Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Semangat Belajar melalui Mencintai Orang Tua di SDN Ambulu 3

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Agung Nugroho Puspito

Universitas Jember

Adhitya Wardhono

Universitas Jember

Ciplis Gema Qori’ah

Universitas Jember

M Abd Nasir

Universitas Jember

Hasbi Mubarak Suud

Universitas Jember

Iftitah Arya Putri Fadilah

Universitas Jember

Dhea Suci Lestari

Universitas Jember

Adelia Dwifa Maharany

Universitas Jember

Salsabillah Rahmah Elnadia

Universitas Jember

Rahadian Rahmanda

Universitas Jember

Bhim Prakoso

Universitas Jember

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Puspito, A. N., Wardhono, A., Qori’ah, C. G., Nasir, M. A., Suud, H. M., Fadilah, I. A. P., Lestari, D. S., Maharany, A. D., Elnadia, S. R., Wibowo, K. B. K., Rahmanda, R., & Prakoso, B. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Semangat Belajar melalui Mencintai Orang Tua di SDN Ambulu 3. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(3), 598-608. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i3.1034
Section
Articles
Author Biographies

Agung Nugroho Puspito, Universitas Jember

Program Studi Bioteknologi, Program Pascasarjana, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Adhitya Wardhono, Universitas Jember

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Ciplis Gema Qori’ah, Universitas Jember

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

M Abd Nasir, Universitas Jember

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Hasbi Mubarak Suud, Universitas Jember

Program Studi Ilmu Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Iftitah Arya Putri Fadilah, Universitas Jember

Program Studi Menejemen Perusahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Dhea Suci Lestari, Universitas Jember

Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Adelia Dwifa Maharany, Universitas Jember

Program Studi Aministrasi Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Salsabillah Rahmah Elnadia, Universitas Jember

Program Studi Aministrasi Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Kaisar Belmiro Khalfani Wibowo, Universitas Jember

Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Rahadian Rahmanda, Universitas Jember

Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Bhim Prakoso, Universitas Jember

Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

References

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701.

Aunillah, I (2011). Nurla. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana.

Devi, Y. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas III di SDN Pagagan 2 Pademawu (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).

Dinar, R. A., Ismaya, E. A., & Riswari, L. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Era New Normal di Desa Undaan Lor. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3686-3691.

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Kebudayaan. Kabilah.

Fathurrohman.(2006. Model-Model Pembelajaran. In VDI Berichte (Issue 1589, pp. 105-112)

Fithriyaani, F., Yudhyarta, D. Y., & Syarifudin, S. (2021). Pengaruh pendidikan karakter terhadap motivasi belajar siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 138-150. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.332.

Indrianti, T. (2020). Peran orang tua dalam membentuk karakter anak di desa kedaton induk kecamatan Batanghari nuban lampung timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47-66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221.

Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tgt untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i1.14014.

Pratiwi, N. K. S. P. (2018). Pentingnya peran orang tua dalam pendidikan karakter anak usia sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83-90.

Syah,M.,& Belajar,P (2003). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Zufiyardi, Z., Chandra, B., Susanti, E., Mangesa, R., & Sanulita, H. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Dan Keagamaan Dalam Rangka Menyiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(3), 253-259. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i3.32

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2