Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi Vol. 6 No. 1 (2025) memuat berbagai penelitian dengan fokus pada teknologi informasi, komunikasi, dan aplikasi inovatif di berbagai bidang. Beberapa artikel membahas pengembangan sistem informasi, seperti sistem kasir berbasis MongoDB dan Webix, penjualan roti menggunakan Laravel, serta akuntansi penerimaan barang berbasis web. Penelitian lain mengeksplorasi penerapan algoritma seperti Decision Tree, ID3, dan Random Forest untuk klasifikasi faktor karier mahasiswa, serta analisis elemen gamifikasi dalam aplikasi pembelajaran. Dalam bidang komunikasi, terdapat studi mengenai peran moderator di TikTok Live, framing media pada Olimpiade Paris 2024, dan strategi komunikasi pemasaran startup. Selain itu, penelitian juga mencakup desain UI/UX untuk aplikasi kesehatan dan pendidikan, integrasi IoT dalam pertanian hidroponik, serta analisis sentimen di media sosial. Beberapa artikel mengulas implementasi metode machine learning untuk klasifikasi penyakit migrain, deteksi kerusakan jalan, dan prediksi harga saham.
DOI: https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1
Published: 2025-01-10
Articles
Sistem Informasi Kasir Toko Kembar menggunakan Framework Webix dan MongoDB
1-13
Sistem Informasi Penjualan Roti di Toko Mitha Bakery Palu Menggunakan Framework Laravel
14-29
Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Barang Hotel NS Bandung Berbasis Web
30-42
Analisis Transaksi Penjualan dalam Sistem Informasi Kasir Pada Toko Pertanian
43-55
Analisis Penetrasi Sosial di Dunia Maya (Studi Peran Moderator di TikTok Live DJ Ronald)
56-71
Optimalisasi Strategi Komunikasi Pemasaran Perusahaan Startup PT. Tala Bumi Group dalam Bisnis Franchise Food and Beverages
81-93
Analisis Framing Kontroversi Pada Olimpiade Paris 2024 di CNN Indonesia dan Republika
94-104
Desain dan Prototipe Integrasi IoT dalam Pertanian Hidroponik Cerdas Berbasis Energi Terbarukan
105-114
Perancangan UI/UX Aplikasi Stunting Your Buddy dengan Metode User-Centered Design
115-127
Analisis Instagram terhadap Gaya Hidup dan Pola Komunikasi pada Remaja Karang Taruna Cempaka Putih, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar
128-138
Klasifikasi Penyakit Migrain dengan Metode Naïve Bayes pada Dataset Kaggle
139-151
Representasi Liberalisme dalam Film Gran Turismo (Analisis Semiotika John Fiske)
152-160
Pengembangan Antarmuka Website Kebugaran Fitme untuk Mendukung Pola Hidup Sehat dengan Penerapan Metode Human-Centered Design
161-173
Analisis Pengaruh Elemen Gamifikasi pada Aplikasi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA
174-186
Rancang Bangun UI/UX dengan Metode Design Thinking pada Aplikasi Laundry Quick and Clean Berbasis Mobile
187-197
Optimasi Produksi Donat di Usaha O’Om Donuts untuk Mencapai Keuntungan Maksimal dengan Program Linier Metode Grafik
198-204
Pengembangan UI/UX Website Uluresto untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional Restoran Menggunakan Metode Design Thinking
205-217
Pengaruh “Virtual Influencers” di TikTok terhadap Perilaku Konsumen Generasi Z di Kota Mataram
218-227
Klasifikasi Tinggi Badan Manusia Menggunakan Metode Mask R-CNN
228-239
Penerapan Metode Requirement Engineering dalam Pengembangan Website E-Commerce sebagai Media Promosi dan Pemasaran pada Kelompok UMKM Tenun Ikat
240-251
Peningkatan Akurasi Nilai Harga Saham Menggunakan Metode Long Short-Term Memory (LSTM) pada PT Unilever Tbk
252-260
Membangun Identitas Desa Wisata Tajuk melalui Website menggunakan Metode Waterfall : Analisis Komunikasi dan Strategi Digital Branding
261-272
Implementasi Algoritma Rabin-Karp dalam Pendeteksian Plagiarisme pada Dokumen Makalah Mahasiswa
273-284
Analisis Kepuasan Pengguna dalam Penerapan E-Procurement pada Divisi Supply Chain Management PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Kantor Pusat
285-293
Deteksi Kerusakan Jalan Berdasarkan Citra Digital Menggunakan Convolutional Neural Network (CNN)
294-302
Klasifikasi Absensi Face Geo-Location Menggunakan Metode CNN pada PT Indomarco Prismatama
303-317
Implementasi Aplikasi Android dalam Sistem Restock UMKM Maju Jaya Accessories
318-333
Analisis Algoritma C4.5 dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Staf terhadap Kinerja Teknisi Komputer
334-345
Implementasi Sistem Penerjemahan Bahasa Isyarat dengan Metode Pengenalan Ucapan
346-355
Implementasi Pengelolaan Arsip melalui Kegiatan Pengawasan Internal Kearsipan di Puslatbang PKASN Lembaga Administrasi Negara RI
356-369
