Faktor Psikologi dan Sosial dalam Membentuk Minat Beli Produk Taste Twist di Jatinangor

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Dhanesworo Darpito

Universitas Padjadjaran

Zaenal Muttaqin

Universitas Padjadjaran

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Darpito, D., & Muttaqin, Z. (2025). Faktor Psikologi dan Sosial dalam Membentuk Minat Beli Produk Taste Twist di Jatinangor. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 6(2), 1083-1095. https://doi.org/10.63447/jimik.v6i2.1283
Section
Articles
Author Biographies

Dhanesworo Darpito, Universitas Padjadjaran

Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Zaenal Muttaqin, Universitas Padjadjaran

Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

References
Aisyah, Y., Arief, M. Y., & Fandiyanto, R. (2022). Pengaruh lokasi dan kualitas produk dalam menentukan minat beli ulang pada toko Inayah Store dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(5), 1052-1069. https://doi.org/10.36841/jme.v1i5.2148.

Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2023). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Jurnal Neraaca Manajemen, Ekobnomi, 3(1), 1-14.

Falajunah, C. T., & Hendayani, R. (2024). Pengaruh FOMO (Fear of Missing out) By Tiktok Influencer terhadap Minat Beli Produk Scarlett. Economic Reviews Journal, 3(2), 1096-1110. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i2.340.

Kurniati, R. R., & Hardati, R. N. (2022). FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI OUTFIT SECOND (THRIFT)(STUDI PADA KONSUMEN DI TOKO RB LANDUNGSARI). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 11(1), 78-86.

Linardi, R. L., Goh, T. S., Julitawaty, W., & Syawaluddin, S. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada PT. Mulia Cipta Abadi Medan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1645-1650. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2665.

Lolonto, C. D. C., Isa, R. A., & Abdussamad, Z. K. (2024). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli Merchandise Kpop (Studi Pada Penggemar Kpop Di Kota Gorontalo). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 216-223. https://doi.org/10.5281/zenodo.10466095.

Palangit, M. O., Machmud, R., & Juanna, A. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Pada CV. Anugerah Utama Di Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 251-256. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14846.

Pariama, M., & Takwim, T. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Beli Masyarakat di Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 260-266. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.222.

Poluan, J. G., & Karuntu, M. M. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan layanan terhadap minat beli sapi potong selama masa pandemi covid-19 di Pasar Beriman Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1075-1088. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38739.

Prihartini, E., Mahiri, E. A., Hakim, A., & Kurnadi, E. (2022). Pengaruh brand image dan celebrity endorse terhadap minat beli konsumen pada produk Toko Elzatta Majalengka. Jurnal Co Management, 5(1), 775-783.

Purwadinata, S., & Nandasari, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku konsumen Terhadap Keputusan Pembelian produk Kecantikan Scarlett (Studi Pada Toko Online Scarlett Sumbawa). Samalewa: Jurnal Riset & Kajian Manajemen, 1(2), 185-193. https://doi.org/10.58406/samalewa.v1i2.472.

Rahmayani, O., Ardi, S., & Nofrialdi, R. (2022). The effect of utilization of social media Instagram@ Nanarfshop on buying interest of Fisipol students University Ekasakti padang. Journal of Law, Politic and Humanities, 2(2), 85-94. https://doi.org/10.38035/jlph.v2i2.89.

Retnowati, E., & Mardikaningsih, R. (2021). Study on online shopping interest based on consumer trust and shopping experience. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 1(1), 15-24.

Riaz, M. U., Guang, L. X., Zafar, M., Shahzad, F., Shahbaz, M., & Lateef, M. (2021). Consumers’ purchase intention and decision-making process through social networking sites: a social commerce construct. Behaviour & Information Technology, 40(1), 99-115. https://doi.org/10.1080/0144929X.2020.1846790.

Ridha, A., Kati, S., Hasan, H., & Anastasya, L. (2024). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Minat Beli Produk Viral pada E-Commerce Shopee di Kota Makassar. Journal of Economics, Bussiness and Management Issues, 1(4), 245-256. https://doi.org/10.47134/jebmi.v2i3.394.

Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147.

Shen, H., Zhao, C., Fan, D. X., & Buhalis, D. (2022). The effect of hotel livestreaming on viewers’ purchase intention: Exploring the role of parasocial interaction and emotional engagement. International Journal of Hospitality Management, 107, 103348. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2022.103348.

Siregar, A. M., & Aslami, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 21(2), 96-103.

Tae, B. E., & Bessie, J. L. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Membeli Ulang (Repurchase Intention)(Survei Pada Pelanggan the Kings Resto Kupang). JURNAL TRANSFORMATIF UNKRISWINA SUMBA, 10(1). https://doi.org/10.58300/transformatif.v10i1.162.

Zhuang, W., Luo, X., & Riaz, M. U. (2021). On the factors influencing green purchase intention: A meta-analysis approach. Frontiers in psychology, 12, 644020.