ANALISIS CUSTOMER ENGAGEMENT PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BEDA SEPATUNYA

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Bella Robhiatul Adawiyah

Universitas Mulawarman

Kheyene Molekandella Boer

Universitas Mulawarman

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adawiyah, B. R., & Boer, K. M. (2023). ANALISIS CUSTOMER ENGAGEMENT PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BEDA SEPATUNYA. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 1523-1540. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.368
Section
Articles
Author Biographies

Bella Robhiatul Adawiyah, Universitas Mulawarman

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Kheyene Molekandella Boer, Universitas Mulawarman

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

References

Jesslyn, J., & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop@ ivoree. id dalam Memasarkan Produk. Prologia, 5(1), 135-141. DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8178.

Mardiyanto, D., & Giarti, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01). DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i01.470.

Widiastuti, E. J., & Indriastuti, Y. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital@ right. store Melalui Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran. DOI: https://doi.org/10.30996/representamen.v8i1.6331.

Rofik, A. (2017). The Marketing Strategy Of Shoe Washing Services In Surabaya (Case study of farclean shoes washing in Surabaya). Jurnal Manajemen KINERJA (Ejournal), 3(2), 109-124.

Melita, T. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Online Sepatu S. Van Decka Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Online Sepatu S. Van Decka Bandung Melalui Marketplace) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Octavia, G., & Sari, W. P. (2018). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia, 2(2), 339-346. DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3598.

Ferica, S., & Parlindungan, D. R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Online Shop@ diet_inget_irwan. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(2), 53-58.

Dasuki, I., & Wahid, U. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19. PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 47-54. DOI: https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.49.

Chumairoh, I., & Permata, S. (2021). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SCHOLARS_IG SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL PROGRAM BEASISWA. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 26(2), 146-162.

Diem, D. A. R., & Yulianti, W. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Akun Instagram@ Kaosdisablon di CV. Purwa Satya). Jurnal Teknologika, 10(2), 15-20. DOI: https://doi.org/10.51132/teknologika.v10i2.77.

Lauwis, E., & Setyawati, C. Y. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Cleans Dengan Metode Benchmarking. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(4), 512-521. DOI: https://doi.org/10.37715/jp.v3i4.764.

Sari, Y., & Utami, N. W. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital sebagai Tantangan Teknologi. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(1), 1-14.

Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., & Dwivedi, Y. (2019). Measuring social media influencer index-insights from Facebook, Twitter and Instagram. Journal of retailing and consumer services, 49, 86-101.

Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh social media marketing terhadap customer engagement dan loyalitas merek pada akun instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185-198.

Kaligis, J. N., & Rawung, S. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan dalam Menggunakan Jasa Laundry Tas dan Sepatu, Studi Pada Bless Laundry Manado. Jurnal Mirai Management, 7(2), 283-290. DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2442.

Rohadian, S., & Amir, M. T. (2019). Upaya membangun customer engagement melalui media sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4), 179-186.

Nursyamsi, S. E., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Toska Fashion Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 140-154.

Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489.

Wicaksono, D. K., & Wahyuni, I. I. (2021). Strategi Pembentukan Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram Akun@ dewimangrovesari Melalui Tagar# mangrovesari. eProceedings of Management, 8(5).

Abdullah, M. R. (2015). Metode penelitian kuantitatif.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Razak, M. (2016). Perilaku konsumen.

Janadio, B., & Mujiasih, E. (2020). HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI INSTAGRAM DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGIUNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal Empati, 9(5), 398-405.

Noviriyani, T. M. P., & Yusiana, R. (2022). Analisis Customer Engagement Pada Media Sosial Instagram Pada Riyani The Label Tahun 2022. eProceedings of Applied Science, 8(5).

Qorib, F., Rinata, A. R., & Fianto, L. (2021). Analisis Customer Engagement pada Akun Instagram@ Oksigen_Cafe Menggunakan The Circular Model of Some. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 183-197.

Zahra, F., Sukoco, I., Auliana, L., & Barkah, C. (2022). Komunikasi Efektif Dalam Membangun Strategi Customer Relationship Management. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 2(1), 41-49. DOI: https://doi.org/10.30998/g.v2i1.1074.

Santoso, A. V. (2020). Analisis pengaruh digital marketing terhadap repeat purchase dengan customer engagement dan customer experience sebagai variabel intervening pada layanan pesan-antar makanan GoFood di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2), 12.

Almubaroq, M. F. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan melalui Konflik Kerja pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Mahayani, O. C., Aknuranda, I., & Kusyanti, A. (2019). Pengaruh customer engagement melalui media sosial terhadap kepercayaan merek (Studi Kasus: Instagram Shopee). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3301-3310.

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 61-73. DOI: https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.2620.

Felita, C. I. (2015). Analisa pengaruh customer experience terhadap customer loyalty dengan customer engagement dan customer trust sebagai variabel intervening di the body shop. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1-10.

Ramadhan, A., Naswandi, C. N., & Herman, C. M. (2020). Fenomena endorsement di instagram story pada kalangan selebgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 316-329. DOI: https://doi.org/10.31947/kareba.vi.8207.

Winata, J. N., & Alvin, S. (2022). Strategi Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi Kasus Instagram Bonvie. id). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4262-4272.

Jati, A. R. S., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mirai Management, 7(1), 231-241. DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.1925