Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Kipin School Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Yuma Akbar

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Yuliana Bachtiar

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Akbar, Y., & Bachtiar, Y. (2024). Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Kipin School Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(3), 2827-2839. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i3.1013
Section
Articles
Author Biographies

Yuma Akbar, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Yuliana Bachtiar, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

References

Abdilah, A., Suhardiyanto, A., & Pembelajaran, P. K. (n.d.). Persepsi guru PPKn terhadap teknologi Artificial Intelligence ChatGPT dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. https://doi.org/10.31960/caradde.v7i3.2180

Afiah, N., Syahadiyanti, L., & Swastyastu, C. A. (2024). Pengukuran Tingkat Kepuasan Kinerja Sistem Informasi Perpustakaan Pada Aplikasi OPAC Menggunakan Metode TAM dan EUCS. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 144-153. https://doi.org/10.31849/zn.v6i1.18083

Astuti, E. D. (2023). Kiat sukses panduan SmartPLS dari data hingga publikasi bereputasi.

Atiqoh, A. N., Alfiriani, A., & Novita, R. (2023). Analisis penerimaan siswa terhadap penggunaan aplikasi ujian online berbasis komputer menggunakan metode Technology Acceptance Model. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 4(2), 134–150. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1369

Bong, V., & Firmansyah, M. D. (2023). Analisa Duolingo terhadap prestasi Bahasa Inggris siswa SMP Batam dengan metode TAM. Jurnal Informasi dan Teknologi, 5(3), 122–130. https://doi.org/10.60083/jidt.v5i3.407

Dasian, R. S. I., & Desriyeni, D. (2024). Penerimaan teknologi ChatGPT di kalangan mahasiswa: Studi deskriptif model TAM pada mahasiswa program studi Teknik Informatika Universitas Negeri Padang. Journal of Student Research, 2(2), 178–201. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2847

Effendi, B., Tori, A. S., & Ilhamsyah, M. (2021). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Aplikasi SISMART sebagai Media Pembelajaran pada SMA Adabiyah Palembang. Teknomatika, 11(02), 143-152.

Fatah, H. (2020). Analisis Pengaruh Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda Terhadap Pemahaman Siswa Dengan Metode Tam. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 82-91. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.590.

Fecira, D., & Abdullah, T. M. K. (2020). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(04), 35-50.

Ghazy, G. A., Suryanata, R., Hardianti, F. S., Kencono, R. F., Fitriani, J., Bilung, M., & Khairina, D. M. (2023). Analisis Penggunaan Google Meet sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Metode Technology Acceptance Model 2. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 7(1), 01-10.

Gupta, C., Gupta, V., & Stachowiak, A. (2021). Adoption of ICT-based teaching in engineering: An extended Technology Acceptance Model perspective. IEEE Access, 9, 58652–58666. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3072580

Hari, Y., Darmanto, B., Hermawan, B., Widianto, Y., & Trisno, I. B. (2020). Assesment online learning system di masa pandemi COVID-19 menggunakan metode Technology Acceptance Model. Jurnal Teknik, 18(2), 112–122. https://doi.org/10.37031/jt.v18i2.76

Hermaliani, E. H. (2023). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Dan Delone-McLean: Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Dan Delone-McLean. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 3(2), 73-83. https://doi.org/10.31294/jasika.v3i2.2272

Kartini, K. S., & Lukman, N. H. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran Molekul Kimia Tingkat SMA. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 33-37. https://doi.org/10.59458/jwl.v4i1.70

Mawartini, F., Muchzawarni, R., Kristyani, P. P., & Mutmainnah, M. (2024). Penerapan Technology Acceptance Model pada Aplikasi Canva untuk mendukung proses pembelajaran di SMK TRIGUNA 1956. Journal of Economics and Business UBS, 13(2), 477-491. https://doi.org/10.52644/joeb.v13i2.1548.

Mulyani, A., Kurniadi, D., & Putri, M. H. (2023). Analisis Penerimaan Learning Management System Institut Teknologi Garut Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 10(4), 843-850. https://doi.org/10.25126/jtiik.2023106618

Mulyono, S., Syafei, W. A., & Kusumaningrum, R. (2020). Analisa tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi SIMPUS dengan metode Technology Acceptance Model (TAM). JOINS (Journal of Information Systems), 5(1), 147–155. https://doi.org/10.33633/joins.v5i1.3277

Nakisa, B., Ansarizadeh, F., Oommen, P., & Shrestha, S. (2022). Technology Acceptance Model: A case study of palm vein authentication technology. IEEE Access, 10, 120436–120449. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3221413

Nanda, M. A. R. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Minat Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Google Classroom Berdasarkan Model TAM. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1056-1064. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2817

Nursanto, G. A., & Rahman, R. A. (2024). Systematic Literature Review: Metode Penilaian Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5103-5116. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13163.
Salmi, J., Setiyanti, A. A., Satya, K., & Wacana, D. (2023). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT di era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(19), 399–406. https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233

Sandu, M. K., & Sadik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian (pp. 1–109).

Saputra, M. R. A. (2023). Metode ilmiah dan penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan kepustakaan (Bahan ajar madrasah riset).

Setiawan, C. A., & Abza, A. T. P. (2020). Analisis kepuasan pengguna aplikasi CamScanner menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS).

Sholihah, R., & Indriyanti, A. D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(3), 102-109.

Suhartanto, D., Amalia, F. A., Farm, S., & Najib, M. (2023). Metode Riset Bisnis: Dasar-Dasar Mendesain Dan Melakukan Riset Di Konteks Bisnis. Uwais Inspirasi Indonesia.

Sulaiman, M. S. D. R. A. (2023). Perilaku penerimaan e-learning: Konstruksi model dan studi empiris. Indonesia Emas Group.

Sutoyo, M. N., & Pradipta, A. (2023). Analysis of the Technology Acceptance Model (TAM) for SIMKREASI users at USN Kolaka. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i1.2604

Tullah, D., & Hermawansyah, A. (2022). Efektivitas aplikasi Google Classroom terhadap peningkatan hasil pembelajaran di sekolah menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Impresi Indonesia, 1(4), 405–413. https://doi.org/10.36418/jii.v1i4.57

Tumurang, M. K. (2024). Metodologi Penelitian.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>