Dampak Persepsi Konsumen dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian: Studi Empiris di Sektor Kuliner

Main Article Content

Taufiq Iqbal
Ismail
Anisah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di sektor kuliner. Melalui pendekatan kuantitatif deskriptif, data diperoleh dari 100 responden yang pernah melakukan pembelian di restoran yang menjadi objek penelitian. Variabel independen yang diteliti meliputi persepsi konsumen dan kualitas pelayanan, sementara variabel dependen adalah keputusan pembelian. Analisis menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa kedua variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih dominan dibanding persepsi konsumen. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa persepsi konsumen dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara terpisah. Uji simultan (uji F) mengonfirmasi bahwa kedua variabel ini secara bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R²) sebesar 52,5% menunjukkan bahwa lebih dari separuh variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh persepsi konsumen dan kualitas pelayanan. Temuan ini memberikan panduan strategis bagi manajemen restoran untuk meningkatkan persepsi konsumen dan pelayanan secara simultan guna mendorong keputusan pembelian dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Iqbal, T., Ismail, & Anisah. (2024). Dampak Persepsi Konsumen dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian: Studi Empiris di Sektor Kuliner. Jurnal Manajemen Dan Teknologi, 1(2), 45-57. https://doi.org/10.35870/jmt.v1i2.1107
Section
Articles
Author Biography

Anisah, STMIK Indonesia Banda Aceh

Bio Statement (e.g., department and rank)

References

Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh brand image dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50-62. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.253
Fernando, A. and Mayliza, R. (2019). Pengaruh persepsi dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian makanan siap saji fried chicken pada d’besto di kota padang cabang siteba.. https://doi.org/10.31219/osf.io/srg86
ghulam, R. (2023). Pengaruh kualitas produk, layanan dan harga terhadap keputusan pembelian mie ayam btp. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(2), 22-32. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i2.79
Hadiyatno, D., Ariwibowo, I., Wijaya, M. Z., Maswati, M., & Oktora, R. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan pt. abadi raya commerce balikpapan. Media Riset Ekonomi [MR.EKO], 2(1), 1-10. https://doi.org/10.36277/mreko.v2i1.243
Haque, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. E-Mabis Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 31-38. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.476
Hurdawaty, R. and Madaniyah, U. (2020). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pada domino’s pizza lippo karawaci utara. Jurnal Mandiri Ilmu Pengetahuan Seni Dan Teknologi, 4(1), 66-79. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.105
Khadka, O. B., Moda, A., Sahoo, D., Sarkar, V., & Das, S. (2023). Predict the risk factor of the possibility of death for not having a bridge in nepal by using multiple regression analysis. International Journal of Engineering Technology and Management Sciences, 7(2), 99-107. https://doi.org/10.46647/ijetms.2023.v07i02.012
Oscar, Y. and Keni, K. (2019). Pengaruh brand image, persepi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300
Pardede, R. and Haryadi, T. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870
Primatika, R. A., Sumiarto, B., Widiasih, D. A., Drastini, Y., Susetya, H., Nugroho, W. S., … & Putri, M. K. (2023). Risk map of african swine fever in dairi district, north sumatra province. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1174(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1174/1/012013
Rahmawaty, F. (2023). Pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada faw coffee victor kota tangerang selatan. JISM, 3(1), 69. https://doi.org/10.32493/jism.v3i1.28926
Savia, E., Marsudi, E., & Makmur, T. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan konsumen rumah makan aditya jaya di kabupaten aceh besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 2(1), 163-174. https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i1.2193
Silvan, A. (2023). Pengaruh modal kerja dan penjualan terhadap laba bersih pada pt mulia industrindo tbk jakarta. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 759-769. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.3434
Supriyani, R. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada xavier marks gading serpong. JISM, 3(4), 810. https://doi.org/10.32493/jism.v3i4.34776
Sutisna, N. (2023). Implementasikan sistem informasi dalam mendukung perilaku pembelian terhadap keputusan pembelian e-commerce. Jurnal Mentari Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 20-30. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.343
Widayanto, M., Wang, L., & Syarifah, L. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 29-40. https://doi.org/10.53682/mk.v4i1.5821

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'