Pelatihan Teknik Metafora untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Konseling di SMK Negeri 5 Malang

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Diniy Hidayatur Rahman

Universitas Negeri Malang

Devy Probowati

Universitas Negeri Malang

Widya Multisari

Universitas Negeri Malang

Sausanuz Zakiyyah Hamibawani

Universitas Negeri Malang

Arifah Wulandari

Universitas Negeri Malang

Khusnul Khowatim

Universitas Negeri Malang

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahman, D. H., Probowati, D., Multisari, W., Hamibawani, S. Z., Wulandari, A., & Khowatim, K. (2024). Pelatihan Teknik Metafora untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Konseling di SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 37-47. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i1.533
Section
Articles
Author Biographies

Diniy Hidayatur Rahman, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Devy Probowati, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Widya Multisari, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Sausanuz Zakiyyah Hamibawani, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Arifah Wulandari, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Khusnul Khowatim, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

References

Almania, E. (2022). The Effectiveness Of Using Flipped Classroom In Teaching Writing Descriptive Text. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1759-1766.

Barida, M. (2015). Keefektifan pelatihan metakognisi melalui model experiental learning untuk meningkatkan kinerja konselor dalam layanan konseling.

Bastomi, H. (2020). Pemetaan Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta Dan Penyelesaiannya (Tinjauan Srata Kelas). KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1), 35–55. doi: 10.21043/konseling.v4i1.7418.

Burns, G. W. (2005). Praise for 101 Healing Stories for Children and Teens. In John Wiley & Sons, Inc.

Cahyaningtyas, K. D., & Muis, T. (2017). Peta masalah santri dan kesiapan guru BK SMA di Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 7(3), 52–60. doi: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/19795.

Conte, C. (2009). Advanced Techniques for Counseling and Psychotherapy. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Howard, K. I., Kopta, S. M., Krause, M. S., & Orlinsky, D. E. (1986). The Dose-Effect Relationship in Psychotherapy. American Psychologist, 41(2), 159–164. doi: 10.1037/0003-066X.41.2.159.

Ihda, R., & Harahap, T. H. (2022). The Effectiveness of the Flipped Classroom Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes at MTS Amalul Ikhlas. EduMatika: Jurnal MIPA, 2(4), 132-135.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 1984, 20–38. doi: 10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4.

Kopp, R. R. (1998). Early Recollections in Adlerian and Metaphor Therapy. The Journal of Individual Psychology, 54(4), 480–486.

Kurniati, E. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah; Prinsip Dan Asas. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 54. doi: 10.31604/ristekdik.2018.v3i2.54-60.

Nieuwsma, J. A., Trivedi, R. B., McDuffie, J., Kronish, I., Benjamin, D., & Williams, J. W. (2012). Brief psychotherapy for depression: A systematic review and meta-analysis. International Journal of Psychiatry in Medicine, 43(2), 129–151. doi: 10.2190/PM.43.2.c

Rahman, D. H. (2015). Keefektifan Teknik Metafora dalam Bingkai Konseling Realitas untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 1(1), 47–53. doi: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI.

Rosyidi, F. (2023). Through Experiential Learning to Grow the Counseling Communication Skills of Islamic Counseling Students. In International Conference of Da'wa and Islamic Communication (Vol. 2, No. 1).

Setiyowati, A. J. (2011). Riset Evaluatif Penyelenggaraan Layanan Konseling di SMA Se-Kota Malang.

SMK Negeri 5 Malang. (n.d.). Sejarah SMK Negeri 5 Malang. Diakses 10 Februari 2023.
Sofya, R., Siwi, M. K., & Oknaryana, O. (2018). Kondisi Sosial Ekonomi Siswa Putus Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(2), 90. doi: 10.24036/011024540.

Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom ( FC ) terhadap Hasil Belajar. Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 71–77.

Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 0–11. doi: 10.24176/jkg.v1i1.256.