Digital Dharma : Transformasi Digitalisasi Pendidikan di SMA Swasta Dharma Karya Beringin Deli Serdang Melalui Peningkatan Pembelajaran Digital dan Pengembangan Non-Akademik Siswa

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Nenni Triana Sinaga

Universitas HKBP Nommensen

Cleydia Lisyeni Verentia

Universitas HKBP Nommensen

Brian Arswendy Sitanggang

Universitas HKBP Nommensen

Immanuel Natanael Siahaan

Universitas HKBP Nommensen

Anjeli Artha Manurung

Universitas HKBP Nommensen

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sinaga, N. T., Verentia, C. L., Sitanggang, B. A., Siahaan, I. N., & Manurung, A. A. (2024). Digital Dharma : Transformasi Digitalisasi Pendidikan di SMA Swasta Dharma Karya Beringin Deli Serdang Melalui Peningkatan Pembelajaran Digital dan Pengembangan Non-Akademik Siswa. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(2), 418-425. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i2.740
Section
Articles
Author Biographies

Nenni Triana Sinaga, Universitas HKBP Nommensen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Cleydia Lisyeni Verentia, Universitas HKBP Nommensen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Brian Arswendy Sitanggang, Universitas HKBP Nommensen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Immanuel Natanael Siahaan, Universitas HKBP Nommensen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Anjeli Artha Manurung, Universitas HKBP Nommensen

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

References
Amsul, K. M., Irmayanti, I., Fitriani, F., & Sudirman, P. (2022). Efektifitas penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas xi ipa man 2 sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(1), 10-17. DOI: https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i1.973

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Kalahatu, M. F. (2021). Persepsi peserta pelatihan dasar terhadap penggunaan Quizizz sebagai metode evaluasi pembelajaran. Akademika, 10(01), 163-178. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228

Lestari, A. D. (2017). Partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi non-akademik anak di SMP Negeri 2 Pracimantoro. Kebijakan Pendidikan, VI, 174.

Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48–53. DOI: https://doi.org/10.37249/jpma.v2i2.532
Purnama, S., Ulfah, M., Ramadani, L., Rahmatullah, B., & Ahmad, I. (2022). Digital storytelling trends in early childhood education in Indonesia: A systematic literature review. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1), 17-31. DOI: https://doi.org/10.21009/jpud.161.02

Richi, M., Ardiansyah, A. P., Nurrotul, A., & Roikhatul, W. (2023). Peran guru sosiologi dalam meningkatkan kesadaran sosial peserta didik di era transformasi digital. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 24-29.

Schmid, R., Pauli, C., & Petko, D. (2022). Examining the use of digital technology in schools with a school-wide approach to personalized learning. Educational Technology Research and Development, 71(2), 367-390. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-022-10167-z

Sinaga, N. T., Simbolon, R. S. S., Manik, M. Y., Sinaga, D. H., Sihaloho, M. H., & Elshaday, B. (2022). Peran mahasiswa dalam memotivasi belajar siswa/i melalui les private gratis di UPT. SD Negeri 09 Pematang Panjang Kab. Batubara. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 77–82.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan ber karakter. Volume 1, No. 1, Juli-Desember 2017. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/230884-implementasi-gerakan-literasi-sekolah-gl-fecb51ed.pdf

Yang, X., & Ding, Y. (2021). Research on the current situation and teaching strategies of “digital learning and innovation” literacy of senior high school students. SHS Web of Conferences, 123, 01026. DOI: https://doi.org/10.1051/shsconf/202112301026.