DUKUNGAN ORANG TUA UNTUK KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK AUTISME

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Azizah Nur Fitriana

Universitas Sebelas Maret

Chrisgracia Diafebrita Areandradica

Universitas Sebelas Maret

Bunga Dwi Wulan

Universitas Sebelas Maret

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azizah Nur Fitriana, Chrisgracia Diafebrita Areandradica, Bunga Dwi Wulan, & Suparmi. (2024). DUKUNGAN ORANG TUA UNTUK KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK AUTISME. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 1(1), 21-32. https://doi.org/10.35870/jtp.v1i1.919
Section
Articles

References

Ali, A., Suryanii, H., & Hading, A. (2022). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAAJR KETERAMPILAN TATA BUSANA SISWA KEALS XII SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DI KOTA MAKASSAR. UNM Journal of Technology and Vocational, 6(1), 79. https://doi.org/10.26858/ujtv.v6i1.34305
Ariyani, W., & Satwika, Y. W. (2022). Hubungan Antara Persepsi Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMA Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 126–135.
Dewi, I. S., Harahap, I. A., Lubis, N. A., Sari, N., Arriba, F., Harahap, A. B., & Sembiring, J. B. (2023). Peran orang tua dalam menangani ekolia pada anak autisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1987–1991.
Duale, H. A., & Gele, A. (2024). Exploring knowledge of autism, its causes and treatment among immigrant and nonimmigrant parents in Somalia\Somaliland. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 18(1), 22. https://doi.org/10.1186/s13034-024-00713-3
Dwi Lestari, D., & Marsudi Utomo Kesamben Blitar, S. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak Autis (Vol. 4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p39-42
Fadrian, A., & Irianto, A. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Menyontek Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–22. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/mpe/article/download/5868/4587
Ferasinta. (2020). PERSPEKTIF ORANGTUA TERKAIT KEMANDIRIAN ANAK AUTISPADA ASPEK SOSIAL. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 08, 1–23.
Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), 64–71. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203
Hasanah, S. N., Noor, I., & Komalasari, S. (2021). Dukungan Sosial pada Anak dengan Autisme Dari Orang Tua yang Memiliki Lembaga Pendidikan dan Pelayanan Anak Bekebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Al-Husna, 1(3), 207. https://doi.org/10.18592/jah.v1i3.4168
Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Prisma, 2, 917–927. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29308/12927
Hidayah, Y., Halimah, L., Pandikar, E., & Azhari, N. (2021). Upaya Guru dan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Mandiri Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri A Kota Cimahi. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 41–63. https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.23
Hidayati, N. (2023). Tantangan Pelibatan Keluarga Dalam Meningkatkan Life Skill Anak Penyandang Disabilitas Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Kabupaten Gayo Lues. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jarow/article/view/3336
Ku, P. L., & Bryce, M. (2011). Socio-Cultural Support for Children with Autistic Disorders and Their Families: Japanese and Australian Contexts. 69–76.
Laksmi, I., Astiti, C., & Valentina, T. D. (2024). Kesejahteraan Psikologis Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus: Literature Review. Innovative: Journal Of Social …, 4, 8214–8228. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8781%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/8781/6047
Lord, C., Brugha, T. S., Charman, T., Cusack, J., Dumas, G., Frazier, T., Jones, E. J. H., Jones, R. M., Pickles, A., State, M. W., Taylor, J. L., & Veenstra-VanderWeele, J. (2020). Autism spectrum disorder. Nature Reviews Disease Primers, 6(1), 5. https://doi.org/10.1038/s41572-019-0138-4
Mar’atullatifah, Y., & Ratnasari, N. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Untuk Anak Penderita Autisme Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 39–52. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i4.413
Maulana, F. R. (2024). Komunikasi Orang Tua Pada Anak Penderita Autisme : Literatur Review. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS), 1(5).
Maulida, N. P., Bahri, S., & Yahya, M. (2020). Pengasuhan Ibu dalam Membina Kemandirian Anak Autis (Studi Kasus pada Pusat Layanan Autis Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 33–42.
Mufidah, F., & Cholilah, I. R. (2024). PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PENERAPAN TOILET TRAINING PADA SISWA AUTIS KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 4(1), 47–66. https://doi.org/10.35719/sociocouns.vxix.xx
Nurliana, R. (2024). Psikologi anak autis pendekatan pengembangan potensi dan kemandirian. Vol. 1, 1–11.
Nurussakinah, N., Mediani, H. S., & Purnama, D. (2024). Pentingnya Dukungan Emosional untuk Orang Tua Anak Autisme di SLB: Pembelajaran dari Pengalaman Kecemasan. Jurnal Kesehatan Dan Kebidanan Nusantara, 2(1), 17–23.
Rendani, I. P., & Fatmawati, A. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orantua dan Perkembangan Emosional Terhadap Proses Berfikir Anak Autis. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 153. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p153-163
Sari, C. R., & Rahmasari, D. (2022). Strategi komunikasi orang tua pada anak autis. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 171–179. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/44862%0A%0A
Suhandi, A. M., & Lestari, T. (2021). PENGARUH KEBUDAYAAN MENYONTEK TERHADAP PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK: UPAYA PEMBERANTASAN KEBIASAAN MENYONTEK DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Academy of Education Journal, 12(2), 285–293. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.743
Surjaningrum, E. R., & Mujahadah, H. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kualitas Hidup pada Individu Autistik Dewasa. Sosio Konsepsia, 11(3). https://doi.org/10.33007/ska.v11i3.3085
Suryadi, Y. (2023). Analisa Dukungan Ayah dan Saudara Laki-laki Terhadap Murid Autisme di SLB Deliserdang. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 27–33. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.2958
Syafrina, M., & Rahmahtrisilvia, R. (2022). Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Transisi Pasca Sekolah Anak Gangguan Spektrum Autisme SLB Autisma YPPA Padang. MSI Transaction on Education, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.46574/mted.v3i1.76
Ulva, M., & Amalia, R. (2020). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI SEKOLAH INKLUSIF. Journal on Teacher Education, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512
Wangi, A. A. I. D. S., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2020). Bentuk Dukungan Sosial Orang Tua dan Kemampuan Penyesuaian Diri pada Anak dengan Autistic Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Psikologi Udayana, 207–215.
WHO. (2023). Autism. Https://Www.Who.Int/Publications. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Yulianto, L. (2021). Implementasi Gim Si Komdig’s Journey untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar di Masa Pandemi Covid-19. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 8. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.8532