Pengenalan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran di SMK Brahari untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri dan Efektif

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Ismasari Nawangsih

Universitas Pelita Bangsa

Edy Widodo

Universitas Pelita Bangsa

Eko Budiarto

Universitas Pelita Bangsa

Annisa Maulana Majid

Universitas Pelita Bangsa

Pupung Purnamasari

Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nawangsih, I., Widodo, E., Budiarto, E., Majid, A. M., & Purnamasari, P. (2025). Pengenalan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran di SMK Brahari untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri dan Efektif. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(3), 741-748. https://doi.org/10.63447/jpni.v6i3.1582
Section
Articles
Author Biographies

Ismasari Nawangsih, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Edy Widodo, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Eko Budiarto, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Annisa Maulana Majid, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Pupung Purnamasari, Universitas Pelita Bangsa

Program Studi Manajemen, Fakultas Manajemen, Universitas Pelita Bangsa, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

References

Aisyah, K., Hariyanti, U., & Suharsono, A. (2025). Analisis Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(3).

Hasanudin, C. (2025). Revolusi Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Mendorong Pembelajaran berbasis Teknologi. Seval Literindo Kreasi.

Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., ... & Anggraeni, D. (2022). Teknologi pembelajaran: Konsep dan pengembangannya di era society 5.0. Penerbit Nem.

Mahmudi, M. A., Isnaini, I., Susaldi, S., Anggraini, P. L., Keban, Y. B., Putra, A. H., ... & Gafur, A. (2024). Pembelajaran di Era Society 5.0. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).

Meiliawati, A. E., Zulfitria, Z., & Sugiarto, T. W. (2024). Penggunaan Media Berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk Menunjang Proses Pembelajaran pada Tingkat Sekolah Menengah Atas: A Literature Review. INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 12-17. https://doi.org/10.56842/infotika.v3i1.291.

Muslimin, F., Safrianti, S. D., & Zamzam, A. F. (2025). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) ChatGPT untuk MeningkatkanEfektivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 4(3), 337-347. https://doi.org/10.59025/8jwzze84.

Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33-41.

Putri, C. A., Setiasari, W., Tambunan, A. R. S., & Rais, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis AI Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Guru Bahasa Inggris SMKN 1 Percut Sei Tuan.

Susanty, I. (2024). Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 921-929. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1763.

Susetyo, A. M., & Fatqurhohman, F. (2024). Perspektif Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tentang Pelajar Otonom Era Kecerdasan Buatan. CENDEKIA: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah, 1(3), 97-114.

Usman, A., Saluky, S., Hermania, B., Alfonsus, M. A., Junaidin, J., Abdul Wahab, P., ... & Firman Alamsyah, M. (2019). Peluang dan Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0 dan Society 5.0.

Wahyudi, M., Purnama, R. A., Atrinawati, L. H., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi dampak teknologi pembelajaran aktif di institusi pendidikan kejuruan menengah. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 142-153.

Waskita, G. S. Customer Relationship Management Dalam Bisnis Modern. MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN, 58.

Wibowo, M. U., & Ariany, R. L. (2024, May). Dampak Kecerdasan Buatan dalam Penilaian dan Evaluasi Hasil Pembelajaran Siswa. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 40, pp. 40-51).

Yusup, M., & Kurniawan, R. (2024). Memahami dampak teknologi chatbot dalam pembelajaran: Analisis pemanfaatan di SMA Negeri 5 Binjai. Senashtek 2024, 2(1), 518-524.