Penguatan Kreativitas dan Kompetensi Digital Siswa melalui Pelatihan Pembuatan Konten Video Pembelajaran dengan CapCut di SMA Negeri 1 Ungaran

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Dany Buyung Yudha Prasetya

Universitas Negeri Semarang

Yanuar Lutfi Rohman

Universitas Negeri Semarang

Ai Sumirah Setiawati

Universitas Negeri Semarang

Yoyok Nugroho

Universitas Negeri Semarang

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prasetya, D. B. Y., Rohman, Y. L., Setiawati, A. S., & Nugroho, Y. (2025). Penguatan Kreativitas dan Kompetensi Digital Siswa melalui Pelatihan Pembuatan Konten Video Pembelajaran dengan CapCut di SMA Negeri 1 Ungaran. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(2), 536-544. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i2.1439
Section
Articles
Author Biographies

Dany Buyung Yudha Prasetya, Universitas Negeri Semarang

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Yanuar Lutfi Rohman, Universitas Negeri Semarang

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Ai Sumirah Setiawati, Universitas Negeri Semarang

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Yoyok Nugroho, Universitas Negeri Semarang

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

References
Affandi, A., & Buditjahjanto, I. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA INFOGRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 6 SURABAYA. Journal of Syntax Literate, 9(11). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i11.16936.
Agustin, D. R., Shodiq, L. J., Kurnia, L. I., Djunaedi, I., & Andreansyah, P. (2023). Pelatihan desain pembelajaran berdiferensiasi memanfaatkan artificial intelligence (AI) untuk guru SD dan SMP di Desa Dadapan Gucialit Lumajang. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 93-102. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.195.

Al Adawiyah, A., Arifin, A. S., & Prasetya, D. B. Y. (2023). The Gamifikasi Pembelajaran Berbasis Quizizz Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Teknologi Pengajar. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 608-615. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.460.

Atmoko, A., Sari, I. K., Utami, N. W., & Wahyuni, E. T. (2023). Smartphone addiction among adolescence students: Its implication toward family communication, learning, guidance and counselling. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 7(1), 15. https://doi.org/10.17977/um001v7i12022p1-9.

Cahyono, A. E. (2023). Membangun kemandirian belajar untuk mengatasi learning loss dalam pembelajaran berdiferensiasi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 167-174.

Faihah, G., Wulandari, R. E., Wahyuni, S., & Kusumaningtyas, D. A. (2024). Penggabungan PJBL, Demonstrasi, Pembelajaran Berbasis Video untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Siswa. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 3(01), 19-27. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v3i01.478.

Fajaryati, D., & Karolina, V. (2023). Differentiated Learning as an Effort to Improve Students Learning Outcomes in Physics Subjects. IJESS International Journal of Education and Social Science, 4(2), 137-144. https://doi.org/10.56371/ijess.v4i2.194.

Indrakusuma, A. A. B. P., Sayoga, I. M. A., Surya, S. C., Indrayani, A. W., & Artini, I. G. A. (2021). The association between smartphone addiction and insomnia incidence in students of the faculty of medicine Udayana University batch of 2020 during the coronavirus disease-19 pandemic. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(B), 1207-1214. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.7064.

Liu, X. X. (2021). A systematic review of prevention and intervention strategies for smartphone addiction in students: Applicability during the COVID-19 pandemic. Journal of Evidence-Based Psychotherapies, 21(2), 3-36.

Priandini, D., Supriatna, N., & Anggraini, D. N. (2023). The use of CapCut application in improving students’ creativity in social studies learning at junior high school. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(4), 857-866. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i4.9043.

Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406.

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video dalam penyampaian konten pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38-53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653.

Salsabila, D., Arief, A., & Rehani, R. (2024). Inovasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd/Mi Untuk Membangun Karakter Anak Sejak Dini. 1 (11), 39–46.
Serra, G., Lo Scalzo, L., Giuffrè, M., Ferrara, P., & Corsello, G. (2021). Smartphone use and addiction during the coronavirus disease 2019 (COVID-19) pandemic: cohort study on 184 Italian children and adolescents. Italian journal of pediatrics, 47(1), 150. https://doi.org/10.1186/s13052-021-01102-8.

Simbolon, P. A., & Daulay, N. (2022). The Effect of Smartphone Addiction on Students' Academic Proscrastination. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(4), 5580-5588. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3101.

Sudirman, S., Hardianti, B. D., & Safitri, T. A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Proyek Kolaborasi Berbasis Potensi Lokal pada Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1556-1564. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2422.