Selama Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), pp.124-136.

Tabi'in, A.A., 2016. Kompetensi guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Al-Thariqah, 1(2), pp.156-171.

Mujala, A., Reza, M. and Puspita, K., 2022. Pengembangan Buku Pegangan Guru untuk Pembelajaran Kimia Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), pp.161-175. doi: 10.24815/jpsi.v10i1.23098.

Rikawati, K. and Sitinjak, D., 2020. Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), p.40. doi: 10.21580/jec.2020.2.2.6059.

Asmedy, A., 2021. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), pp.69-75.

Steviani, D.S., 2020. Presentasi Interaktif Dalam Pembelajaran Daring. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 1(1), pp.153-162. doi: 10.31933/ejpp.v1i1.

Harta, J., Rasuh, N.T. and Seriang, A., 2020. Using HOTS-Based Chemistry National Exam Questions to Map the Analytical Abilities of Senior High School Students. Journal of Science Learning, 3(3), pp.143-148. doi: 10.17509/jsl.v3i3.22387.

Sarah, F., Khaldun, F. and Gani, A., 2021. The Development Higher Order Thinking Skill (Hots) As Questions In Chemistry Study (Solubility And Solubility Product Constant). Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 9(1), pp.2021-51. doi: 10.26714/jps.9.1.2021.51-60.

Kelirik, N., 2019. Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Ika, 16(1), pp.1-11.

Manullang, J., Sidabutar, H. and Manullang, A., 2021. Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3). doi: 10.23887/jipp.v5i3.

Reza, M., Puspita, K. and Oktaviani, C., 2021. Quantitative Analysis Towards Higher Order Thinking Skills of Chemistry Multiple Choice Questions for University Admission. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), pp.172-185. doi: 10.24815/jipi.v5i2.20508.

Viani, H.O. and Kamaludin, A., 2020. Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Makromolekul. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(2), pp.50-58. doi: 10.14421/jtcre.2020.22-01.

Andromeda, A., Fitriza, Z. and Aini, Q., 2020. Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Kimia Dalam Menyusun Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa SMA. EduKimia Journal, 2(2), pp.91-95. doi: 10.24036/ekj.v2.i2.a134.

Effendy, I. and Abi Hamid, M., 2016. Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2. a pada siswa smk negeri 2 lubuk basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), pp.81-88.

Ismawati, D. and Prasetyo, I., 2020. Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p.665. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.671.