Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Meronce sebagai Sarana Kreativitas Anak di Panti Asuhan Abadi Aisyiyah Parepare

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Mas’ud B

Universitas Muhammadiyah Parepare

Marwati Abd. Malik

Universitas Muhammadiyah Parepare

Bismar Malik

Universitas Muhammadiyah Parepare

Amina Saputri

Universitas Muhammadiyah Parepare

Ardiana

Universitas Muhammadiyah Parepare

Arlinda Utami

Universitas Muhammadiyah Parepare

Eka Amaliah

Universitas Muhammadiyah Parepare

Esy Nurul Khaerati SN

Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakhiratunnisa

Universitas Muhammadiyah Parepare

Irayanti Wila Pahe

Universitas Muhammadiyah Parepare

Khaerunnisa

Universitas Muhammadiyah Parepare

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mas’ud B, Malik, M. A., Malik, B., Saputri, A., Ardiana, Utami, A., Amaliah, E., Khaerati SN, E. N., Fakhiratunnisa, Pahe, I. W., & Khaerunnisa. (2024). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Meronce sebagai Sarana Kreativitas Anak di Panti Asuhan Abadi Aisyiyah Parepare. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(3), 687-697. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i3.1046
Section
Articles
Author Biographies

Mas’ud B, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Marwati Abd. Malik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Bismar Malik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Amina Saputri, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Ardiana, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Arlinda Utami, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Eka Amaliah, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Esy Nurul Khaerati SN, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Fakhiratunnisa, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Irayanti Wila Pahe, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Khaerunnisa, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

References

Afnita, J., Putro, K. Z. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75-95.

Andriani, R., Harahap, N. A., Marda, W. S., & Ridha, Z. (2024). Sosialisasi Pembuatan Kerajinan Tangan Gelang Dan Cincin Dalam Peningkatan Keterampilan Anak Sanggar Bimbingan Gombak Utara Di Kuala Lumpur Negara Malaysia. Fusion: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 61-69.

Anggraeni, E. P., & Pamungkas, J. (2023). Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85-93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2864

Diana, D., dkk. (2019). Pelatihan manik khas dayak dalam meningkatkan konsentrasi. Plakat: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(1), 17-26.

Fironika, A. C., Kulbi, L., Karendra, A., & Maulita, A. L. (2024). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Aksesoris manik–manik dan Pemasaran Digital Melalui Aplikasi Tiktok: Inovasi Kreatif dan Peluang Bisnis di Era Digital. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 146-152.

Fitri, Y. M., & Mayar, F. (2019). Eksistensi Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di TK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1227-1233. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.347

Gay, H., dkk. (2020). Penerapan Kegiatan Meronce Berbahan Alam Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Khaulani, F., dkk. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Lumapow, LS, dkk (2024). Meningkatkan Kreativitas Jiwa Anak Melalui Pembuatan Kerajinan Yang Bermanfaat Untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Dedikasi.

Mayar, F., dkk. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794-4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665

Purwaningsih, TW., & Aang (2023). Meningkatkan Kreativitas Siswa terhadap Kerajinan Tangan Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha. Jurnal Pengabdian Mahasiswa,

Putri, T. A. (2023). Pengaruh kegiatan meronce dan kolase terhadap resiliensi anak RA kelas B di RA Muslimat Al-Washliyah Kota Tebing Tinggi [Tesis Magister, Universitas Medan Area]. Universitas Medan Area Repository.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100.

Sagala, R., & Kamtini, K. (2019). Pengaruh Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Assisi Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(1), 29-38.

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351-358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347.

Most read articles by the same author(s)