Meningkatkan Nilai Pancasila terhadap Siswa-Siswi di SDN Jetis 3 untuk Menanamkan Jiwa Kewarganegaraan

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Faisal Rahmatullah

Universitas Jember

Ahmad Abdurrohman

Universitas Jember

Ryandhika Risfi Hizkia

Universitas Jember

Sintia Dwi Ramadani

Universitas Jember

Amalia Putri Nafisa

Universitas Jember,

Agung Nugroho Puspito

Universitas Jember

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmatullah, F., Abdurrohman, A., Hizkia, R. R., Ramadani, S. D., Nafisa, A. P., & Puspito, A. N. (2025). Meningkatkan Nilai Pancasila terhadap Siswa-Siswi di SDN Jetis 3 untuk Menanamkan Jiwa Kewarganegaraan. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(2), 453-462. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i2.1455
Section
Articles
Author Biographies

Faisal Rahmatullah, Universitas Jember

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Ahmad Abdurrohman, Universitas Jember

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Ryandhika Risfi Hizkia, Universitas Jember

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Sintia Dwi Ramadani, Universitas Jember

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Amalia Putri Nafisa, Universitas Jember,

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Agung Nugroho Puspito, Universitas Jember

Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

References

Amalia, F., & Najicha, F. U. (2023). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 1-6.

Fraulen, A., Putri, D. S., Yuanita, R. R., & FITRIONO, R. A. (2022). Pentingnya peran Pancasila sebagai pedoman hidup Generasi Z. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(01), 21-28.

Handayani, P. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila sebagai dasar negara. Jurnal kewarganegaraan, 5(1), 6-12.

Hutabarat, D. T. H., Sutta, R. R. A., Wardana, W. H., Fadila, Z. N., Sapahira, P., & Tanjung, R. (2022). Memahami Filsafat Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Ideologi & Dasar Negara. Journal of humanities, social sciences and business, 1(2), 19-26.

Irliyani, A., Annisa, N., & Normalasari, R. (2024). Pengamalan Pancasila (Analisis Hakikat Pancasila) Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, dan Persatuan Indonesia. EduCurio: Education Curiosity, 3(1), 264-270. https://doi.org/10.71456/ecu.v3i1.1087.

Istiqomah, N., Shaleh, S., & Hamzah, A. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn dalam Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 627-637. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1928.

Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan nilai profil pelajar pancasila melalui kegiatan kampus mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709.

Khaerunisa, S. J. M., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., & Guru, P. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Anak Sekolah Dasar. Action Research Literate, 4(1), 1-13.

Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., Kholik, A., Aminulloh, M., Utami, I. I. S., Efendi, I., & Gunadi, G. (2022). Pendampingan penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar berorientasi pelajar pancasila. Warta LPM, 164-174. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.642.

Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116-124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191.
Pebriyanti, D., & Badilla, I. (2023). Implementasi pendidikan karakter siswa di kelas pada mata pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV di sekolah dasar. Jurnal elementaria edukasia, 6(3), 1325-1334. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6050.

Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 78-86. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.114.

Siregar, A., Aprilia, A., Hutabarat, M. G., & Wijaya, Y. L. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Nilai Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 495-501. https://doi.org/10.57235/hemat.v1i2.2703.

Siregar, I. N., Siagian, P. T., Dasuha, R. J. D., & Ria, R. R. (2024). Menumbuhkan Karakter, Etika, dan Moral Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.436.

Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021). Sosialisasi pentingnya nilai–nilai pancasila. DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(1), 770-778. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2357.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2