Pengaruh Persepsi Pasien tentang Faktor-Faktor Pelayanan Profesionalisme terhadap Minat Kunjungan Lanjut di Rumah Sakit

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Gibraltar Kasyiful Haqi

Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Erliany Syaodih

Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Didin Syarifuddin

Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Haqi, G. K., Syaodih, E., & Syarifuddin, D. (2025). Pengaruh Persepsi Pasien tentang Faktor-Faktor Pelayanan Profesionalisme terhadap Minat Kunjungan Lanjut di Rumah Sakit. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(3), 652-659. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i3.1551
Section
Articles
Author Biographies

Gibraltar Kasyiful Haqi, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Magister Manajemen Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Erliany Syaodih, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Magister Manajemen Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Didin Syarifuddin, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Magister Manajemen Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

References

Asmita W, P. (2008). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Dokter terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang Tahun 2008 (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Cruess, R. (2007). Teaching professionalism: general principles. Med Teacher, 41, 1193-1201.

Daniati, W., Fitriani, A. D., & Jamaluddin, J. (2021). Analisis Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Di Klinik Penyakit Dalam RSU Dr. Pirngadi Kota Medan. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(4), 473-481.

Ginting, T., Chairul, M., Pane, P. Y., Sudarsono, S., Renaldi, M. R., & Lubis, F. H. (2021). Mutu pelayanan dan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Rumah Sakit X. Jurnal Prima Medika Sains, 3(2), 60-67. https://doi.org/10.34012/jpms.v3i2.2031.

Hair, J. F. (2009). Multivariate data analysis.

Henny, S. (2017). Pengaruh persepsi pasien tentang mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang di klinik spog rumah sakit dr. pirngadi medan tahun 2016 (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017).

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (Eds.). (2022). Keselamatan Pasien, Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Penerbit P4I.

Karyati, S. B. (2006). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Obstetri Dan Ginekologi Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2006 (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Munaryo, M. (2008). Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Rawat Inap Terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Kab. Brebes Tahun 2008 (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Novianto, D., & Akbar, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Ekonomi, 24(2), 213-226. https://doi.org/10.24912/je.v24i2.574.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(88)80021-5.

Pujiastuti, E., Purwadhi, P., & Widjaja, Y. R. (2023). Pengaruh Profesionalisme dan Keterampilan Perawat terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit. Journal Healthcare Education, 1(2), 18-27.

Puteri, D. A., Syaodih, E., Agung, I. W. P., & Andikarya, O. (2024). Pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap minat kunjungan ulang pasien bpjs klinik kirana medika bandung. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 2(1), 13-23.

Rajagukguk, R. M., Hilmy, M. R., & Mulyani, E. Y. (2023). Analisa Pengaruh Service Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan Pasien BPJS di Rumah Sakit. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan, 14(6), 643-652.

Sharka, R., Sedayo, L., Morad, M., & Abuljadayel, J. (2024). Measuring the impact of dental service quality on revisit intention using an extended SERVQUAL model. Frontiers in Oral Health, 5(3), 1-10. https://doi.org/10.3389/froh.2024.123456.