Rancang Ulang UI/UX "Polri Super App" dengan Metode Design Sprint
370-387
Menganalisis Interpretasi Putus Cinta Mahasiswa Marketing Communication BINUS LE51 melalui Percakapan di WhatsApp
388-397
Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Web untuk Agen Properti dengan Metodologi Scrum
398-413
Analisis Sentimen Crawling Data dari Sosial Media X tentang Gaza Menggunakan Metode SVM dan Decision Tree
427-437
Penerapan Manajemen Risiko dalam Software Quality Assurance: Studi Kasus Pengujian Black Box pada Aplikasi Inventori Maintenance
438-456
Klasifikasi Sentimen Masyarakat di Twitter terhadap Puan Maharani dengan Metode Modified K-Nearest Neighbor
457-467
Penerapan Simple Additive Weighting dalam Merekomendasikan Karyawan untuk Pekerjaan Pengembangan Perangkat Lunak
468-477
Analisis Sentimen terhadap RSUD Salatiga Menggunakan SVM dan TF-IDF
478-489
Implementasi Algoritma Convolutional Neural Network dalam Menentukan Kelayakan Kayu
490-498
Sentimen Analisis Penggunaan Aplikasi Canva Menggunakan Support Vector Classification
499-510
Diskursus Komunikasi Public Relations dalam Konten YouTube “Kehidupan Talitha Curtis”
511-521
Modifikasi Arsitektur dalam Convolutional Neural Network untuk Klasifikasi Batik Lampung dan Batik Yogyakarta
522-535
Prinsip Qoulan Maysuro dalam Ceramah Gus Iqdam Perspektif Tfsir Asyarowi
536-547
Media Baru dalam Dinamika Komunikasi Politik pada Era Society 5.0
548-559
Evaluasi Keamanan Sistem Informasi Rumah Sakit: Metode Pengujian ISO 27001 di RS Khusus Mata Purwokerto
560-569
Kajian Strategik Manajemen Keamanan Siber terhadap Proyek Telematika di Indonesia: Studi Kasus Kebocoran Pusat Data Nasional
570-580
Manajemen Krisis Humas (Perum BULOG) dalam Kasus Demurrage Impor Beras
581-587
Perancangan Desain UI/UX Website E-Learning Berbasis Learning Management System dengan Metode Design Thinking
598-609
Efektivitas Strategi Kampanye Pasangan Sherly Laos-Sarbin Sehe di Pilgub Maluku Utara: Kajian Media, Taktik, dan Mobilisasi Massa
610-621
Perancangan Website Preloved
622-631
Analisis Kegagalan Strategi Kampanye Ridwan Kamil - Suswono dalam Pilkada 2024
632-642
Analisis Peran Generasi Z dalam Kemenangan Pasangan Calon Dedi Mulyadi dan Erwana Setiawan pada Pilgub Jawa Barat 2024
643-651
Strategi Komunikasi Politik Digital Tri Andhianto dan Abdul Haris Bobihoe dalam Pilkada Bekasi 2024
652-662
Implementasi Metode Bagging dan Teknik Discretization pada Algoritma Machine Learning untuk Memprediksi Status Stunting pada Anak Balita
663-676
Analisis Kegagalan Pasangan Calon Husain Alting Sjah dan Asrul Rasyid pada Pilgub Malut 2024
677-687
Aplikasi Pengolahan Bantuan Sosial Berbasis Web dan Mobile di Kapanewon Kokap Kulon Progo
688-705
Peranan Komunikasi Publik pada Partai Pengusung Pilkada 2024 Kabupaten Bogor (Studi Terhadap Pasangan No 1 Rudy Susmanto dan Ade Ruhandi)
706-718
Stimulus Kultivasi pada Media Sosial dalam Mempengaruhi Kecenderungan Komunikasi Generasi Z
719-728
Klasterisasi Peserta KB Aktif di Desa Kalirejo Lawang Menggunakan Metode K-Means
729-741
Analisis Daya Tarik Iklan Shopee Flash Sale 10:10 Special Super Brand Day
742-749
Dramaturgi Personal Branding Andika-Hendrar dalam Membangun Citra Politik Melalui Instagram (Studi Kasus Kontestasi Calon Pilgub Jateng 2024)
750-759
Penerapan Sistem Informasi Penjualan Produk Skincare Merek Aftermyskin dengan Metode CRM pada Toko Aftermyskin di Kota Bandar Lampung
760-771
Rancang Bangun Aplikasi Inventory Produksi Kayu Berbasis Web dan Mobile: Studi Kasus UD Sulur Jati
772-784
Analisis Peramalan Jumlah Penjualan Susu pada PT. Superindo Utama Jaya Menggunakan Metode Weighted Moving Average
785-794
AIpreneurship: Membangun Kewirausahaan Berbasis Kecerdasan Buatan di Era Digital Bagi Mahasiswa
795-804
Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android 2D "Nawa Sanga" dengan Penerapan Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
805-818
Analisis Kemenangan Pasangan Calon Andra Soni dan Dimyati Natakusumah dalam Pilgub Banten 2024
819-829
Analisis dan Rekomendasi Keamanan Website Kampus X Menggunakan ISSAF
830-843
Peran Humas Kemendikbudristek dalam Upaya Transparansi Informasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
844-856
Cognitive Communication terhadap Persepsi Penonton pada Film Sweet Loan (Studi Kasus pada Akun Instagram @homesweetloanfilm)
857-868
Representasi Kesetiaan dalam Film Pendek “Ruang Tunggu” (Analisis Semiotika Roland Barthes)
869-881
Strategi Marketing Public Relations untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kota Bandar Lampung
882-893