Media Baru dalam Dinamika Komunikasi Politik pada Era Society 5.0

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Arya Fandhy

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Khairul Umam

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Nur Saadah Harahap

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Nurul Adha Almayora Nasution

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fandhy, A., Umam, K., Harahap, N. S., & Nasution, N. A. A. (2025). Media Baru dalam Dinamika Komunikasi Politik pada Era Society 5.0. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 6(1), 548-559. https://doi.org/10.35870/jimik.v6i1.1280
Section
Articles
Author Biographies

Arya Fandhy, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Khairul Umam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Nur Saadah Harahap, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Nurul Adha Almayora Nasution, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

References
Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arpandi, A. (2023). Media Online dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 843-855. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.293.

Bhakti, S. E. (2020). Ruang publik dan media sosial: partisipasi politik mahasiswa indonesia. Jurnal kajian media, 4(1), 1-10.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Faridah, F., Suriati, S., Asriadi, A., Mulkiyan, M., Estuningtyas, R. D., & Yusuf, M. (2024). HAMBATAN DAN SOLUSI DALAM KOMUNIKASI POLITIK DI ERA KONTEMPORER. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(1), 47-59. https://doi.org/10.47435/retorika.v6i1.2678.

Firmansyah, J., Apriansyah, A., & Leriska, N. T. (2023). KOMUNIKASI POLITIK DAN CITRA PARTAI (STUDI PADA PARTAI GELOMBANG RAKYAT INDONESIA KABUPATEN SUMBAWA). Jurnal Trias Politika, 7(1), 61-75.

Guntur, A. M., Unde, A. A., & Hasrullah, H. (2023). Media Mainstream Sebagai Sarana Komunikasi Politik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7307-7310.

Hayat, M. A., Jayadiningrat, S., Wibisono, G., & Iyansyah, M. I. (2021). Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(01), 104-114. https://doi.org/10.36418/jist.v2i1.61.

Hidayati, F. R. (2021). Komunikasi Politik dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 145-161. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2385.

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). Kehadiran media baru (new media) dalam proses komunikasi politik. Medium, 8(1), 1-17. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820.

Indrawan, J., Barzah, R. E., & Simanihuruk, H. (2023). Instagram sebagai media komunikasi politik bagi generasi milenial. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 170-179. https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4519.

Majid, N. (2023). Strategi Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Umum Di Era Digital. PERSEPTIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 53-61.

Meifilina, A. (2021). Media sosial sebagai strategi komunikasi politik Partai Golkar dalam melakukan pendidikan politik. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 101-110. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.80.

Moleong, L. J. (2006). A. Metode Penelitian. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Munzir, A. A. (2019). Beragam peran media sosial dalam dunia politik di Indonesia. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 7(2), 173-182. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2691.

Mutiah, M. T., & Diana, R. (2023). PERAN KAMPANYE MEDIA SOSIAL DALAM PERILAKU PEMILIH MUDA DI DKI. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(2), 297-304. https://doi.org/10.53565/nivedana.v4i2.990.

Nasution, F. A., Sembiring, D. N., Simatupang, I. A., Lintang, A. I., & Ardian, M. (2023). Strategi Komunikasi Politik Kepala Desa Di Desa Suka Makmur Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022-2028. KomunikA, 19(02), 36-41. https://doi.org/10.32734/komunika.v19i02.10246.

Nofiard, F. (2022). Komunikasi Politik Digital di Indonesia. Al-Hiwar Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 10(2), 31-40. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v10i2.7548.

Purnawati, J., & Kurniawati, D. (2023). ANALISIS EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DI ERA DIGITAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PADA IGENERATION (GEN Z) DI MASA PEMULIHAN PANDEMI COVID-19: STUDI DESKRIPTIF MIKOM USU 2022. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi & Komunikasi Kepustakawanan, 13(1). https://doi.org/10.20473/jpua.v13i1.2023.61-68.

Rachman, M. N. R., & Hasfi, N. (2023). Komunikasi tanpa Deliberasi: Komunikasi Politik Online Konflik Agraria Wadas di Twitter@ ganjarpranowo. Jurnal Audiens, 4(2), 182-202. https://doi.org/10.18196/jas.v4i2.16.

Rahmah, S. (2021). Personal branding ganjar pranowo untuk membangun komunikasi politik di media sosial instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 94-101. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5584.

Ramkita, M., & Muslim, M. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI POLITIK (STUDI KASUS SOSIAL MEDIA DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA PROVINSI SUMATERA SELATAN). SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hukum, 2(6), 538-546.

Sahari, S., & Arifuddin, A. F. P. (2021). Pendidikan Politik dan Isu Agama dalam Pilpres (Studi pada Mahasiswa IAIN Manado dan UIN Makassar)(Political Education and Religious Issues in the Presidential Election (Study on Students of IAIN Manado and UIN Makassar)). Potret Pemikiran, 25(1), 44-59. https://doi.org/10.30984/pp.v25i1.1424.

Salam, A. (2023). Metode penelitian kualitatif. CV. Azka Pustaka.

Sarinastiti, N., & Fatimah, P. S. (2019). Edukasi komunikasi politik dalam menciptakan kesadaran dan minat pemilih perempuan. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 44-58.

Sjoraida, D. F., Dewi, R., Adi, A. N., & Dipa, A. K. (2021). Penggunaan media sosial dalam membangun reputasi anggota legislatif di Jawa Barat. PRofesi Humas, 6(1), 89-110.

Supit, G. R. A., & Wuryanta, A. E. W. (2021). Media sosial sebagai media politik dalam pilkada (Studi kasus pemanfaatan media sosial dalam pilkada kabupaten sukabumi 2020). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(3), 314.
Themi, I., & Perdana, A. (2021). Pengaruh Tagar# 2019gantipresiden Terhadap Partisipasi Politik Milenial. TheJournalish: Social and Government, 2(1), 137-149. https://doi.org/10.55314/tsg.v2i1.59.

Wibisono, D. D., Puspa, R., & Widodo, S. (2023). Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar dalam Mempertahankan Suara Partai Sebagai Partai Tengah. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 832-842. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.284.