Pelatihan Mind Mapping sebagai Sarana Mencatat Siswa Kelas 5 SD dalam melatih Critical Thinking

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Latifa Rahmanita

Universitas Tarumanagara

Rahmah Hastuti

Universitas Tarumanagara

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmanita, L., & Hastuti, R. (2024). Pelatihan Mind Mapping sebagai Sarana Mencatat Siswa Kelas 5 SD dalam melatih Critical Thinking. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 62-71. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i1.585
Section
Articles
Author Biographies

Latifa Rahmanita, Universitas Tarumanagara

Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Rahmah Hastuti, Universitas Tarumanagara

Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

References

Bohlin, L., Durwin, C. C., & Reese-Weber, M. (2015). Education Psychology. McGrawHill.

Efriyandika, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantu Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi [UIN Raden Intan Lampung]. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28429.

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I1.2298.

Makalesi, A., İçin, İ. Ö., Düşünme, E., Ölçeği, E., Ölçek, B., Çalışması, G., Uşak, D., Eğitim, Ü., Temel, F., & Bölümü, E. (2021). The Critical Thinking Dispositions Scale for Elementary School Students: A Study of Scale Development 1. Üçüncü Sektör Sosyal Ekonomi Dergisi Third Sector Social Economic Review, 56(3), 2031–2047. https://doi.org/10.15659/3.sektor-sosyal-ekonomi.21.09.1673.

Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783–1792. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2200.

Suharyanto, E., & Tristianto, C. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Cerdas dan Bijak Menggunakan Internet di era digital di Yayasan Baitul Karim. Jurnal Pengabdian Ilmu Komputer, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3886.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Walidaini, B. (2022). Peningkatan Keterampilan Mencatat Siswa melalui Layanan Konten “Mind Mapping.” Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 5(2). https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3886.

Windura, S. (2017). 3-in-1 Accelerated Learning Tools. PT Elex Media Komputindo.

Zubaedi. (2017). Strategi taktis pendidikan karakter (Untuk paud dan sekolah). PT. RajaGrafindo Persada.