Manajemen dan Inovasi dalam Bisnis Kecil: Tinjauan Kritis Terhadap Faktor Keberhasilan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha kecil, dengan fokus pada usaha mikro di Bamenda, Kamerun. Menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini memadukan data kuantitatif dari survei terhadap 200 manajer usaha kecil dengan wawancara kualitatif mendalam pada 15 manajer terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun faktor keberhasilan seperti kompetensi manajerial dan akses terhadap sumber daya keuangan konsisten dengan temuan sebelumnya, terdapat faktor-faktor unik yang berkaitan dengan konteks sosial-ekonomi Bamenda. Jaringan bisnis, inovasi, dan pengelolaan hubungan terbukti menjadi elemen penting dalam menentukan keberhasilan usaha kecil di wilayah ini. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan eksternal, termasuk akses terhadap pembiayaan dan teknologi, yang memfasilitasi pengembangan usaha. Sementara kompetensi manajerial tetap menjadi penentu utama keberhasilan, kolaborasi strategis dalam jaringan bisnis serta kemitraan dengan pemasok juga memainkan peran signifikan dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha kecil. Studi ini memberikan kontribusi penting bagi literatur akademis terkait manajemen usaha kecil di negara berkembang, sekaligus memberikan rekomendasi untuk kebijakan yang mendukung pertumbuhan usaha kecil melalui peningkatan akses terhadap sumber daya, pelatihan manajerial, dan penguatan jaringan bisnis.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Amalina, O. (2023). Analisis critical success factor (csf) untuk implementasi digital bisnis. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 98-108. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.167
Bagis, A. (2024). Inovasi model pengembangan bisnis umkm era disruption dengan bertumpu pada modal maya. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1003-1011. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1365
Budianto, F. (2023). Implementasi teknologi dalam manajemen komunikasi bisnis. Action Research Literate, 7(9), 125-130. https://doi.org/10.46799/arl.v7i9.167
Darwis, H. and Utama, L. (2020). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja umkm di jakarta barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(2), 542. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7948
Fauziah, L., Windriya, A., & Mege, S. (2023). Pelatihan manajemen dan administrasi keuangan umkm menuju umkm unggul dan berdayasaing. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 30-37. https://doi.org/10.54783/ap.v4i1.20
Gong, C. and Kang, H. (2023). Resource allocation efficiency of urban medical and health financial expenditure under the background of employees’ health. Risk Management and Healthcare Policy, Volume 16, 1059-1074. https://doi.org/10.2147/rmhp.s412514
Harahap, S. and Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh motivasi, disiplin, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di pt. angkasa pura ii (persero) kantor cabang kualanamu. Maneggio Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 120-135. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4866
Iqbal, N. (2023). Motivasi (self-transcendence) guru ma al-ikhlas addary ddi takkalasi di masa pandemi covid-19. Educational Leadership Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 153-164. https://doi.org/10.24252/edu.v2i2.26628
Ismael, G. (2023). The mediating role of resource availability and allocation in strengthening the relationship of change strategies in the growth and development of entrepreneurial projects after covid 19. Koya University Journal of Humanities and Social Sciences, 6(1), 104-120. https://doi.org/10.14500/kujhss.v6n1y2023.pp104-120
Laulita, N. (2021). Pengaruh integrasi pemasok pada kinerja rantai pasok dengan moderasi gaya kepemimpinan transformasional rantai pasok pada perusahaan manufaktur di batam. Journal of Industrial and Manufacture Engineering, 5(1), 20-29. https://doi.org/10.31289/jime.v5i1.3724
Li, H. (2023). Research on financial autonomy and financial management in public higher education. International Journal of Business Economics & Management, 6(2), 112-122. https://doi.org/10.21744/ijbem.v6n2.2126
Lubis, P. (2023). Pengembangan ekonomi kreatif di kota tarutung melalui umkm kain tenun ulos. Jurnal Ekonomi-Qu, 13(1), 118. https://doi.org/10.35448/jequ.v13i1.20552
Mastarida, F. (2022). Membangun jejaring bisnis sebagai upaya menumbuhkan kesadaran jiwa berwirausaha di stt samuel elizabeth. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 413-419. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1855
Maulana, Y. (2023). Model perencanaan pemodelan proses bisnis berdasarkan business process management. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(1), 73-85. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.1.722
Mulyana, M. and Wasitowati, W. (2021). The improvement of collaborative networks to increase small and medium enterprises (smes) performance. Serbian Journal of Management, 16(1), 213-229. https://doi.org/10.5937/sjm16-24369
Nasir, A. (2019). Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran industri mebel di kabupaten pasuruan. Referensi Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 6(2), 17. https://doi.org/10.33366/ref.v6i2.528
Prasetia, A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi persaingan dan pertumbuhan pasar: budaya, sosial, personal (suatu literature review). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 442-462. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.457
