Sosialisasi Efek Negatif Perkembangan Teknologi pada Remaja di SMK YPK Imanuel Kota Sorong

Main Article Content

Authors

Details of Authors

Dewi Astria Faroek

Universitas Muhammadiyah Sorong

Fitriyani Tella

Universitas Muhammadiyah Sorong

Ermin

Universitas Muhammadiyah Sorong

Muhammad Yusuf

Universitas Muhammadiyah Sorong

Nirwana Nurdjan

Universitas Muhammadiyah Sorong

Nurfitri

Universitas Muhammadiyah Sorong

Abstract

Article Summary

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Faroek, D. A., Tella, F., Ermin, Yusuf, M., Nurdjan, N., & Nurfitri. (2024). Sosialisasi Efek Negatif Perkembangan Teknologi pada Remaja di SMK YPK Imanuel Kota Sorong. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(2), 443-448. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i2.828
Section
Articles
Author Biographies

Dewi Astria Faroek, Universitas Muhammadiyah Sorong

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia

Fitriyani Tella, Universitas Muhammadiyah Sorong

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia

Ermin, Universitas Muhammadiyah Sorong

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia

Muhammad Yusuf, Universitas Muhammadiyah Sorong

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia

Nirwana Nurdjan, Universitas Muhammadiyah Sorong

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia

Nurfitri, Universitas Muhammadiyah Sorong

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia

References

Darwanto, K., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah (Sebuah upaya menghadapi era digital dan disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35.

Hadipramana, J., Aguslinar, A., Pratiwi, D. N., & Ginting, N. W. (2019). Program pendampingan remaja terhadap dampak teknologi digital terhadap gaya hidup di Desa Sidodadi Ramunia, Kabupaten Deli Serdang. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 378–383.

Mawardah, M., & Hutami, P. (2024). Sosialisasi dampak bullying di SMKN 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 196–203. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i1.650

Meliza, Hardianto, H., Apriandhini, M., Wahyuni, P. M., Sakti, S. W. K., Isfarin, N. N., Wirawan, A. R., & Chairunnisa, M. D. (2024). Sosialisasi pencegahan perundungan (bullying) pada siswa (SMA Dharma Karya). Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 9–13. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i1.509

Novyarni, N., Aprileny, I., Anhar, M., Sumitro, & Maserih. (2023). Penyuluhan pergaulan remaja zaman millenial ditinjau dari aspek agama Islam. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 329–337. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i2.200

Sidik, R., Mulyadi, H., & Sumartini. (2022). Efek mediasi efikasi diri komputer pada pengaruh daya dukung sekolah terhadap kompetensi teknologi pedagogi dan konten guru ekonomi. Susunan Artikel Pendidikan (SAP), 7(1), 59–67.

Siti, A., Agnia, G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh kemajuan teknologi terhadap pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9331–9335. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2473

Winarno, Prasojo, Y. J., Ibrahim, M. M., Joanida, T. A., Saskya, N., & Irgarenata, J. (2023). Penyuluhan bahaya penipuan online sebagai bentuk peningkatan literasi digital bagi masyarakat. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 420–428. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i2.227

Yoga, S. (2019). Perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia dan perkembangan teknologi komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., Suryaningsih, M. D., & Pramono, D. (2021). Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104–112.