Pengaruh “Virtual Influencers” di TikTok terhadap Perilaku Konsumen Generasi Z di Kota Mataram

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Miptahul Jannah

Universitas Islam Negeri Mataram

Ahmad Ashril Rizal

Universitas Islam Negeri Mataram

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jannah, M., & Rizal, A. A. (2025). Pengaruh “Virtual Influencers” di TikTok terhadap Perilaku Konsumen Generasi Z di Kota Mataram. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 6(1), 218-227. https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1.1168
Section
Articles
Author Biographies

Miptahul Jannah, Universitas Islam Negeri Mataram

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Mataram, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Ahmad Ashril Rizal, Universitas Islam Negeri Mataram

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Mataram, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

References
Arda, M. S., Fauzi, H., & Ilhamuddin, M. (2023). The Influence of Social Media Influencers and Emotional Value on Purchasing Decisions for Virtual Items in Valorant Online Game. Socio-Economic and Humanistic Aspects for Township and Industry, 1(1), 92-101. https://doi.org/10.59535/sehati.v1i1.99.

Arsita, N. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125-131. https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390.

Ester, M., & Agus, A. A. (2023). Pengaruh Fashion Influencer Terhadap Warna Busana Generasi Z. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 1487-1509. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6724.

Kembau, A. S., Kolondam, A., & Mandey, N. H. J. (2024). Virtual Influencers and Digital Engagement: Key Insights from Indonesia's Younger Consumers. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(2), 123-136. https://doi.org/10.9744/pemasaran.18.2.123-136.

Kim, E., Kim, D., E, Z., & Shoenberger, H. (2023). The next hype in social media advertising: Examining virtual influencers’ brand endorsement effectiveness. Frontiers in Psychology, 14, 1089051.

Meifitri, M. (2020). Fenomena Influencer Sebagai Salah Satu Bentuk Cita-Cita Baru di Kalangan Generasi Zoomer. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 2(2), 69-82. http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v2i2.11772.

Mubarak, M. F., & Basalamah, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 7(1), 279-292. https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.6339.

Mullins, J. W. (2013). Marketing management: a strategic decision-making approach.

Pohan, S., Munawwarah, P., & Sinuraya, J. S. B. (2023). Fenomen Flexing Di Media Sosial Dalam Menaikkan Popularitas Diri Sebagai Gaya Hidup. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(2), 490-493. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i2.851.

Rahmadani, D., Febriansah, R. E., Yulianto, M. R., & Pebrianggara, A. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO). Jurnal Darma Agung, 32(3), 77-91. http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4402.

Sambe, A. H. N., & Haryanto, J. O. (2021). The development of social influence and aesthetic on purchase intention. Jurnal Manajemen, 25(1), 1-19. https://doi.org/10.24912/jm.v25i1.700.

Sono, M. G., Ilhamiwati, M., Januarty, W., Utami, E. Y., & Arfiansyah, F. (2024). Analisis Pengaruh Kredibilitas Influencer, Relevansi Konten, dan Tingkat Keterlibatan Sosial terhadap Perilaku Konsumen Generasi Z dalam Kampanye Influencer Marketing: Studi Kasus pada Industri Fashion di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 2(01), 11-23. https://doi.org/10.58812/jekws.v2i01.889.

Wumbu, Y. L. E. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok terhadap Gaya Komunikasi Siswa SDN 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 1(3), 92-99. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v1i3.193.