Optimalisasi Tata Kelola dan Peningkatan Komitmen Organisasi: Studi Pada Pelatihan Kepemimpinan di PCIM Malaysia

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Wiyadi

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Muhammad Sholahuddin

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sarjito

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rara Yuni Rahmawati

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sisca Dian Rahmawati

Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wiyadi, Sholahuddin, M., Sarjito, Rahmawati, R. Y., & Rahmawati, S. D. (2024). Optimalisasi Tata Kelola dan Peningkatan Komitmen Organisasi: Studi Pada Pelatihan Kepemimpinan di PCIM Malaysia. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 204-220. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i1.654
Section
Articles
Author Biographies

Wiyadi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Muhammad Sholahuddin, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Sarjito, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Rara Yuni Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Sisca Dian Rahmawati, Universitas Slamet Riyadi

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

References

Budiarsi, S. Y., Pradana, D. W., & Tulasi, D. (2021). Pelatihan Implementasi Tata Kelola Organisasi Yang Baik Bagi Organisasi Non Profit Di Surabaya. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 83-90. DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v4i2.3558.

Cahyani, D. M., & Diantini, N. N. A. (2016). Peranan good corporate governance dalam memprediksi financial distress. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 10(2), 144-155.

Ghozali, I. (2022). POLA KEPEMIMPINAN ORAGANISASI MUHAMMADIYAH. Murabbi, 5(1).

Indriana, A., Sholahuddin, M., & Kuswati, R. (2022). The Impact of e-WOM and Celebrity Endorser on Purchase Intention Mediated by Brand Image: A Study on Halal Cosmetic Products. Journal of Business and Management Studies, 4(4), 197-210. https://orcid.org/0000-0002-6966-7028.

Lestari, W. D., Ma’ruf, M., Mukharomah, W., Kusumastuti, A. R., & Sholahuddin, M. (2020). Panel data analysis: supply chain strategy effects on capital structure of companies listed in the Jakarta Islamic index. International Journal of Supply Chain Management (IJSCM), 9(4), 856-866.

Maimun, M. H., & Munawir, H. (2022). Peran Karakteristik Kewirausahaan Islam dan Modal Sosial Islam Untuk Resiliensi UMKM. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1), 93-100. DOI: 10.23917/benefit.v7i1.19873.

Mardalis, A., Ahmadi, M. A., Shobahiya, M., & Saleh, M. (2021). IDENTIFYING THE CULTURE OF THE MUHAMMADIYAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL. International Journal of Educational Management & Innovation, 2(3).

Purnomo, H., & Eriandani, R. (2023). The Effect of Enviromental Uncertainty and Tax Avoidance: The Role of Managerial Ability in Emerging Country. Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 18(1), 72-82. DOI: 10.24269/ekuilibrium.v18i1.2023.pp72-82.

Sarbini, D., Nugroho, Y. S., Lestari, W. D., Sholahuddin, M., & Permatasari, Q. (2023). Edukasi Gizi, Sanitasi Dan Higienis Guna Peningkatan Daya Saing Usaha Kuliner Di Desa Sekaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12657-12664. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22805.

Sari, I. A., & Rahmantika, D. N. (2021). The Effect of Firm Characteristics and Entrepreneur Characteristics on the Success of Msme Business in Central Java Province. Jurnal Manajemen Dayasaing, 23(1), 26-35. DOI: 10.23917/dayasaing.v23i1.12593.

Sholahuddin, M. (2013). Tantangan Perbankan Syariah dalam Peranannya Mengembangkan UMKM.

Sholahuddin, M., Wiyadi, W., Abas, N. I., Rahmawati, S. D., & Rahmawati, R. Y. (2024). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Usaha UMKM Binaan PCIM Malaysia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4147-4161. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7424.

Sihotang, E. T., & Yutanto, H. (2021). Tata Kelola Organisasi Mahasiswa Melalui Pengembangan Sistem Informasi. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(1), 99-110. DOI: https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1391.

Wiyadi, W., & Ayuningtyas, N. A. (2019). Product aspects of marketing effort and purchase intention. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(3), 541-547.

Zuhri, M. D., Kamaluddin, M., Rudiyanto, M., & Anam, S. (2023). PKM Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Bagi Pengurus Organisasi Santri di Ponpes Al-Amien Bugih Pamekasan. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 32-39. DOI: https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.980.