Pujihartati, S. (2024). Pengembangan bisnis online melalui marketplace sebagai upaya pengembangan potensi lokal di desa sewurejo khdtk uns karanganyar. Abdi Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 60-64. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.549
Purnomo, D. and Nugroho, A. (2020). Penilaian kinerja pemasok kayu dengan menggunakan pendekatan metode analytical hierarchy process (ahp). Kaizen Management Systems & Industrial Engineering Journal, 3(2), 50. https://doi.org/10.25273/kaizen.v3i2.7880
Putri, F. and Surianto, M. (2022). Strategi mengelola hubungan pelanggan pada kajian business to business pt wakabe indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 44-56. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.501
Rachmawati, D. (2023). Pelatihan pengelolaan sdm di era digital pada umkm binaan dinas koperasi dan usaha kecil. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 242-247. https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i4.168
Rikardo, D. and Safi’i, I. (2022). Pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di politeknik pelayaran banten. E-Journal Marine Inside, 1(2), 33-45. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i2.10
Sadeli, A., Utami, H., & Djuwendah, E. (2017). Strategi pemasaran melalui model pemasaran relasional untuk komoditas wortel (studi kasus di klaster agribisnis sayuran). Sosiohumaniora, 19(1). https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i1.9573
Safitri, F. (2024). Pengaruh sentra industri kecil somber terhadap kondisi sosial-ekonomi di kelurahan muara rapak, balikpapan. Ruang, 10(1), 27-36. https://doi.org/10.14710/ruang.10.1.27-36
Saptono, A., Dewi, R., & Suparno, S. (2016). Pelatihan manajemen usaha dan pengelolaan keuangan ukm bagi tenaga kerja indonesia (tki) purna di sukabumi jawa barat. Sarwahita, 13(1), 6-14. https://doi.org/10.21009/sarwahita.131.02
Sari, P., Rozak, D., & Kasman, K. (2021). Pelatihan manajemen bagi kelompok usaha kecil. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.23.422
Saufi, A. (2023). The small tourism enterprise operators’ networking in dealing with the changing business environment. International Journal of Social Science and Business, 7(2), 483-493. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i2.60161
Soosay, C., Hyland, P., & Ferrer, M. (2008). Supply chain collaboration: capabilities for continuous innovation. Supply Chain Management an International Journal, 13(2), 160-169. https://doi.org/10.1108/13598540810860994
Suhayati, E., Renali, S., Suherman, S., Matulessy, I., & Saputra, H. (2021). Perkembangan e-commerce untuk usaha kecil. Journal of Information System Applied Management Accounting and Research, 5(3), 626. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.477
Suriansha, R. and Sasongko, H. (2022). Enterprise architecture management and its role in corporate strategic management. Journal of Economics and Business Ubs, 11(1), 72-78. https://doi.org/10.52644/joeb.v11i1.83
Syahiratunnisa, A., Hidayat, M., & Fatmasari, F. (2021). Pengaruh motivasi, lingkungan kerja, komunikasi, kompetensi, dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja asn di lingkungan kantor kecamatan ujung kota parepare. Nobel Management Review, 2(3), 346-360. https://doi.org/10.37476/nmar.v2i3.1972
Venia, V. and Slamet, F. (2020). Pengaruh kompetensi strategi dan kompetensi etika terhadap pertumbuhan usaha yang dimediasi oleh kompetensi jaringan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(2), 406. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7934
Wagimin, W. (2023). Analisis pemilihan pemasok bahan baku soda ash menggunakan metode analytical network process. Jurnal Intech Teknik Industri Universitas Serang Raya, 9(2), 147-154. https://doi.org/10.30656/intech.v9i2.5976
Wahid, K. (2024). Implementasi peran pusat inkubasi bisnis usaha kecil (pinbuk) dalam upaya pengembangan umkm di lndonesia (studi pada umkm di kabupaten kediri). Iltizamat Journal of Economic Sharia Law and Business Studies, 3(1), 82-88. https://doi.org/10.55120/iltizamat.v3i1.1747
Wibowo, A. (2023). Entrepreneurship dalam perspektif model bisnis.. https://doi.org/10.31219/osf.io/rh2tf
Wulandari, W. (2024). Pengaruh kepemimpinan, disiplin dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan motivasi sebagai variabel intervening di dinas dukcapil kabupaten tanah datar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (Jimpa), 4(1), 195-216. https://doi.org/10.36908/jimpa.v4i1.338
Yi, L. and You, Y. (2017). An empirical study on the effect of financial resources allocation efficiency on international trade growth from the perspective of supply side reform. Destech Transactions on Social Science Education and Human Science, (hsmet). https://doi.org/10.12783/dtssehs/hsmet2017/16466
Yusnita, M. and Wahyudin, N. (2019). Strategi peningkatan keunggulan kompetitif umkm melalui kapasitas inovasi dengan perspektif gender. Econbank Journal of Economics and Banking, 1(2), 174-183. https://doi.org/10.35829/econbank.v1i2.44
Zacharia, Z., Nix, N., & Lusch, R. (2009). An analysis of supply chain collaborations and their effect on performance outcomes. Journal of Business Logistics, 30(2), 101-123. https://doi.org/10.1002/j.2158-1592.2009.tb00114.x
Zhou, D., Huang, J., & Yu, S. (2019). Research on the path of regional financial resources allocation considering fairness and efficiency based on the data of 31 provinces of china.. https://doi.org/10.2991/icoeme-19.2019.41