Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi (JIMIK) Vol. 5 No. 2 (2024) menyajikan berbagai penelitian inovatif di bidang manajemen informatika dan komunikasi. Edisi ini mencakup studi mengenai penerapan jurnalisme pariwisata oleh media online lokal Bengkulu Ekspress, serta strategi mobile journalism yang meningkatkan kinerja peliputan wartawan di TribunBengkulu.com. Ada juga penelitian mengenai prediksi harga mobil bekas di India menggunakan model regresi linier dan visualisasi Power BI. Artikel lain membahas aplikasi augmented reality untuk mengenal senjata tradisional Yogyakarta, pelanggaran privasi anak dalam praktik sharenting, dan strategi komunikasi pemasaran kosmetik untuk Gen Z. Selain itu, beberapa penelitian menyoroti implementasi algoritma dalam klasterisasi kasus stunting, pengembangan aplikasi berbasis web dan mobile, serta analisis framing pemberitaan di media online. Edisi ini juga mencakup studi tentang komunikasi pemasaran melalui media sosial dan dampaknya terhadap brand equity serta minat beli konsumen.
DOI: https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2
Published: 2024-05-10
Articles
Media Online Lokal dalam Menerapkan Jurnalisme Pariwisata (Studi Pada Media Online Lokal Bengkulu Ekspress)
1079-1089
Strategi Mobile Journalism dalam Meningkatkan Kinerja Peliputan Wartawan (Studi pada Media TribunBengkulu.com)
1090-1096
Penerapan Model Regresi Linier dalam Prediksi Harga Mobil Bekas di India dan Visualisasi dengan Menggunakan Power BI
1097-1110
Aplikasi Pengenalan Senjata Tradisional Yogyakarta Berbasis Augmented reality
1111-1120
Pelanggaran Batas Privasi Anak dalam Praktik Sharenting pada Kalangan Selebriti Indonesia
1121-1130
Strategi Komunikasi Pemasaran MAD For Makeup dalam Menciptakan Brand Image Sebagai Merek Kosmetik untuk Gen Z
1131-1142
Kombinasi Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis pada Pengukuran Kualitas Website Stock Exchange
1143-1159
Inovasi Aplikasi Sikepo dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kabupaten Bojonegoro
1160-1169
Manajemen Kegiatan Keagamaan Generasi Remaja (Genre) dalam Pencegahan Stunting di Kota Binjai
1170-1178
Membangun Kesehatan Mental Generasi Alpha: Urgensi Konseling dalam Mengatasi Tantangan Bullying di Era Sosial Media Melalui Komunikasi Empati
1179-1185
Optimalisasi Isi Situs Informasi Magister Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
1186-1192
Implementasi Algoritma K-Means dalam Klasterisasi Kasus Stunting pada Balita di Desa Randudongkal
1193-1205
Penerapan Data Mining untuk Menentukan Produk Terlaris pada PT Joynare Mitra Teknologi menggunakan Metode Naive Bayes
1206-1222
Sistem Keamanan Kendaraan Jarak Jauh Menggunakan GPS Berbasis NODEMCU ESP8266
1223-1232
Perancangan Mobile App Digital Marketing Milkyo dengan Metode Prototype Design
1233-1244
Implementasi Intelejen Bisnis dengan Visualisasi Data Gaji dan Algoritma Linear Regresion
1245-1259
Penerapan Metode C4.5 dalam Prediksi Penjualan Tim Bev 1 pada PT. Surya Pangan Sejahtera Bekasi Jawa Barat
1269-1278
Manajemen Badan Amil Zakat Nasional Sumatera Utara dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Mustahik
1279-1287
Gambaran Komunikasi Pemberdayaan dalam Komunitas UMKM Kreatif Kota Bontang
1288-1298
Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Sahabat_umkm: Studi Uses and Gratification Sebagai Upaya Edukasi Pelaku Usaha Mikro
1299-1308
Retorika Gubernur Provinsi Kalimantan Timur dalam Menghadapi Jurnalis Terkait Berita Lubang Tambang
1309-1319
Aplikasi Survei Kepuasan Peserta Diklat Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Pelayanan Diklat
1320-1331
Pengembangan Aplikasi Catering Pada Rumah Makan Berbasis Mobile
1332-1343
Makna Generasi Sandwich Pada Film Cinta Pertama, Kedua, dan Ketiga (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)
1344-1351
Implementation of Electronic Seal Cargo at Cikarang Dry Port to Support National Logistics System
1352-1361
Optimalisasi Sistem Manajemen Barang dalam Bisnis Sewa Properti melalui Implementasi Appsheet (Studi Kasus: Sewa Rumah BSB)
