Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Muhajir

STMIK Indonesia Banda Aceh

Rizaldi Akbar

STMIK Indonesia Banda Aceh

Abdus Salam

STMIK Indonesia Banda Aceh

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhajir, Akbar, R., & Salam, A. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Institut Seni Budaya Indonesia Aceh. Jurnal Sistem Komputer (SISKOM), 4(1), 45-59. https://doi.org/10.35870/siskom.v4i1.811
Section
Articles
Author Biographies

Muhajir, STMIK Indonesia Banda Aceh

Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Indonesia Banda Aceh, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia.

Rizaldi Akbar, STMIK Indonesia Banda Aceh

Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Indonesia Banda Aceh, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia.

Abdus Salam, STMIK Indonesia Banda Aceh

Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Indonesia Banda Aceh, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia.

References

Aimsyah, Z. 2013. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Akbar, M.M., dan Parvez, N. 2009. Impact of Services Quality, Trust, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty, ABAC Journal, Vol. 29, No. 1, pp. 24-38.

Ali, H., dan Limakrisna, N. 2013. Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Deeppublish: Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asnawi, M.F. 2014. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, dan Partisipasi Pengguna Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem: Studi Kasus Pada Bagian Operasional VSAT IP PT. Semestas Citra Media. Jurnal Lentera ICT, Vol. 2, No. 1.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Chowdury, G. G. (2019). Introduction to Modern Information Retrieval (3rd Editio). Facet Publishing. 365.

Damayanti, A. S., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Journal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2(11), 4833-4839.

DeLone, W.H and McLean, E.R. 2003. The DeLone and McLean Model of Sistem Success: A Ten-Year Update, Journal of Mangement Information Sistem, 19 (4), 9-30.

Deng, Z., Lu, Y., Kee, K., & Zhang, J. (2010). International Journal of Information Manajement Understanding customer satisfaction and loyalty: An empirical study of mobile instant messages in China. International Journal of InformationManajement,30(4),289300.http://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2009.10.001.

Driani, M. (2009). Penelusuran Informasi Siswa Melalui Internet: Studi Kasus DiPerpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 154.

Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. 2010. Perilaku Konsumen. Jilid I. (Boediono. Terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Fendini, D.S., Kertahadi., dan Riyadi. 2013. Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Surveu pada Karyawan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT PLN (Persero) Area Malang).

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah (2008:21), diakses pada tanggal 6 agustus 2013 dari, http://agungfirmansyah.wordpress.com/2008/05/

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Undip.

Hanif, M., Hafeez, S., & Riaz, A. (2010). Factors affecting customer satisfaction. International Research Journal of Finance and Economics, 60 (Desember 2010), 44-52.

Jogiyanto, HM. 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Khairrunnisa, U., dan Yunanto, M. 2017. Pengaruh Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna dan Manfaat Bersih pada Implementasi E-Faktur: Validasi Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(3).

Kotler, P. 2010. Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. Terjemahan. Jakarta: PT. Prehallindo.

Li, J. (2013). Factors Affecting Customer Satisfaction and Customer Loyalty towards Belle Footwear Compa ny in Lanzhou City, Gansu Province of the Poople’s Republic of China. IOSR Journal of Business and Manajement, 14(2). 41-48. https://doi.org./10.9790/487x-1424148. 253.

Laudon, Kenneth C. & Jane P. Laudon. Management Information System . Prentice Hall, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey. 2012

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat . 2001

Lotuconsina, N. M., & Yunanto, P.W. (2017). Pembuatan Bank dan Analisis Butir Soal Mata Kuliah Kriptografi untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PINTER Universitas Negeri Jakarta 1(2), 142-145

Lovelock.C dan Wright, Lauren K. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro, Cetakan Kedua, Jakarta; PT. Indeks.

McLeod, R., dan Schell. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Indeks.

Merriam-Webster. (2020). No Title. Merriam-Webster, Inc. http://www.merriamwebster.com/dictionary/analysis. 255.

Park, C.H., dan Kim Y.G. 2003. A Frameworkof dynamic CRM: Linking Marketing With Information Strategy. Business Process Management Journal, 9(5), 652-671.

Osrita Hapsara et al, Analisis Kepuasan Mahasiswa dalam Menggunakan Sistem Informasi Terpadu Akademik (SITA) Universitas Batanghari Jambi.

Ramadhan, M. N. A. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhin Kepuasan Pelanggan Servus Berkala pada Dealer Nissan Basuki Rahmat di Kota Surabaya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. 234.

Riduwan dan Kuncoro, E.K. 2013. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Alfabeta: Bandung.

Sabila, V. E. (2020). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pengguna Grab Bike di Mall Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. 135-136.

Sarja, N. L. A. K. Y. (2017). Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, 2016, 836– 840.

Sapitri, L. (2019). Skill Mahasiswa Dalam Menelusur Informasi Di Internet Menggunakan Boolean (Studi Kasus : Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan). Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. 259.

Septianita, W., Winarno, W.A., dan Arif, A. 2014. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember). E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntasi, 1(1).

Singarimbun, M dan Effendi, S. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3AES.

Solichin, A. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.) Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 10(1).

Stanton, William J. 2006. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. Setiyawami, S.H. (ed.)). Alfabeta. Bandung. 252.

Suharto, B. E. (2014). Analisis Loyalitas Konsumen Terhadap Produk PT. Hutchison 3 Indonesia (H3I) Dengan Metode Matriks Perpindahan Merek (Study Kasus : Fakultas Sains dan Teknologi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 139.

Supranto. J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syachbana. 2011. Sistem Informasi Akademik Berbasis Multimedia Pada Lembaga Pendidikan Palembang Technology. Jurnal Teknologi dan Informatika (TEKNOMATIKA).

Tjiptono, F. 2011. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.

Umar, H. 2008. Metode riset bisnis: dilengkapi contoh proposal dan riset bidang manajemen dan akuntansi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ulhaq, Z. S., & Rahmayanti, M. (2020). Panduan Penulisan Skripsi Literatur Review (Vol. 53, Issu 9). Fakultas Kedokteran UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Vassilions, A.P., & Chatzoglou, P. D 2012, Hospital Information system: measuring end user computing satisfaction (EUCS), Hospital Information system: measuring end user computing satisfaction (EUCS), 566-579.

Wahyudi, R., Astuti, E.S., dan Riyadi. 2015. Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi dan Pelayanan SIAKAD Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23(2).

Wardoyo, dan Andini, I. 2017. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. DAYA SAING Jurnal. Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(1).

Wardana. 2010. Proposal Perancangan Sistem Informasi Akademik (SIM PT) Berbasis Database EPSBED. Buton.

Wahidunmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Malang.

Wood, I. 2009. Layanan pelanggan: Cara Praktis,Murah Dan Inspiratif Memuaskan Pelanggan Anda. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Xiaochun, C. (2013). The Study of Customer Satisfaction in DONGTHAI Travel Company. Siam University. 157.

Yuniarti, V.S. 2015. Prilaku Konsumen. Bandung: Pustaka Setia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>