Evaluasi Penerapan Marketing Mix 7P pada Layanan Rawat Jalan Eksekutif : Studi Kasus Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Tri Lestari

Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Purwadhi Purwadhi

Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Yani Restiani Widjaja

Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari, T., Purwadhi, P., & Widjaja, Y. R. (2025). Evaluasi Penerapan Marketing Mix 7P pada Layanan Rawat Jalan Eksekutif : Studi Kasus Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(3), 615-634. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i3.1501
Section
Articles
Author Biographies

Tri Lestari, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Purwadhi Purwadhi, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Yani Restiani Widjaja, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

References

Adelia, S., Amaral, M. A. L., Lumbantobing, P., Hidayat, M. R., Oktayani, D., Candra, L., ... & Utami, A. R. (2023). Manajemen Pemasaran Mix (Konseptual dan Praktis).

Andaleeb, S. S., & Hasan, K. (Eds.). (2016). Strategic marketing management in Asia: case studies and lessons across industries. Emerald Group Publishing Limited.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).

Assauri, S. (2002). Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, dan Strategi, Raja.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital marketing excellence: planning, optimizing and integrating online marketing. Routledge.

Chitrayuni, W., Habibie, A., Widjaja, Y. R., & Purwadhi, P. (2024). Strategi pemasaran dan peningkatan jumlah pelayanan untuk meningkatan profit rumah sakit. J Kesehat TAMBUSAI, 5, 10733-41.
Dwikayana, I. M., Wahyudi, B., & Mubarok, A. (2024). Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasien di Klinik B Husada Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 2(1), 1-12.

Dwiyanto, A. (2018). Manajemen pelayanan publik: peduli inklusif dan kolaborasi. UGM press.

Hackley, C., & Hackley, R. A. (2021). Advertising and promotion.

Hari Kirtana Dasa, K., Suratmi, T., & Himawati, S. (2024). Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 7P Untuk Peningkatan Kunjungan Rawat Jalan Di RSIA Karunia Bunda. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 8(1), 111-112. https://doi.org/10.52643/marsi.v8i1.4075.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146.

Himawan, I. M. F. S., Purwadhi, P., & Suwardhani, A. D. (2024). Strategi Pemasaran Klinik Pratama Mutiara Bunda Tabanan berbasis SWOT untuk Meningkatkan Kunjungan Pasien. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 94-110. https://doi.org/10.37329/metta.v4i4.3590.
Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta, 129, 29.

Indah, S. F., Wahyudi, B., & Widjaja, Y. R. (2024). Analysis Of The Impact Of Marketing Mix On Patient Visit Interest. JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati), 10(12), 1182-1192.

Kotler, P., Armstrong, G., & Armstrong, G. M. (2010). Principles of marketing. Pearson Education India.

Kuddi, A., Siregar, A. D., Putri, A. A. T., Purwadhi, P., & Widjaja, Y. R. (2024). Inovasi dan tantangan dalam manajemen strategi rumah sakit: Sebuah tinjauan literatur. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(5), 2593-2610.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, CA: Sage Publications.

Lovelock, C. H., & Wirtz, J. (2001). Services marketing: people, technology, strategy. (No Title).

Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen pemasaran jasa: Berbasis kompetensi; edisi 3.

Maharani, I. F., Hidayat, D., & Dianita, I. A. (2021). Penerapan Digital Marketing Pada Konteks Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Womenpreneur Maima Indonesia. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 7(2), 699-709.

Manik, S. L. S., Ahmad, A., Widjaja, Y. R., & Purwadhi, P. (2024). Management Strategi Pemasaran Rumah Sakit dalam Meningkatkan Pendapatan dengan Media Sosial. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 3932-3938.

Miles, M. B., Huberman, A. M., Rohidi, T. R., & Mulyarto. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode metode baru. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Mokoagow, S. M., Samsualam, & Haeruddin. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan. Journal Of Muslim Community Health (JMCH), 4(1), 165-180. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i1.1198.
Nurdin, S., Widjaja, Y. R., & Putri, N. E. (2023). Strategi Meningkatkan Minat Pembelian Menggunakan Social Media Marketing Dan Word Of Mouth. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 97-105. https://doi.org/10.51977/jsm.v5i2.1305.

Patton, M. Q. (2014). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications.

Perdana, N. R. G., Viany, V., Sudarman, B. P., Purwadhi, P., & Widjaja, Y. R. (2025). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran 7P Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit: Literature Review. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 1474-1483. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i3.8064.

PRATAMA, D. G., Purwadhi, H., & Agung, I. W. P. (2022). ERA DIGITALISASI 4.0: IMPLEMENTASI SISTEM e-HOSPITAL PELAYANAN POLIKLINIK RS “X” BANDUNG DARI PERSPEKTIF PEMBERI LAYANAN.

Restiani Widjaja, Y., & Wildan. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.51977/jsm.v5i1.1007.

Rohendi, A., Handayani, N., Iskandar, I., Fitaloka, N. D., & Nadya, P. (2024). Strategi Pemasaran Melalui Optimalisasi Bauran Pemasaran.

Sambo, S. W. (2024). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasien Di Klinik Klinik Bidan Elidar Kabupaten Aceh Tenggara. MASMAN Master Manajemen, 2(1), 191-205. https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.367.

Satiti, R., Purwadhi, P., & Wahyudi, B. (2023). Apakah kepuasan pasien di klinik pratama dipengaruhi marketing mix. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1977-1982.

Shimp, T. A. (2010). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communications. South-Western Cengage Learning,.

Sugiyono, A. G. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: CV.

Syafri, D., Purwadhi, P., & Rahim, A. H. (2023). Pengaruh sistem informasi manajemen dengan mutu pelayanan rumah sakit grand hospital bengkalis. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(1), 43-52.

Triana Imanda, E., Germas Kodyat, A., & Widiyaningsih, C. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Memilih Pelayanan Pada Pasien Umum Rawat Jalan RS Sari Asih Karawaci. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(4), 398-408. https://doi.org/10.52643/marsi.v7i4.3569.

Wilson, A., Zeithaml, V., Bitner, M. J., & Gremler, D. (2016). EBOOK: Services Marketing: Integrating customer focus across the firm. McGraw Hill.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications (Vol. 6). Thousand Oaks, CA: Sage.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2000). Services marketing: Integrating customer focus across the firm. (No Title).