Workshop Pembuatan Modul Ajar Pembelajaran Mendalam Menggunakan AI

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Mas’ud B

Universitas Muhammadiyah Parepare

Marwati Abd. Malik

Universitas Muhammadiyah Parepare

Agustini

Universitas Muhammadiyah Parepare

Asrida

Universitas Muhammadiyah Parepare

Fitriani Dewi

Universitas Muhammadiyah Parepare

Fitriadi Ramadhan

Universitas Muhammadiyah Parepare

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mas’ud B, Malik, M. A., Agustini, Asrida, Dewi, F., & Ramadhan, F. (2025). Workshop Pembuatan Modul Ajar Pembelajaran Mendalam Menggunakan AI. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(2), 397-405. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i2.1403
Section
Articles
Author Biographies

Mas’ud B, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Marwati Abd. Malik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Agustini, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Asrida, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Fitriani Dewi, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Fitriadi Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

References

Afrita, J. (2023). Peran artificial intelligence dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem pendidikan. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181-3187.

Ariestya, W. W., Astuti, I., Ruhama, S., Hapsari, D. A. P., & Adhayanti, N. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran di SD Global Islamic School Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 712-718. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.877.

Atmojo, I. R. W., Muzzazinah, M., Ekawati, E. Y., Triastuti, R., Isnantyo, F. D., Sukarno, S., & Ramadian, R. K. (2025). Pelatihan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 6(1).

Buaton, R., & Yel, M. B. (2022, July). Model Pembelajaran Adaptif dan Cerdas Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) (Vol. 4, No. 2, pp. 149-157).

Efendy, M. (2016). Naskah Akademik Rancangan Peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan tentang penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah.

Firmansyah, J., Rika, R., Nadiyyah, K., & Handayani, R. S. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru Fisika SMA Provinsi Banten Melalui Pelatihan Pemanfaatan Artificial intelligence (AI) Dalam Pembelajaran. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 60-76. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i2.502.

Gagaramusu, Y., Kaharu, S., Khairunnisa, K., Pratama, R., Ammar, A., Shalehuddin, S., & Purnamasari, D. I. (2025). Pemanfaatan Artifisial Intelligence (AI) dalam Menyusun Modul Ajar Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 3(1), 8-12. https://doi.org/10.57152/batik.v3i1.1815.
Ishartono, N., Chalista, F. P., Palupi, R., Adhantoro, M. S., & Siswanto, H. (2024). Adopsi dan Transformasi Teknologi AI dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru Mapel Matematika SMA di Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 159-168. https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i2.8272.

Natsir, S. R. (2025). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR: STUDI DESKRIPTIF PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 7263-7274.

Nurhayati, N., Suliyem, M., Hanafi, I., & Susanto, T. T. D. (2024). Integrasi AI dalam collaborative learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Academy of Education Journal, 15(1), 1063-1071. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2372.

Puspita, V., Marcelina, S., & Melindawati, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 235-240. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i2.3402.

Putra, L. V., & Rizqi, H. Y. (2024). Pendampingan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Deep Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 55-64.

Rahayu, S., & Al Hadi, K. (2023). Pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk keefektifan presentasi yang menarik dan komunikatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1268-1271. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6601.

Saudagar, F., & Sadikin, A. (2023). Pelatihan Teknologi Artificial Intelligences (AI) bagi mahasiswa magang kependidikan MBKM FKIP Universitas Jambi. Jurnal JUPEMA, 2(2), 45-51. https://doi.org/10.22437/jupema.v2i2.31466.

Most read articles by the same author(s)