Rancang Bangun UI/UX dengan Metode Design Thinking pada Aplikasi Laundry Quick and Clean Berbasis Mobile

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Anak Agung Adi Wiryya Putra

Universitas Pendidikan Nasional

Ni Komang Dewi Mahayani

Universitas Pendidikan Nasional

Benedito Nidio Da Rosa Maia Tilman

Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, A. A. A. W., Mahayani, N. K. D., & Tilman, B. N. D. R. M. (2025). Rancang Bangun UI/UX dengan Metode Design Thinking pada Aplikasi Laundry Quick and Clean Berbasis Mobile. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 6(1), 187-197. https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1.1145
Section
Articles
Author Biographies

Anak Agung Adi Wiryya Putra, Universitas Pendidikan Nasional

Universitas Pendidikan Nasional, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia.

Ni Komang Dewi Mahayani, Universitas Pendidikan Nasional

Universitas Pendidikan Nasional, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia.

Benedito Nidio Da Rosa Maia Tilman, Universitas Pendidikan Nasional

Universitas Pendidikan Nasional, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia.

References
Adyaksa, A. C. G., Santoso, D. B., & Razaq, J. A. (2024). Perancangan UI/UX aplikasi e-learning kampus Universitas Stikubank dengan menggunakan metode design thinking. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(3), 2402-2412. DOI: https://doi.org/10.35870/jimik.v5i3.906.

Ashiddiq, M. N. (2024). Perancangan Ui/Ux Learning Management System (Lms) Aplikasi Mobile Edu-Learn Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(1). DOI: https://doi.org/10.23960/jitet.v12i1.3693.

Aulia, S., & Syahidin, Y. (2023). Perancangan UI/UX dengan Metode Design Thinking Pada Shoekuna Shoe Laundry Berbasis Mobile. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 7(1), 211-219. DOI: http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v7i1.585.

Bhakti, F. K., Ahmad, I., & Adrian, Q. J. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2).

Joo, K. M., & Kim, H. (2017). A Study on Mobile Application UI/UX Design of Color Conversion for the Color Vision Defectives. Journal of the Korean Society Design Culture, 23(2), 669-682.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13 (1), 116–152.
Muflihah, A., Nugraha, B., & Ridha, A. A. (2024). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI TOKO KUE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 8049-8057. DOI: https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.10651.

Nabawi, M. R., Wulandari, F., Safaat, N., & Darmizal, T. (2024). Penerapan desain UI/UX pada aplikasi buku kas laundry menggunakan metode Lean UX. Journal of Information System Research, 5(3), 862–872. DOI: https://doi.org/10.47065/josh.v5i3.5082.

Narizki, M. J., Widyanto, R. A., & Prabowo, N. A. (2023). Perancangan UI/UX sistem penerimaan mahasiswa baru berbasis perangkat mobile dengan metode Design Thinking. Journal of Information System Research (JOSH, 4(4), 1127–1135. DOI: https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3652.

Purbaningrum, S. A. S. C., & Mustika, W. P. (2023). Analisa Desain UI/UX Aplikasi Pemesanan Gas Elpiji (APALJI) Berbasis Android Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Sosial Teknologi, 3(10), 862-870. DOI: https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i10.921.

Rafi Taqiyuddin, M. N., & Indryanti, B. (2024). Perancangan aplikasi laundry berbasis Android dengan menggunakan metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). DOI: https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4266.

Sari, I. P., & Setiawan, D. (2022). Aplikasi D’Laundry berbasis Android menggunakan model Design Thinking. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 2(3), 136–142. DOI: https://doi.org/10.51577/ijipublication.v2i3.335.

Sasongko, A., Maulana, M. S., & Risdiansyah, D. (2023). Penerapan desain UI/UX pada aplikasi laundry menggunakan metode User Centered Design (UCD). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 11(2), 149–155. DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.21346.

Siricharoen, W. V. (2021). Using empathy mapping in design thinking process for personas discovering. In Context-Aware Systems and Applications, and Nature of Computation and Communication: 9th EAI International Conference, ICCASA 2020, and 6th EAI International Conference, ICTCC 2020, Thai Nguyen, Vietnam, November 26–27, 2020, Proceedings 9 (pp. 182-191). Springer International Publishing.

Stevens, A., Birchfield, T., Swensen, K., Banda, J., & Cho, J. (2021). User Interface and User Experience Testing of an Online Translation of the REACH II Intervention: GamePlan4Care. Innovation in Aging, 5(Suppl 1), 4. DOI: https://doi.org/10.1093/geroni/igab046.013.

Weni Oktavia Agus, F., Okmayura, F., Wahyuni, S. T., Shawenner, G., Angguni, M., & Syahputri, D. (2024). Implementasi metode Design Thinking dalam perancangan UI/UX pada aplikasi “Resep Kita.” Jurnal Fasilkom, 14(1), 156–165. DOI: https://doi.org/10.37859/jf.v14i1.6637.

Yunita, Y., Fitriana, S. L., & Amalia, H. (2022). Rancang Bangun Pelayanan Jasa Laundry Pada Saidi Laundry Berbasis Mobile. Jurnal INSAN Journal of Information System Management Innovation, 2(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.31294/jinsan.v2i1.1032.