DUKUNGAN ORANG TUA UNTUK KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK AUTISME
Main Article Content
Abstract
Article Summary
Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara dukungan orang tua dengan kemandirian belajar anak autisme, serta mencari strategi terbaik dan isu-isu yang masih perlu diteliti lebih lanjut di bidang ini. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Literature Review. Artikel Literature review menggunakan terbitan tahun 2019-2024 yang dapat diakses dengan menggunakan database dari Google Scholar kemudian dilakukan peninjauan literatur untuk menemukan penelitian yang berkaitan. Anak-anak dengan autisme mengalami banyak kesulitan yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk belajar sendiri. Berdasarkan hasil analisis, orang tua harus membantu dengan berbagai cara, seperti membangun rutinitas yang terorganisir, memberikan petunjuk yang jelas, menggunakan dukungan visual, dan mengajarkan anak-anak cara mengendalikan diri sendiri. Dukungan ini dapat meningkatkan kemandirian belajar anak-anak dengan gangguan spektrum autisme, mengurangi tantangan, dan meningkatkan kesuksesan belajar mereka.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Ariyani, W., & Satwika, Y. W. (2022). Hubungan Antara Persepsi Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMA Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 126–135.
Dewi, I. S., Harahap, I. A., Lubis, N. A., Sari, N., Arriba, F., Harahap, A. B., & Sembiring, J. B. (2023). Peran orang tua dalam menangani ekolia pada anak autisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1987–1991.
Duale, H. A., & Gele, A. (2024). Exploring knowledge of autism, its causes and treatment among immigrant and nonimmigrant parents in Somalia\Somaliland. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 18(1), 22. https://doi.org/10.1186/s13034-024-00713-3
Dwi Lestari, D., & Marsudi Utomo Kesamben Blitar, S. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak Autis (Vol. 4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p39-42
Fadrian, A., & Irianto, A. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Menyontek Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–22. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/mpe/article/download/5868/4587
Ferasinta. (2020). PERSPEKTIF ORANGTUA TERKAIT KEMANDIRIAN ANAK AUTISPADA ASPEK SOSIAL. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 08, 1–23.
Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), 64–71. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203
Hasanah, S. N., Noor, I., & Komalasari, S. (2021). Dukungan Sosial pada Anak dengan Autisme Dari Orang Tua yang Memiliki Lembaga Pendidikan dan Pelayanan Anak Bekebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Al-Husna, 1(3), 207. https://doi.org/10.18592/jah.v1i3.4168
Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Prisma, 2, 917–927. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29308/12927
Hidayah, Y., Halimah, L., Pandikar, E., & Azhari, N. (2021). Upaya Guru dan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Mandiri Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri A Kota Cimahi. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 41–63. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.23
Hidayati, N. (2023). Tantangan Pelibatan Keluarga Dalam Meningkatkan Life Skill Anak Penyandang Disabilitas Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Kabupaten Gayo Lues. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jarow/article/view/3336
Ku, P. L., & Bryce, M. (2011). Socio-Cultural Support for Children with Autistic Disorders and Their Families: Japanese and Australian Contexts. 69–76.
Laksmi, I., Astiti, C., & Valentina, T. D. (2024). Kesejahteraan Psikologis Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus: Literature Review. Innovative: Journal Of Social …, 4, 8214–8228. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8781%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/8781/6047
Lord, C., Brugha, T. S., Charman, T., Cusack, J., Dumas, G., Frazier, T., Jones, E. J. H., Jones, R. M., Pickles, A., State, M. W., Taylor, J. L., & Veenstra-VanderWeele, J. (2020). Autism spectrum disorder. Nature Reviews Disease Primers, 6(1), 5. https://doi.org/10.1038/s41572-019-0138-4
Mar’atullatifah, Y., & Ratnasari, N. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Untuk Anak Penderita Autisme Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 39–52. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i4.413
Maulana, F. R. (2024). Komunikasi Orang Tua Pada Anak Penderita Autisme : Literatur Review. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS), 1(5).
Maulida, N. P., Bahri, S., & Yahya, M. (2020). Pengasuhan Ibu dalam Membina Kemandirian Anak Autis (Studi Kasus pada Pusat Layanan Autis Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 33–42.
Mufidah, F., & Cholilah, I. R. (2024). PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PENERAPAN TOILET TRAINING PADA SISWA AUTIS KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 4(1), 47–66. https://doi.org/10.35719/sociocouns.vxix.xx
Nurliana, R. (2024). Psikologi anak autis pendekatan pengembangan potensi dan kemandirian. Vol. 1, 1–11.
Nurussakinah, N., Mediani, H. S., & Purnama, D. (2024). Pentingnya Dukungan Emosional untuk Orang Tua Anak Autisme di SLB: Pembelajaran dari Pengalaman Kecemasan. Jurnal Kesehatan Dan Kebidanan Nusantara, 2(1), 17–23.
Rendani, I. P., & Fatmawati, A. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orantua dan Perkembangan Emosional Terhadap Proses Berfikir Anak Autis. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 153. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p153-163
Sari, C. R., & Rahmasari, D. (2022). Strategi komunikasi orang tua pada anak autis. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 171–179. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/44862%0A%0A
Suhandi, A. M., & Lestari, T. (2021). PENGARUH KEBUDAYAAN MENYONTEK TERHADAP PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK: UPAYA PEMBERANTASAN KEBIASAAN MENYONTEK DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Academy of Education Journal, 12(2), 285–293. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.743
Surjaningrum, E. R., & Mujahadah, H. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kualitas Hidup pada Individu Autistik Dewasa. Sosio Konsepsia, 11(3). https://doi.org/10.33007/ska.v11i3.3085
Suryadi, Y. (2023). Analisa Dukungan Ayah dan Saudara Laki-laki Terhadap Murid Autisme di SLB Deliserdang. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 27–33. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.2958
Syafrina, M., & Rahmahtrisilvia, R. (2022). Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Transisi Pasca Sekolah Anak Gangguan Spektrum Autisme SLB Autisma YPPA Padang. MSI Transaction on Education, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.46574/mted.v3i1.76
Ulva, M., & Amalia, R. (2020). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI SEKOLAH INKLUSIF. Journal on Teacher Education, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512
Wangi, A. A. I. D. S., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2020). Bentuk Dukungan Sosial Orang Tua dan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Anak dengan Autistic Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Psikologi Udayana, 207–215.
WHO. (2023). Autism. Https://Www.Who.Int/Publications. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Yulianto, L. (2021). Implementasi Gim Si Komdig’s Journey untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar di Masa Pandemi Covid-19. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 8. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.8532