1362-1372
Implementasi Python-PPTX dan Dom-to-Image dalam Pembangunan Sistem Otomatisasi Laporan Berbasis Web di PT. XYZ
1373-1382
Perancangan Sistem Emergency Call untuk Pengendara Bermotor Berbasis Mobile
1383-1394
Metode Dakwah Islam dalam Menanamkan Pemahaman Agama Bagi Siswa Tunagrahita di SLB YPAC Medan Timur
1395-1402
Penerapan Arsitektur Model View Controller dan Framework Zend dalam Pengembangan Aplikasi Category Online di PT XYZ
1403-1412
Implementasi Google Cloud Pub/Sub menggunakan Metode Subscription Pull dalam Pengiriman Data Promosi Toko di PT XYZ
1413-1421
Analisis Framing Pemberitaan Relokasi Pulau Rempang pada Media Online kompas.com dan detik.com
1422-1431
Penerapan Metode Human Centered Design pada Perancangan Sistem Informasi Curhat Online Berbasis Web
1432-1441
Hubungan Parasosial Army di Weverse (Studi Pada Komunitas Army Balikpapan)
1442-1458
Exploration Of Subjective Norms Of Tourists In The Application Of Planned Behavior Theory To Predict The Intention To Visit Tourist Objects In Indonesia
1459-1466
Social Media Marketing Strategies and Their Impact on Brand Equity and Buying Interest in Cake & Bakery
1467-1474
The Effect of Compensation and Motivation on Employee Performance at Wai Tiddo Nature Tourism, Luwu Regency
1475-1484
Pengembangan Modul Stock Fulfillment Online Transaction pada Aplikasi Distribution Center System menggunakan Framework Flask di PT.XYZ
1485-1494
Pengembangan Sistem Reservasi Barbershop Berbasis Web Dan Mobile
1495-1503
Pengembangan Aplikasi Sistem Informaasi Pariwisata Gunungkidul menggunakan Metode Location-Based Service
1504-1507
Pembuatan Website REST API Ensiklopedia Tumbuhan dengan Kombinasi Framework Spring Boot dan MyBatis Generator
1508-1520
Penerapan dan Analisis Metode Social Network Analysis untuk Menentukan Rekomendasi Diskon dengan Menggunakan Library NetworkX
1521-1531
Pengembangan Sistem Oracle Forms untuk Optimisasi Proses Penjualan di PT.XYZ
1532-1542
Pembuatan REST API Manajemen Data Karyawan Berbasis Website Menggunakan Spring Boot
1543-1552
Rancang Bangun Computer Based Test (CBT) Berbasis Web
1553-1566
Perancangan Aplikasi Pencatatan Keuangan Menggunakan Appsheet Studi Kasus Pada Karang Taruna Berdikari Ngasem Utara
1567-1575
Aktivitas Komunikasi Pemasaran Joongla Melalui Word Of Mouth
1576-1583
Evaluasi User Interface Pada Sistem Informasi E-Kinerja Kabupaten Muara Enim Dengan Metode System Usability Scale (SUS)
1584-1601
Komunikasi Organisasi dalam Proses Pembentukan Budaya Organisasi Melalui Agent Of Change
1602-1610
Deteksi Antusiasme Siswa dengan Algoritma Yolov8 pada Proses Pembelajaran Daring
1611-1618
Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Fauna Berbasis Mobile Android
1619-1628
Analisis Bahasa Jurnalistik Majalah LPM Dinamika UIN Sumatera Utara Edisi 62
1629-1638
Pesan Moral Dalam Film Petualangan Sherina 2 Analisis Semiotika Roland Barthes
1639-1648
Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Pembelajaran Metamorfosis Kupu-Kupu
1649-1657
Penggunaan Podcast Redaksi Siniar LPM Dinamika Sebagai Media Informasi Akademik Mahasiswa
1658-1666
Framing Pemberitaan Bullying Binus School Serpong di Media Jurnalistik Online Tirto.Id dan Tempo.Co
1667-1675
Analisis Trik dan Teknik Marketing Generasi Z dalam Mempromosikan Produk Somethinc di Instagram
1676-1684
Peramalan Persediaan Barang Menggunakan Metode Weighted Moving Average di CV. Multipaper Stationery
1685-1694
Analisis Kualitas Komunikasi Interpersonal Customer service dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda
1695-1703
Strategi Dakwah Komunitas Sahabat Remaja Salihah dalam Menjaga Kehormatan Wanita Generasi Z di Kecamatan Medan Marelan
1704-1712
Strategi Komunikasi Pemasaran UD. Mitra Taman Jalan Lapangan Golf Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu dalam Meningkatkan Minat Konsumen
1713-1725
Implementasi Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Bimbingan Pre-Marital Health di Klinik Nikah (KLIK) Medan
1726-1736
