Analisis Pengaruh Lingkungan Toko dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif pada Konsumen
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan toko dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian impulsif konsumen di sektor ritel. Pembelian impulsif adalah perilaku konsumen yang tidak direncanakan, seringkali dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti desain toko dan interaksi layanan. Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 150 responden yang dipilih secara purposive, di mana seluruhnya telah melakukan pembelian impulsif dalam tiga bulan terakhir. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda untuk mengevaluasi pengaruh simultan dan parsial dari variabel independen terhadap keputusan pembelian impulsif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan toko dan kualitas layanan secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian impulsif. Lingkungan toko, termasuk elemen seperti tata letak, pencahayaan, aroma, dan kebersihan, meningkatkan kecenderungan konsumen untuk membeli produk secara impulsif. Selain itu, kualitas layanan yang mencakup keramahan dan pengetahuan staf juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan tersebut. Interaksi yang positif antara konsumen dan staf meningkatkan peluang terjadinya pembelian impulsif. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengelola ritel untuk memperhatikan desain lingkungan toko dan meningkatkan kualitas layanan sebagai bagian dari strategi untuk mendorong perilaku pembelian impulsif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan performa penjualan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Astuti, F. (2023). Pengaruh kualitas layanan, kenikmatan belanja, dan diskon harga terhadap pembelian impulsif. Value Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 88-100. https://doi.org/10.32534/jv.v18i1.3854
Fazil, T. (2024). Sistem atmosfer website toko online, kualitas layanan dan jaminan terhadap emosional konsumen aplikasi shopee. MAFEBIS, 2(1), 44-58. https://doi.org/10.47647/mafebis.v2i1.1755
Gotama, G. and Rindrayani, S. (2022). Pengaruh literasi digital dan literasi ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif melalui online shop pada mahasiswa progam studi pendidikan ekonomi universitas bhinneka pgri tulungagung. Jurnal Economina, 1(4), 690-701. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.69
Hadmandho, T. (2022). Pengaruh keyakinan pada toko daring terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen online. Hirarki Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 516-541. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1467
Jaya, P. and Basuki, K. (2021). Pengaruh e-commerce dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna tiket pesawat terbang. Jurnal Cendekia Jaya, 3(1), 60-71. https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya.v3i1.127
Kristiawan, A., Gunawan, I., & Vinsensius, V. (2018). Pengaruh potongan harga, bonus kemasan, tampilan dalam toko terhadap keputusan pembelian impulsif.. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 30-44. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.181
Mavilinda, H. (2020). Analisis pengaruh motivasi hedonik terhadap pembelian impulsif melalui pencarian produk sebagai variabel yang memediasi (studi kasus pada produk fashion di media sosial instagram). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 18(2), 97-112. https://doi.org/10.29259/jmbs.v18i2.13016
Nugraha, P. (2023). Pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada niat beli konsumen di starbuck. E-Mabis Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 24(1), 75-89. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v24i1.882
Purnandika, R. (2023). Kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna transportasi umum di jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA), 1(2), 25-32. https://doi.org/10.62017/jimea.v1i2.226
Putra, I. (2023). Pengaruh kualitas layanan, word of mouth, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian (studi kasus : institut bisnis dan teknologi indonesia). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 716. https://doi.org/10.24843/eeb.2023.v12.i04.p12
Putra, J. and Balqies, S. (2021). Pengaruh shopping lifestyle dan hedonic motives terhadap impulse buying behavior pada konsumen produk fashion. Indonesian Psychological Research, 3(1), 23-30. https://doi.org/10.29080/ipr.v3i1.487
Putri, R. and Artanti, Y. (2021). Pengaruh kualitas website, impulsive personality trait, dan kelompok referensi terhadap pembelian impulsif di tokopedia. Business Innovation & Entrepreneurship Journal, 3(4), 242-251. https://doi.org/10.35899/biej.v3i4.325
Santikayasa, I. and Santika, I. (2018). Peran citra toko dalam memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat beli ulang konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 1144. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p20
Setiawan, M. (2023). Pengaruh desain, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Global.J.L.Bitep, 1(02), 90-102. https://doi.org/10.59422/global.v1i02.148
Wijaya, Y. and Tjahjaningsih, E. (2022). Analisis faktor kepuasan pelanggan serta dampaknya pada niat beli ulang. E-Bisnis Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 201-211. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.615
Wiwoho, G. (2021). Determinan pembelian impulsif di marketplace: peran e-environment dan efektivitas iklan dan shopping enjoyment. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(1), 15-30. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i1.592