Pelatihan Penguatan Materi Kimia sebagai Kesiapan Guru dalam Menyiapkan Kelulusan UTBK Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Article Summary
Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan penguatan materi kimia sebagai bentuk kesiapan guru untuk mempersiapkan siswa dalam mengikuti Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK). Kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan persepsi guru dalam menyajikan dan meningkatan materi ajar kimia sebagai bahan pengayaan materi UTBK di sekolah. Metode kegiatan pelatihan terdiri dari ceramah, diskusi, latihan pengerjaan soal, pretest dan posttest sebagai bahan evaluasi. Pelatihan ini dilaksanakan selama sepuluh hari, dari 27 Oktober sampai dengan 6 Nopember 2021 di SMA Negeri 1 Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan pengamatan tim pengabdian, para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini, hal tersebut ditandai dengan partisipasi aktif peserta dalam memanfaatkan diskusi baik selama proses pelatihan maupun di sesi diskusi dan penutup tiap sesi kegiatan. Instrumen penilaian peserta pelatihan adalah dua puluh soal pilihan ganda yang diberikan sebagai bahan pretest dan bahan posttest. Hasil pelatihan ini dikatakan berhasil, berdasarkan kenaikan nilai evaluasi peserta pelatihan dari sebelumnya nilai rata-rata prestest sebesar 47 menjadi 97 pada saat posttest. Melalui kegiatan pelatihan dan peningkatan hasil capaian nilai evaluasi ini diharapkan guru kimia SMA di Kabupaten Aceh Besar lebih kompeten dalam rangka menyiapkan siswa agar bisa lulus UTBK sebagai syarat masuk perguruan tinggi.
Downloads
Article Details
References
Sriyati, S., 2022. Analisis Hasil Tes Potensi Skolastik sebagai Indikator Kesiapan Siswa Menghadapi Tes UTBK 2022. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, pp.1-10. doi: 10.21093/twt.v9i1.4210.
Widiyaningrum, D.K., Syamsiah, N. and Septiani, R., 2020. Analisis Kualitas Butir Soal Multiple Choice Pada Tes Akademik Matematika Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Sandi Negara (SPMB STSN) Tahun Akademik 2019/2020. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 8(2).
Reza, M., Hamama, R., Maulida, S., Nurdin, N., Mayasri, A. and Rizkia, N., 2021. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Berbasis Video dengan Bantuan Pen Tablet Selama Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), pp.124-136.
Tabi'in, A.A., 2016. Kompetensi guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Al-Thariqah, 1(2), pp.156-171.
Mujala, A., Reza, M. and Puspita, K., 2022. Pengembangan Buku Pegangan Guru untuk Pembelajaran Kimia Terintegrasi Ayat-ayat Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), pp.161-175. doi: 10.24815/jpsi.v10i1.23098.
Rikawati, K. and Sitinjak, D., 2020. Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), p.40. doi: 10.21580/jec.2020.2.2.6059.
Asmedy, A., 2021. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), pp.69-75.
Steviani, D.S., 2020. Presentasi Interaktif Dalam Pembelajaran Daring. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 1(1), pp.153-162. doi: 10.31933/ejpp.v1i1.
Harta, J., Rasuh, N.T. and Seriang, A., 2020. Using HOTS-Based Chemistry National Exam Questions to Map the Analytical Abilities of Senior High School Students. Journal of Science Learning, 3(3), pp.143-148. doi: 10.17509/jsl.v3i3.22387.
Sarah, F., Khaldun, F. and Gani, A., 2021. The Development Higher Order Thinking Skill (Hots) As Questions In Chemistry Study (Solubility And Solubility Product Constant). Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 9(1), pp.2021-51. doi: 10.26714/jps.9.1.2021.51-60.
Kelirik, N., 2019. Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Ika, 16(1), pp.1-11.
Manullang, J., Sidabutar, H. and Manullang, A., 2021. Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3). doi: 10.23887/jipp.v5i3.
Reza, M., Puspita, K. and Oktaviani, C., 2021. Quantitative Analysis Towards Higher Order Thinking Skills of Chemistry Multiple Choice Questions for University Admission. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), pp.172-185. doi: 10.24815/jipi.v5i2.20508.
Viani, H.O. and Kamaludin, A., 2020. Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Makromolekul. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(2), pp.50-58. doi: 10.14421/jtcre.2020.22-01.
Andromeda, A., Fitriza, Z. and Aini, Q., 2020. Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Kimia Dalam Menyusun Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa SMA. EduKimia Journal, 2(2), pp.91-95. doi: 10.24036/ekj.v2.i2.a134.
Effendy, I. and Abi Hamid, M., 2016. Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2. a pada siswa smk negeri 2 lubuk basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), pp.81-88.
Ismawati, D. and Prasetyo, I., 2020. Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p.665. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.671.