Pengembangan Strategi Pemasaran 4C sebagai Upaya Meningkatkan Kunjungan Pasien ke Poli OBGYN Rumah Sakit Tingkat IV Samarinda

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Nur Fitriasari

ARS University

Bayu Wahyudi

ARS University

Bambang Sukajie

ARS University

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriasari, N., Wahyudi, B., Sukajie, B., & Widjaja, Y. R. (2025). Pengembangan Strategi Pemasaran 4C sebagai Upaya Meningkatkan Kunjungan Pasien ke Poli OBGYN Rumah Sakit Tingkat IV Samarinda. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(3), 820-829. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i3.1631
Section
Articles
Author Biographies

Nur Fitriasari, ARS University

Magister Manajemen Rumah Sakit, Program Pascasarjana, ARS University, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Bayu Wahyudi, ARS University

Magister Manajemen Rumah Sakit, Program Pascasarjana, ARS University, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Bambang Sukajie, ARS University

Magister Manajemen Rumah Sakit, Program Pascasarjana, ARS University, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

Yani Restiani Widjaja, ARS University

Magister Manajemen Rumah Sakit, Program Pascasarjana, ARS University, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

References

Amallia, A. (2024). Digitalisasi kesehatan dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan. Medical Journal of Nusantara, 3(3), 151–158. https://doi.org/10.55080/mjn.v3i3.1103

Andita, D., Nugraha, I., & Suryanegara, M. (2019). Efisiensi pelayanan rumah sakit. Jurnal Manajemen Kesehatan, 7(2), 45–56.

Armstrong, G., Kotler, P., Harker, M., & Brennan, R. (2014). Marketing: An introduction (12th ed.). Pearson Education.

Badruddin, H., Ilyas, J., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi branding dalam pemasaran di rumah sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 229–232. https://doi.org/10.14710/jkm.v10i2.32774

Bandaso, A., Kusumowardhan, D., Tanjung, H. P., Marliani, L., & Mokoginta, M. (2020). Strategi Place dalam Pemasaran Rumah Sakit di Indonesia; Systematic Review. Jurnal ARSI (Administrasi Rumah Sakit Indonesia), 6(3), 1. https://doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3560

Budiman, M. E. A., Mardijanto, S., & Astutik, E. E. (2021). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Klinik Kabupaten Jember. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 73-84.

Cahyani, W. D. (2024). Analisis pelayanan pasien rawat jalan di poli OBGYN rumah sakit dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan kepuasan pasien (serta keluarga pasien): Literature review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4410–4419. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28774

Eugene Fibuch, M. D., & Arif Ahmed, B. D. S. (2016). Branding health care: important or just marketing?. Physician Leadership Journal, 3(4), 30.

Farty, H. H. (2023). Pengaruh strategi pemasaran 4C terhadap minat kunjungan ulang pasien poliklinik RSUD Hajjah Andi Depu Hajjah Polewali Mandar Sulawesi Barat [Skripsi, Universitas Hasanuddin]. Repository Universitas Hasanuddin. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/30175

Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan, dan loyalitas pelanggan. Deepublish. https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3361/

Huda, A. M., & Martanti, D. E. (2018). Pengantar manajemen strategik. Jayapangus Press Books.

Imaningsih, E. S., & Rohman, S. (2018). The model of product quality, promotion, price, and purchase decisions. Jurnal Ekonomi, 23(2). https://doi.org/10.24912/je.v23i2.373

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Julianti, D., Sari, E., & Wahyuni, T. (2022). Penerapan digital marketing dalam meningkatkan citra rumah sakit. Jurnal Bisnis Digital, 3(1), 10–22.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson.

Moleong, L. J. (2020). Metodologi penelitian kualitatif (Ed. Revisi). Remaja Rosdakarya.

Nadiyah, S. N. A., & Prayoga, D. (2024). Transformasi Digital Sebagai Bagian dari Strategi Pemasaran Rumah Sakit: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), 265-272. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4283

Novitasari, E. (2020). Dasar-dasar ilmu manajemen: Pengantar menguasai ilmu manajemen. Anak Hebat Indonesia.

Nurfitriani, S., Paradilla, M., Niartiningsih, A., & Takwa, M. (2024). Patient experience teori dan praktek. Uwais Inspirasi Indonesia.

Nurmalawati, N. (2024). Pengaruh kualitas layanan dan fasilitas rumah sakit terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan kepercayaan pasien sebagai variabel intervening [Tesis, Universitas Hasanuddin]. Repository Universitas Hasanuddin. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/34776
Pujiyanto, P. (2022). Analisis Rancangan Strategi Marketing Rumah Sakit Dalam Upaya Meningkatkan Angka Kunjungan Pasien Tindakan Mata RS Mata Bandung Eye Center. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(10), 18428-18435.

Suprayitno, D., Ahmad, A., Tartila, T., Sa'dianoor, S. D., & Aladdin, Y. A. (2024). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Teori Komprehensif dan Referensi Wajib bagi Peneliti. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.