Stimulus Kultivasi pada Media Sosial dalam Mempengaruhi Kecenderungan Komunikasi Generasi Z

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Aldy

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Syukur Kholil

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aldy, & Kholil, S. (2025). Stimulus Kultivasi pada Media Sosial dalam Mempengaruhi Kecenderungan Komunikasi Generasi Z. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 6(1), 719-728. https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1.1307
Section
Articles
Author Biographies

Aldy, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Program Studi Doktor Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Syukur Kholil, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Program Studi Doktor Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

References
Aprilia, C. A., Wahyuni, S. I., & Sari, W. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Generasi Z Sebagai Media Pembelajaran Era Post Pandemi. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(3), 530-536.

Budury, S., & Fitriasari, A. (2019). Penggunaan media sosial terhadap kejadian depresi, kecemasan dan stres pada mahasiswa: use of social media on events of depression, anxiety and stress among university students. Bali Medika Jurnal, 6(2), 205-208. https://doi.org/10.36376/bmj.v6i2.87.

Cahya, M. N., Ningsih, W., & Lestari, A. (2023). Dampak media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja: tinjauan pengaruh penggunaan media sosial pada kecemasan dan depresi remaja. Jurnal Sosial Teknologi, 3(8), 704-706. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i8.917.

Dela, Y. F. (2022). Pola dan Peran Komunikasi Interpersonal antara Pelatih dengan Atlet dalam Membangun Motivasi Berprestasi Klub Woodball Kabupaten Grobogan. Sport Pedagogy Journal, 11(2), 68-78. https://doi.org/10.24815/spj.v11i2.28293.

Halomoan, T. J., Nugroho, M. A., & Risqiani, R. (2023). PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KEGIATAN PEMASARAN DAN REPUTASI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DAN KETERLIBATAN POLITIK GENERASI Z. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(1), 441-461. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.48084.

Ihsani, A. F. A., & Febriyanti, N. (2021). Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual dalam Perilaku Bermedia Masyarakat di Era Digital. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 2(1), 442713.

Islami, S. N., & Abrian, R. (2023). Membaca Tren Kesepian Generasi Z dalam Lagu Penjaga Hati: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough: Reading Generation Z's Loneliness Trend in the song Penjaga Hati: A Norman Fairclough Critical Discourse Analysis. Jurnal Bastrindo, 4(2), 170-186. https://doi.org/10.29303/jb.v4i2.1368.

Juliana, R., Bakar, R. M., & Hamid, A. N. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(6), 1067-1079. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i6.2381.

Mendrofa, C. N. R., & Aprilia, N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial oleh Generasi Z sebagai Media Pembelajaran (Utilization of Social Media By Generation Z As A Learning Medium). Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 20-31. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.22874.
Mudiani, W. O. (2023). Persepsi Pemilih Pemula Terhadap Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Kampaye Pada Pemilu 2024. Journal on Education, 6(1), 3273-3278. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3392.

Mutiara, T., & Kusumawardhani, D. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Keterlibatan Belajar Mahasiswa Generasi Z. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 192-201. https://doi.org/10.17977/um039v5i22020p192.

Nugroho, C. (2021). PELATIHAN LITERASI DIGITAL DAN PRODUKSI KONTEN POSITIF UNTUK REMAJA MASJID DI KABUPATEN BANDUNG. Prosiding PKM-CSR, 4.

Permana, A. A. (2022). Pengaruh Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Politik dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(5), 200-209. https://doi.org/10.56393/decive.v2i5.1667.

Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1-19.

Putri, M. P., Jasmine, A. A., Latiana, L., & Formen, A. (2022). Keterampilan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Guru Dalam Penerapan Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid 19. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 66-71. https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.342.

Ramkita, M., & Muslim, M. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI POLITIK (STUDI KASUS SOSIAL MEDIA DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA PROVINSI SUMATERA SELATAN). SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum, 2(6), 538-546.

Riana, D., Subekti, A., Pardede, H. F., Putra, Z. P., & Aziz, F. (2022). Penyuluhan Literasi Media untuk Bijak di Media Sosial dan Pemanfaatan Media Digital. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1522.

Romansa, C., & Astuti, N. W. (2023). HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 852-862. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.188.

Rosmawardani, A. J. A., & Patmisari, P. (2023). Analisis Peran Guru dalam Membangun Nilai-Nilai Demokrasi Siswa melalui Pembelajaran PPKn di MAN 2 Ponorogo. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5532-5541. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2044.

Safitri, R., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Edukasi Hukum Melalui Media Sosial Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 377-385. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1517.

Sahputra, D., Habibah, P., & Fitria, D. (2023). Munculnya Kecemasan Sosial sebagai Masalah Kesehatan Mental pada Pengguna Media Sosial. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 4(1), 17-25. https://doi.org/10.25008/caraka.v4i1.86.

Saputri, A. D., Ningsih, C., & Sukarni, N. F. (2023). Strategi Humas Ditjen Diktiristek Dalam Mempublikasikan Program Kampus Merdeka Melalui Website dikti. kemdikbud. go. id. Jurnal Cyber PR, 3(1), 53-65. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v23i1.3189.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2020). Penanaman etika komunikasi digital di pesantren melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 128-140. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.24538.

Sirajuddin, K. K., & Siswanti, D. N. (2023). Hubungan harga diri dengan kepuasan hidup generasi z pengguna media sosial instagram. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(2), 255-265.

Swarna, M. F., Sabarudin, A. P., Bilqis, T. D., & Anwar, I. I. (2024). Pengaruh Emoji Whatsapp: Analisa Penerimaan Pesan Komunikasi Remaja di Universitas Djuanda Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1608-1628. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11876.

Tamala, N., Sahrani, R., & Dewi, F. I. R. (2024). Tantangan Digital: Prokrastinasi Akademik dan Penggunaan Smartphone pada Remaja SMA. Psyche 165 Journal, 87-94. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v17i2.359.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550.