EVALUASI PENYELENGGARAAN DIKLAT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN BERDIFERENSIASI
Main Article Content
Abstract
Article Summary
Tujuan penelitian ini adalah menentukan penilaian reaksi dan hasil belajar peserta diklat pada penyelenggaraan diklat Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pendidikan Berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Model evaluasi yang digunakan adalah menggunakan model Kirkpatrick. Dalam model Kirkpatrick, evaluasi dilakukan melalui empat level, yaitu reaction, learning, behaviour, dan impact. Pada penelitian ini hanya menggunakan 2 tahap untuk evaluasi yaitu level 1 dan 2. Tahap level 1 berupa reaksi terhadap aspek kurikulum berkategori baik dengan persentase 88,46%; reaksi terhadap aspek kepanitiaan berkategori baik dengan persentase 86,53%; reaksi terhadap aspek akomodasi berkategori baik dengan persentase 100%; reaksi terhadap aspek konsumsi berkategori sedang dengan persentase 84,61; dan reaksi terhadap aspek sarana diklat berkategori baik dengan persentase 88,46%. Tahap level 2 berupa hasil belajar terhadap aspek sikap berkategori sedang dan hasil belajar peserta terhadap aspek pengetahuan dengan rata-rata pretest adalah 50,825 dan posttest 93,34% dengan kenaikan sebesar 62% pada hasil belajar peserta
Downloads
Article Details
References
Aryanti, T. (2016). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan.
Audah, Z. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 159. https://doi.org/10.30649/japk.v10i2.81
Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan Dan Pelatihan.
Hidayati, U. (2020). Evaluasi Implementasi Hasil Diklat Teknis Guru IPA Madrasah Tsanawiyah Evaluation Of The Implementation Of The Results Of The Ipa’s Teachers Of Madrasah Tsanawiyah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2), 238–256. http://jurnaledukasikemenag.org
Kirkpatrick, D. L. (1998). The Four Levels Of .Evaluating Corporate Training: Models and issues (S. M. and S. C. J. Brown, Ed.).
Kunartinah, & Sukoco, F. (2010). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Pembelajaran Organisasi Terhadap Kinerja dengan Kompetensi Sebagai Mediasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 17(1), 74–84.
Muhidin, S. A., & Abdurrahman, M. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Pustaka Setia.
Nurjanah, A. (2018). Pengukuran Keberhasilan Diklat Melalui Model Evaluasi Kirkpatrick. Tatar Pasundan Jurnal Diklat Keagamaan, XII(32).
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, Principles.and Issues. Pearson Education Limited.
Prilianti, R., Diklat, B., & Semarang, K. (2018). Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Teknis Substantif Multimedia Bagi Guru Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Semarang.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (1988). Systematic Evaluation: A self-Instructional Guide to the theory and practise. Kluwer Academic Publisher.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Penerbit Alfabeta.
Wijaya, A., & Sumarno, S. (2017). Evaluasi dampak pendidikan dan pelatihan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Matematika di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 127–141. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.10113