Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Sahabat_umkm: Studi Uses and Gratification Sebagai Upaya Edukasi Pelaku Usaha Mikro

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Abstract

Article Summary

Keywords

Article Keywords

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratama, M. T. R., Pamungkas, I. N. A., & Pramesthi, J. A. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Sahabat_umkm: Studi Uses and Gratification Sebagai Upaya Edukasi Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 1299-1308. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.652
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Tarel Rizky Pratama, Universitas Telkom

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Indra Novianto Adibayu Pamungkas, Universitas Telkom

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Jasmine Alya Pramesthi, Universitas Telkom

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

References
Ariyanto, A., Andi, D., Abid, M., Oktavianti, N., Amelia, R. W., Wiguna, M., ... & Devi, W. S. G. R. (2021). Entrepreneurial Mindsets & Skill. Diedit oleh Hadion Wijoyo, 1.

Cnbcindonesia.id. (2023, January 19). Shopee-Tokopedia Minggir, Ini Raja E-commerce Indonesia. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230119105930-37-406715/shopeetokopedia-minggir-ini-raja-e-commerce-indonesia.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2). DOI: https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.178.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, No. 1). Cv. Alfabeta.

Helen, H., & Rusdi, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram@ Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355-362. DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712.

Jakartainsider.id. (2023). Pasar Tanah Abang Jakarta sepi, Pasar Beringharjo Yogyakarta juga sama, puluhan kios tutup karena e-commerce - Jakarta Insider. Retrieved from https://www.jakartainsider.id/ekbis/73110252200/pasar-tanah-abang-jakarta-sepipasar-beringharjo-yogyakarta-juga-sama-puluhan-kios-tutup-karena-e-commerce.

Kominfo.go.id. (2023). Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kompas.com. (2023a, November 29). Sekjen Asosiasi UMKM: 70-80 Persen UMKM Indonesia Belum Melek Digital. Kompas.com.

Lioni, L., & Sari, W. P. (2022). Analisis Fungsi Media Instagram bagi Promosi Felize Beauty Bar. Kiwari, 1(2), 315-321. DOI: https://doi.org/10.24912/ki.v1i2.15606.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2010). Theories of human communication. Waveland press.

Mahdi, M. I. (2022). Berapa jumlah UMKM di Indonesia. dataindonesia. id.

Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).
Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51-65.

Puspitaningtyas, Z., & Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Radiansyah, E. (2022). Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital: Tinjauan Literatur Dan Arah Penelitian Masa Depan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(2), 828-837. DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.41351.

Stier, S., Bleier, A., Lietz, H., & Strohmaier, M. (2020). Election campaigning on social media: Politicians, audiences, and the mediation of political communication on Facebook and Twitter. In Studying Politics Across Media (pp. 50-74). Routledge. DOI: https://doi.org/10.1080/10584609.2017.1334728.

Tambunan, T. T. (2012). Peran usaha mikro dan kecil dalam pengentasan kemiskinan di daerah. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 4(2), 73-92. DOI: https://doi.org/10.21787/jbp.04.2012.73-92.

Wulansari, A. D. (2016). Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian.