FITUR CLOSE FRIENDS INSTAGRAM SEBAGAI KETERBUKAAN DIRI MAHASISWA YANG MENGALAMI KECEMASAN BERMEDIA SOSIAL

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Faridah Azza Annabillah

Universitas Mulawarman

Kheyene Molekandella Boer

Universitas Mulawarman

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Annabillah, F. A., & Boer, K. M. (2023). FITUR CLOSE FRIENDS INSTAGRAM SEBAGAI KETERBUKAAN DIRI MAHASISWA YANG MENGALAMI KECEMASAN BERMEDIA SOSIAL. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 1550-1565. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.379
Section
Articles
Author Biographies

Faridah Azza Annabillah, Universitas Mulawarman

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Kheyene Molekandella Boer, Universitas Mulawarman

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

References

Arnus, S. H. (2018). Computer Mediated Communication (CMC), pola baru berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275-289. DOI: http://dx.doi.org/10.31332/am.v8i2.744.

Pratiwi, F. D. (2014). Computer mediated communication (CMC) dalam perspektif Komunikasi lintas budaya (tinjauan pada soompi discussion forum Empress ki tanyang shipper). Profetik: Jurnal Komunikasi, 7(1).

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).

Brogan, C. (2010). Social media 101: Tactics and tips to develop your business online. John Wiley & Sons.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231.

Lubis, E. E., & Fauzi, V. P. (2016). Pemanfaatan instagram sebagai social media marketing er-corner boutique dalam membangun brand awareness di kota pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

W. Febiyanti Putri and I. Rachmawati, “Kontruksi Diri Selebgram Di Instagram Terhadap Kecemasan Berkomunikasi Di Media Sosial.,” Prosiding Manajemen Komunikasi, vol. 6, no. 2, pp. 555–560, 2020, doi: 10.29313/.v6i2.24037.

Azzahra, F., Handayani, L., & Mahdalena, V. (2022). MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI MAHASISWA UPN VETERAN JAKARTA PADA FITUR CLOSE FRIEND DI INSTAGRAM. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(2), 318-330.

Budury, S., & Fitriasari, A. (2019). Penggunaan media sosial terhadap kejadian depresi, kecemasan dan stres pada mahasiswa: use of social media on events of depression, anxiety and stress among university students. Bali Medika Jurnal, 6(2), 205-208. DOI: 10.36376/bmj.v6i2.

Affandi, M., & Setiadi, T. (2020). Self Disclosure Mahasiswa dalam Penggunaan Media Sosial. Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 1(2), 67-76.

Muizzah, A. U. T. (2022). Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Selamat Sri Kendal Terhadap Jurusan Ilmu Komunikasi Ditinjau dari Buku Handbook of Communication. Journal of Social and Political Science/JUSTICE, 2(2), 35-49.

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan new media dalam memudahkan komunikasi dan transaksi pelacur gay. Jurnal Pekommas, 18(3), 203-212.

Hidayah, N. (2020). Pengaruh Fitur Close Friends Instagram Terhadap Self Disclosure Siswa SMAN 1 Maros (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Febyantari, R. (2019). Instagram Story Sebagai Bentuk Self Disclosure Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember. MEDIAKOM, 2(2), 159-183. DOI: https://doi.org/10.32528/mdk.v2i2.1928.

Sari, R. P., Andayani, T. R., & Masykur, A. M. (2006). Pengungkapan diri mahasiswa tahun pertama universitas diponegoro ditinjau dari jenis kelamin dan harga diri. Jurnal Psikologi, 3(2), 11-25.

Adler, R. B., Rosenfeld, L. B., Towne, N., & Scott, M. (1986). Interplay: The process of interpersonal communication (p. 504). New York, NY: Holt, Rinehart, and Winston.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Hardani, H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, CV. Pustaka Ilmu Grou.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial.

Dianiya, V. (2021). Management privacy dalam penggunaan fitur “close friend” di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(1), 249. DOI: 10.25139/jsk.v5i1.2652.

Azizah, A. N. (2022). Pengungkapan Diri Melalui Media Sosial Oleh Pengguna Second Account Instagram (Studi Fenomenologis pada Mahasiswa Relawan Yogyakarta Mengajar) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Rakhmahappin, Y., & Prabowo, A. (2014). Kecemasan sosial kaum homoseksual gay dan lesbian. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), 199-213. DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v2i2.1997.

Nasrullah, R. (2017). Etnografi virtual riset komunikasi, budaya, dan sosioteknologi di internet.