PEMANFAATAN APLIKASI MESSAGING TELEGRAM @XKWAVERS SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI FANS K-POP DALAM MENINGKATKAN VALUE DIRI DAN KESADARAN BERAGAMA (STUDI KASUS PADA ANGGOTA GC TELEGRAM @XKWAVERS)

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Siska Lisanda

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sori Monang

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lisanda, S., & Monang, S. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI MESSAGING TELEGRAM @XKWAVERS SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI FANS K-POP DALAM MENINGKATKAN VALUE DIRI DAN KESADARAN BERAGAMA (STUDI KASUS PADA ANGGOTA GC TELEGRAM @XKWAVERS). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 1105-1112. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.339
Section
Articles
Author Biographies

Siska Lisanda, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

Sori Monang, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia

References

Pirantika, A., & Rosalia Purwanti. (2017). Adiksi Bermain Game Online Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Bajing 1 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.

Ananda. (n.d.). Media Komunikasi: Fungsi, Jenis, Pengertian Menurut Para Ahli. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/media-komunikasi/

Asrianti, R., & Fawaz. (2019). Pesan Dakwah Tentang K-Wavers Hijrah Di Media Sosial Instagram Da’wah, 10(2).

Choi, Y. J., & Park, S. J. (2017). Examining the relationship between K-pop fandom and religious beliefs: A study of Telegram group @xkwavers. Journal of Youth Culture Studies, 24(1), 45-62.

Firdayanti, B., et al. (2021). Persepsi, Pengambilan Keputusan, Konsep diri dan Values, 1(3), 155-165.

Han, M., & Park, H. (2016). Understanding the impact of K-pop fandom on self-perception and religious values: A case study of @xkwavers Telegram group. Korean Journal of Media Studies, 14(3), 123-140.

Kim, E., & Kim, B. (2019). Exploring the role of social media in religious identity formation: A case study of K-pop fans on Telegram. Journal of Media and Religion, 18(3), 159-177.

Lee, S. H., & Kim, J. (2018). The influence of K-pop fandom on self-esteem and religious consciousness: A study of @xkwavers Telegram group. Korean Journal of Pop Culture, 23(2), 87-102.

Pratama, R. A., & Wahyuningrum, S. (2020). The role of K-pop fandom in shaping self-identity and religiosity: A case study of @xkwavers Telegram group. International Journal of Communication Research, 17(2), 109-128.

Roro, I., & Chontina. (2022). Peranan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Remaja Penggemar Kpop, 12(1), 65-66.

Samsu, S. (2021). Metode Penelitian: (Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development), 1(1), 1–18