Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi SDN Batonaong 1, Arosbaya

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Aprilia Eka Pratiwi

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Didiek Tranggono

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, A. E., & Tranggono, D. (2023). Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi SDN Batonaong 1, Arosbaya. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 164-170. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.138
Section
Articles
Author Biographies

Aprilia Eka Pratiwi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Didiek Tranggono, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

References

Akbar, A., 2017. Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), pp.42-52.

Ekavia, A., Susyla, D. and Ananda, R.P., 2022. Upaya Pengingkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi di SMPN 39 Bengkulu Utara. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 2(2), pp.371-376. DOI: https://doi.org/10.53363/bw.v2i2.112.

Vivi, R.K. and Kusmiarti, R., 2022. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi Serta Membantu Administrasi Sekolah Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Studi Kasus Smp Negeri 39 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), pp.480-484.

Kartika, E.D., Yazidah, N.I. and Napfiah, S., 2022. Pendampingan Kegiatan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Di Sekolah Dasar. Journal of Sriwijaya Community Service on Education (JSCSE), 1(2), pp.38-43. DOI: https://doi.org/10.36706/jscse.v1i2.543.

Anashrulloh, A.S. and Tranggono, D., 2022. Pembentukan Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Pada Program Kampus Mengajar Penempatan Smp Negeri 3 Sidoarjo:(Upaya Menghadapi Era Digital Setelah Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan SMP). Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(4), pp.655-663. DOI: https://doi.org/10.53866/jimi.v2i4.145.

Sibarani, L.B., Sihombing, D.I., Gultom, S.P., Haslin, S. and Tarigan, A., 2022. Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi Serta Memperkenalkan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 282 Tornaincat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(6), pp.5131-5140.

Syahyadi, R., 2020. Sinergitas Pendidikan Vokasi, Pemerintah dan Dunia Usaha-Dunia Industri dalam Menyongsong Merdeka Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 4, No. 1, pp. 53-56).

Fajrillah, F., Lusiah, L. and Saragih, L.M.S., 2022. Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Tim SubPokja Kampus Mengajar. 2022. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. SubPokja Kampus Mengajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Edisi Januari 2022, 1-63

Tim SubPokja Kampus Mengajar. 2022. Buku Saku Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. SubPokja Kampus Mengajar, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Edisi Januari 2022, 1-28.

Miles, M. B., dan Huberman, A. M. 2014. Data Analysis Quantitative. Jakarta: UI-Press.

Octavia, L. S., dan Savira, S. I. 2016. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7–14. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/download/555/405.