Optimalisasi Pembelajaran TPQ melalui Media Flashcard: Sebuah Pendekatan Kreatif

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Andika Rendra Bimantara

Universitas Darussalam Gontor

Kamia Rahmanintya Shyahida

Universitas Darussalam Gontor

Adinda Zahra Triwijayanti

Universitas Darussalam Gontor

Risma Aisah Antariksa

Universitas Darussalam Gontor

Nawal Rasid Sukri

Universitas Darussalam Gontor

Annisa Hidayatul Musyarofah

Universitas Darussalam Gontor

Damara Inas Suprapto

Universitas Darussalam Gontor

Dalia Zahra

Universitas Darussalam Gontor

Sabela Firda Maharani

Universitas Darussalam Gontor

Nazlah Nazlah

Universitas Darussalam Gontor

Athifa Azzahra

Universitas Darussalam Gontor

Atha Aulia

Universitas Darussalam Gontor

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bimantara, A. R., Shyahida, K. R., Triwijayanti, A. Z., Antariksa, R. A., Sukri, N. R., Musyarofah, A. H., Suprapto, D. I., Zahra, D., Maharani, S. F., Nazlah, N., Azzahra, A., & Aulia, A. (2025). Optimalisasi Pembelajaran TPQ melalui Media Flashcard: Sebuah Pendekatan Kreatif. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(3), 721-728. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i3.1567
Section
Articles
Author Biographies

Andika Rendra Bimantara, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Manajemen, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Kamia Rahmanintya Shyahida, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Adinda Zahra Triwijayanti, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Risma Aisah Antariksa, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Nawal Rasid Sukri, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Manajemen, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Annisa Hidayatul Musyarofah, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Damara Inas Suprapto, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Farmasi, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Dalia Zahra, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Ilmu Qur’an Tafsir, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Sabela Firda Maharani, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Nazlah Nazlah, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Perbandingan Madzab, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Athifa Azzahra, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Agama, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Atha Aulia, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Ekonomi Islam, Universitas Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

References

Achadah, A., & Azizah, S. L. (2023). KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF DI TPQ AL-KHOIR. In International Seminar On Islamic Education & Peace (Vol. 3, pp. 114-117).

Asshafy, Z. N. F., Imammudin, K., Fikri, M. S., Maulidi, M. R. U., & Rohmah, A. (2025). Pendampingan dan Peran TPQ untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an di Dusun Pengkol Desa Ngrami. Dinamika Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Transformasi Kesejahteraan, 2(2), 173-183. https://doi.org/10.62951/dinsos.v2i2.1677.

Fitri, A. N., Lestary, F. D., & Ernawati, E. (2023). Pemanfaatan Flash Card dalam Upaya Pendampingan Belajar Anak Menghafal Do’a Sehari-Hari di TPQ Al-Muawanah di Kampung Pasir Benda Desa Cibening Kecamatan Pamijahan. Sahid Da'watii Dedicate, 1(01), 45-54.

Hikmah, A. N. (2023). Implementasi Media Flashcard Hijaiyyah untuk mengatasi Kesulitan Membaca Iqro’(Studi Kasus di SD Negeri Gayamharjo, Kalinongko Kidul, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Hikmawati, H. (2020). Penerapan Media Flash Card Dalam Memotivasi Peserta Didik Menghafal Mufradat (Kosa Kata) Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas II Di MI Alkhairaat Lumbutarombo Kecamatan Banawa Selatan Kab. Donggala (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Karima, N. (2023). Pengembangan Media Flashcard untuk meningkatkan hasil belajar Tajwid pada santri kelas Al Quran TPQ Bina Khalifah Banjarejo Kecamatan Pakis (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Masnawati, E., & Fitria, S. N. (2024). Peran Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) dalam Pengembangan Akhlak Anak. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(2), 213-224.

Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 60-68.
Rayani, R. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE UNIT TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 PEKANBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Rizqullah, M. R., Dianatta, S. W., & Bimantara, A. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Media Flash Card di Masjid Nur Hasan, Padukuhan Pakel Jaluk, Kalurahan Piyaman, Kabupaten Gunungkidul. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 215-222. https://doi.org/10.56013/jak.v5i1.3870.

Salama, N. L. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembel; ajaran Konsep Sistem Pencernaan Menggunakan Aplikasi Quizizz (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Triyani, B., Salmalina, F. H., & Nurhadi, N. (2023). Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian di Kampung Nirbitan Tipes. AKTIVITA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1).

Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35-56. https://doi.org/10.23917/suhuf.v30i1.6721.

UTAMI, N. (2022). PENGGUNAAN FLASH CARD DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BRAILLE PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.

Yuliastutik, Y., Nada, Z. Q., & Ramadhan, N. S. P. (2025). Kegiatan Menulis dan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Menggunakan Metode Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Santri di TPQ As-Sabiqun. Pelayanan Unggulan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 2(2), 11-20.