Strategi Komunikasi Digital Marketing di Royal Konveksi Production (CV. Royal Putra Hutama)
1737-1749
Pembentukan Personal Branding Rachel Vennya sebagai Influencer dan Entrepreneur di Media Instagram
1761-1771
Strategi Komunikasi Pemasaran Digital My Nasha Hotel Tigaras dalam Meningkatkan Pengunjung
1772-1778
Menggali Maskulinitas Analisis Rekonstruksi KAHF untuk Pemasaran yang Efektif
1779-1790
Brand Image Pemkab Simalungun dalam Merekonstruksi Objek Wisata Umbul Mabar
1791-1798
Analisis Self Control Penggunaan Gadget pada Perilaku Prokrastinasi : (Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara)
1799-1808
Manajemen Pengadilan Agama dalam Memediasi Perceraian di Kota Medan
1809-1818
Optimisasi Pengecekan Anomali pada Proses Job: Analisis Waktu dan Data untuk Identifikasi Anomali yang Efisien
1819-1832
Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Gereja di Gereja GMIM Nimahesaan Pinaras
1833-1845
Pembuatan Chatbot Telegram untuk Layanan Pencarian Al-Quran
1846-1857
Aplikasi Mobile Digital Library SMP N 1 Kaliori Kabupaten Rembang
1858-1866
The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction at Saripul Motorcycle Workshop, Lesung Batu Village, Pagar Gunung District, Lahat Regency
1867-1878
Analisis Pola Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa dalam Membentuk Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB C Karya Tulus)
1879-1892
Konflik Komunikasi Peran Ganda (Double Burden) Perempuan (Studi Kasus : Masyarakat Desa Sumber Melati Diski Kabupaten Deli Serdang)
1893-1901
Representasi Tantangan Jurnalis Pada Film Dokumenter “Cyber Hell : Exposing An Internet Horror” (Analisis Semiotika Roland Barthes)
1902-1912
Media Digital dan Gerakan Sosial: Analisis Logika Aksi Konektif
1913-1920
Sistem Informasi Penjualan Kayu dan Keramik Berbasis Website (Studi Kasus: UD. ABC Jendral Sudirman Salatiga)
1938-1946
Perancangan Sistem Inventory Berbasis Web Menggunakan Framework Flask : PT. Gagas Mitra Jaya (Area Salatiga)
1947-1959
The Effectiveness Of Village Financial Management On The Welfare Of The People Of Lubuk Sepang Village, Pendopo District, Empat Lawang Regency
1960-1967
Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Untuk Bisnis Pariwisata Indonesia
1968-1979
Pengembangan Sistem Deteksi On-Shelf Availability Produk Menggunakan Algoritma YOLOV8 pada Aplikasi Beregerak
1980-1988
Strategi Corporate Social Responsibility Pamella Satu Supermarket Yogyakarta Dalam Membangun Brand Loyalty
1989-2000
Representasi Pesan Edukasi dalam Film “Di Bawah Umur” (Analisis Semiotika John Fiske Tentang Perilaku Remaja Gen-Z)
2001-2010
Pengaruh User experience Terhadap Customer Satisfaction dengan E-service quality Sebagai Mediator pada Blibli: A Conceptual Paper
2011-2023
Implementasi Monitoring Sistem Perusahaan On-Premises dan Cloud Menggunakan Teknologi Jenkins
2024-2038
Analisis Semiotika Roland Barthes Pesan Moral Pada Film Avatar: The Last Airbender (Live Action) Episode 8
2039-2049
Strategi Pimpinan dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tilawatil Qur’an di Rumah Qur’an Umi Kartini Medan
2050-2058
Implementasi Aplikasi Reservasi Tiket Pada Hutan Pinus Kalilo Purworejo Berbasis Mobile
2059-2069
Pengembangan Aplikasi Android untuk Monitoring Suhu dan Kelembaban berbasis Internet of Things
2070-2080
Peran Komunikasi Interkultural dalam Penguatan Moderasi Beragama Pada Masyarakat Kota Medan (Analisis FKUB di Medan)
2081-2095
Pengembangan Aplikasi Penjualan Pakaian Berbasis Android
2096-2105
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan SMA/SMK Terbaik di Kabupaten Malaka dengan Metode COPRAS
2106-2117
Komunikasi Masyarakat Muslim dalam Membangun Sikap Toleransi di Desa Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara
2118-2124
Analisis Konten Husein Basyaiban Terhadap Pemboikotan Produk-Produk yang Mendukung Israel melalui Media TikTok
2125-2134
Education Quality Management: Communication Management and the Principal Strategy in Improving the Quality of Education at SMPN Medan
2135-2144