Peningkatan Kesiapan Kuliah Santri Pesantren Zainul Hasan Melalui Pendekatan Konseling Karir Trait and Factor

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Muslihati

Universitas Negeri Malang

Ahmad Yusuf Sobri

Universitas Negeri Malang

Yuliati Hotifah

Universitas Negeri Malang

Achmad Miftachul ‘Ilmi

Universitas Negeri Malang

Nur Mega Aris Saputra

Universitas Negeri Malang

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muslihati, Sobri, A. Y., Hotifah, Y., ’Ilmi, A. M., & Saputra, N. M. A. (2024). Peningkatan Kesiapan Kuliah Santri Pesantren Zainul Hasan Melalui Pendekatan Konseling Karir Trait and Factor. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(3), 585-597. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i3.941
Section
Articles
Author Biographies

Muslihati, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Ahmad Yusuf Sobri, Universitas Negeri Malang

Program Studi Pendidikan Administrasi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Yuliati Hotifah, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Achmad Miftachul ‘Ilmi , Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Nur Mega Aris Saputra, Universitas Negeri Malang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

References

Anghel, E., Braun, H. I., Friedman, A. A., & Baez-Cruz, M. (2021). College Students’ Critical Thinking: Assessment and Interpretation. Journal of Higher Education Theory & Practice, 21(10).

Ardington, C., Wills, G., & Kotze, J. (2021). COVID-19 learning losses: Early grade reading in South Africa. International Journal of Educational Development, 86, 102480. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102480

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Buaton, R., Sihombing, A., Aritonang, F. D., & Wijaya, C. R. (2018). Data mining untuk menentukan korelasi (confidence dan support) jurusan siswa pada tingkat sekolah menengah terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) di perguruan tinggi sebagai solusi tepat pemilihan program studi di perguruan tinggi. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 1(2), 1–13.

Butow, P., Havard, P. E., Butt, Z., Juraskova, I., Sharpe, L., Dhillon, H., … Kelly, B. (2022). The impact of COVID-19 on cancer patients, their carers and Oncology health professionals: A qualitative study. Patient Education and Counseling.

Fuadi, T. M., & Irdalisa, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Application in Education Faculty. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2747–2756.

Gee, K. A., Beno, C., Lindstrom, L., Lind, J., Gau, J., & Post, C. (2021). Promoting college and career readiness among underserved adolescents: A mixed methods pilot study. Journal of Adolescence, 90, 79–90.

Hastangka, H., & Hidayah, Y. (2023). Kebijakan Dan Manajemen Pendidikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Persoalan Dan Tantangan. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1178

Hasudungan, A. N., & Ningsih, T. Z. (2021). Learning Loss: A Real Threat in Education for Underprivileged Students and Remote Regions during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Distance Education and E-Learning, 7(1), 12–23.

Hevia, F. J., Vergara-Lope, S., Velásquez-Durán, A., & Calderón, D. (2022). Estimation of the fundamental learning loss and learning poverty related to COVID-19 pandemic in Mexico. International Journal of Educational Development, 88, 102515.

Indahsari, H. P., & Khusumadewi, A. (2021). Perencanaan Karir Santriwati di Pondok Pesantren: Sebuah Kajian Fenomenologi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2430–2440.
Janura, G., & Ahyanuardi, A. (2021). Analisis Kendala Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 97–102.

Kemdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA).

Lee, J., Kim, N., & Su, M. (2020). Immigrant and International College Students’ Learning Gaps: Academic and Sociocultural Readiness for Career and Graduate/Professional Education.

Lombardi, A. R., Kowitt, J. S., & Staples, F. E. (2015). Correlates of critical thinking and college and career readiness for students with and without disabilities. Career Development and Transition for Exceptional Individuals, 38(3), 142–151. https://doi.org/10.1177/2165143414534888

Maharani, F. P., Karmiyati, D., & Widyasari, D. C. (2021). Kecemasan masa depan dan sikap mahasiswa terhadap jurusan akademik. Cognicia, 9(1), 11–16.

Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761.

Masriah, Z., Malay, M. N., & Fitriani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Jurusan Di Perguruan Tinggi Dan Konsep Diri Dengan Kesesuaian Minat Memilih Jurusan. ANFUSINA: Journal of Psychology, 1(1), 61–76.

Monahan, J. L., Lombardi, A., Madaus, J., Carlson, S. R., Freeman, J., & Gelbar, N. (2020). A Systematic Literature Review of College and Career Readiness Frameworks for Students With Disabilities. Journal of Disability Policy Studies, 31(3), 131–140. https://doi.org/10.1177/1044207320906816

Nadiarenita, A. A., Muslihati, M., & Hotifah, Y. (2017). Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 18–25.

Prasetya, A. F. (2022). Pengembangan E-Modul dalam Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Tentang Self Efficacy Pada Siswa SMP Muhammadyah 1 Kalasan. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 69–76.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2 (1), 1–12.

Rahayu, R. (2022). Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Dengan Pendekatan Trait And Factor di SMK N 2 Rambah. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 70–75.

Ramli, M., Hidayah, N., Rahman, D. H., & Saputra, N. M. A. (2024). Pelatihan Penerapan Layanan Konseling Online Berfokus Solusi Bermuatan Nilai Pancasila pada Guru BK. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i1.527

Ratnafuri, I., & Muslihati, M. (2020). Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 16–22.
Rosadi, H. Y., & Andriyani, D. F. (2021). Tantangan Menjadi Guru BK dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Shetu, S. F., Rahman, M. M., Ahmed, A., Mahin, M. F., Akib, M. A. U., & Saifuzzaman, M. (2021). Impactful e-learning framework: A new hybrid form of education. Current Research in Behavioral Sciences, 2, 100038.

Sugiati, Y., & Fitri, S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Trait and Factor Terhadap Kematangan Karir Siswa Kelas XII SMA Negeri 34 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 1–7.

Suroyo, S., Putra, B. M., Ibrahim, B., & Yanuar, Y. (2021). The Effect of Learning Loss on Student’s Cognitive Development During Pandemic of Covid-19. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 6(1), 169–176.

Twyman, J. S., & Heward, W. L. (2016). How to improve student learning in every classroom now. International Journal of Educational Research, (2015), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2016.05.007

Wahyudi, A. (2021). Learning Loss during Covid-19 Pandemic in Indonesia and the Strategies to Minimize It. Journal of English Education and Linguistics, 2(2), 18–25.

Xu, W., Li, A., & Wei, L. (2022). The Impact of COVID-19 on China’s Capital Market and Major Industry Sectors. Procedia Computer Science, 199, 87–94.

Zhao, H.-M., He, H.-D., Lu, K.-F., Han, X.-L., Ding, Y., & Peng, Z.-R. (2022). Measuring the impact of an exogenous factor: An exponential smoothing model of the response of shipping to COVID-19. Transport Policy.