Pelatihan Membuat Proposal Bisnis dengan Model Bisnis Canvas

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Nana Supriatna Sonjaya

Universitas Wiralodra

Agus Yudianto

Universitas Wiralodra

Meddy Nurpratama

Universitas Wiralodra

Taufansyah Firdaus

Universitas Wiralodra

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sonjaya, N. S., Yudianto, A., Nurpratama, M., & Firdaus, T. (2025). Pelatihan Membuat Proposal Bisnis dengan Model Bisnis Canvas. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(2), 365-378. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i2.1333
Section
Articles
Author Biographies

Nana Supriatna Sonjaya, Universitas Wiralodra

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Wiralodra, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Agus Yudianto, Universitas Wiralodra

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Wiralodra, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Meddy Nurpratama, Universitas Wiralodra

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Wiralodra, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Taufansyah Firdaus, Universitas Wiralodra

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Wiralodra, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

References

Amit, R., & Zott, C. (2001). Value creation in e‐business. Strategic management journal, 22(6‐7), 493-520. https://doi.org/10.1002/smj.187.

Anggraini, N., & Baturaja, S. D. S. (2020). Analisis Usaha Mikro dengan Pendekatan business model canvas (BMC). Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 139.

Astuti, P. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Gega Coffee Di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Chesbrough, H. (2019). Open innovation results: Going beyond the hype and getting down to business. Oxford University Press.

Farkhah, M. S., & Wibowo, J. M. (2023). Currently Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro dan Menengah pada Era Digital di Kota Probolinggo. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), 15(1), 104-115.

Harahap, B., Hasibuan, E. H., Rambe, A., Singarimbun, R. N., & Syahputra, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 di Masjid Muhammad Jayak. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 22-29. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v2i2.64.

Kamilah, S. H. N., Chirzun, A., & Suryaningsih, I. (2025, March). Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan di Ponpes Al-Amaliah Melalui Implementasi Terpadu Value Proposition Canvas dan Business Model Canvas. In Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 206-215). http://dx.doi.org/10.36722/psn.v4i1.3294.

Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. John Wiley & Sons.

Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya lokal. Qardhul hasan: media pengabdian kepada masyarakat, 4(1), 19-30. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1186.

Prajanti, S. D. W., Margunani, M., Rahma, Y. A., Kristanti, N. R., & Adzim, F. (2021). Kajian Strategis Pengembangan Ekonomi Kreatif Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 15(2), 86-101.

Prasetyo, A. R., & Agrina, C. R. (2025). Strategi Pemasaran Berbasis Komunitas: Meningkatkan Perekonomian Desa Melalui Gerabah Plumpungrejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 5(1).
Rizan, M., Sumastuti, E., Prabowo, H., RP, A. K., Anugrah, R. P., Safitri, A. K., ... & Ningrum, V. F. (2023). Bisnis Model Canvas: Membangun Rencana Bisnis Yang Inovatif.

Teece, D. J. (2010). Business models, business strategy and innovation. Long range planning, 43(2-3), 172-194. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2009.07.003.