Pengenalan Bahasa Isyarat Bahasa Indonesia Real-time Menggunakan Metode SP-Tree

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Arief Sofyan

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Hilmi Alwanto

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Sulthan Cendikia Arif

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sofyan, A., Alwanto, H., & Arif, S. C. (2025). Pengenalan Bahasa Isyarat Bahasa Indonesia Real-time Menggunakan Metode SP-Tree. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 6(2), 1007-1014. https://doi.org/10.63447/jimik.v6i2.1371
Section
Articles
Author Biographies

Arief Sofyan, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Hilmi Alwanto, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Sulthan Cendikia Arif, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

References
Borman, R. I., & Priyopradono, B. (2018). Implementasi Penerjemah Bahasa Isyarat Pada Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Dengan Metode Principal Component Analysis (PCA). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 103-108. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i1.631.

Borman, R. I., Priopradono, B., & Syah, A. R. (2017). Klasifikasi objek kode tangan pada pengenalan isyarat alphabet bahasa isyarat indonesia (bisindo). In Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA) (pp. 1-4).

Gumelar, G., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Bahasa isyarat indonesia sebagai budaya tuli melalui pemaknaan anggota gerakan untuk kesejahteraan tuna rungu. INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 48(1), 65-78.

Huda, N., & Nurul Adha Oktarini Saputri, N. A. O. S. (2022). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Bagi Penyandang Disabilitas Tunarungu Berbasis Desktop. APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT BAGI PENYANDANG DISABILITAS TUNARUNGU BERBASIS DESKTOP.

Isma, S. T. (2018). Meneliti bahasa isyarat dalam perspektif variasi bahasa. Kongres Bahasa Indonesia, 1-14.

Mursita, R. A. (2015). Respon tunarungu terhadap penggunaan sistem bahasa isyarat indonesa (sibi) dan bahasa isyarat indonesia (bisindo) dalam komunikasi. Inklusi, 2(2), 221-232. https://doi.org/10.14421/ijds.2202.

Nurhayati, O. D., Eridani, D., & Tsalavin, M. H. (2022). Sistem isyarat bahasa Indonesia (Sibi) metode convolutional neural network sequential secara real time. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 9(4), 819-828.

Pramono, I. M., Niswati, Z. I., & Agustina, A. (2024, January). MODEL PENERJEMAH BAHASA ISYARAT INDONESIA DENGAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN). In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 8, No. 01). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7124.

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Suyitno, Y. K., Sugiarta, I. M., & Puspita, N. K. E. (2023). Penerapan Library Tensorflow, Cvzone, dan Numpy pada Sistem Deteksi Bahasa Isyarat Secara Real Time. Krisnadana Journal, 2(3), 412-423. https://doi.org/10.58982/krisnadana.v2i3.335.

Sari, I., & Altiarika, E. (2023). Sistem pengembangan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan penyandang disabilitas (tunarungu). Journal of Information Technology and society, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.35438/jits.v1i1.21.

Sholawati, M., Auliasari, K., & Ariwibisono, F. X. (2022). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Abjad Sibi Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (Cnn). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(1), 134-144. https://doi.org/10.36040/jati.v6i1.4507.

Silpia, E., & Sari, R. M. (2023). Implementasi komunikasi bahasa isyarat anak tunarungu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 529-535.