Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi (JIMIK), Vol. 5 No. 3 (2024), menerbitkan berbagai artikel yang berfokus pada implementasi sistem informasi, strategi komunikasi, dan penggunaan algoritma dalam berbagai konteks. Beberapa topik yang dibahas mencakup perancangan sistem informasi untuk pengolahan data medis, strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial, hingga analisis sentimen menggunakan algoritma Naive Bayes. Jurnal ini juga mengeksplorasi penerapan teknologi IoT, augmented reality, dan kecerdasan buatan untuk mendukung berbagai kebutuhan industri. Selain itu, studi kasus di bidang pendidikan, kesehatan, dan manajemen data memberikan wawasan terkait penerapan teknologi di dunia nyata. Volume ini mencerminkan kemajuan inovatif di bidang manajemen informatika dan komunikasi, dengan fokus pada solusi praktis yang mendukung pengambilan keputusan dan optimalisasi proses bisnis di berbagai sektor.
DOI: https://doi.org/10.35870/jimik.v5i3
Published: 2024-09-10
Articles
Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Morbiditas Rawat Inap Guna Menunjang Tata Kelola Pelaporan Rawat Inap
2145-2157



Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Rekam Medis Elektronik Guna Menunjang Tata Kelola Pelaporan Rawat Jalan
2158-2169



Communication Clashes Between Autistic Children and Parents in Non-Verbal Behavior
2170-2178



Implementasi Strategi Komunikasi Surya Citra Media pada Tiktok @indosiar_sports
2179-2189



Strategi Perancangan Konten Media Sosial Tiktok dalam Acara SCTV Awards 2023
2190-2200



Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran pada Program Java Ballon Attraction 2022 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo
2201-2215



Analysis of the Promotion Mix Strategy on the Number of Martabe Savings Customers at PT Bank Sumut, Tembung Branch Office
2216-2227



Implementasi Sanitasi Data Pada Sistem Operasi Android dengan Metode Gutmann
2228-2242



The Role of Promotion in Increasing Sales of Red Coffee Cap Lesung SMEs New Hope Built at BDC Pagar Alam City
2243-2252



Persepsi Masyarakat Tentang Instagram PPID Kota Semarang
2253-2264



Prediksi Harga Crypto dengan Algoritma Jaringan Saraf Tiruan
2265-2275



Implementasi Strategi Digital Marketing Sebagai Inovasi Kreatif di Bidang Wirausaha Nails Art
2276-2288



The Impact of Information Technology Sophistication, Management Participation, and Accounting Information Systems on Employee Performance
2289-2299



Kepercayaan di Internet: Studi Kasus pada Korban Layanan Top Up Game Online di Media Sosial
2300-2312



Pengembangan Alat Obat Nyamuk Otomatis untuk Mengurangi Tingkat Penyebaran Penyakit Malaria
2313-2319



Strategi Bauran Promosi Lokananta Surakarta untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Lokal
2320-2336



Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Mobile Android
2337-2344



Peran Electronic Word of Mouth sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran pada Produk Avoskin
2345-2355



Pengembangan Website Koleksi Buku untuk Income Cafe Atelir Ciremai
2356-2365



Pengembangan Layanan Print Online Berbasis Website
2366-2377



School-Based Management in Improving The Quality of Education Through Communication and Information Management
2378-2389



Evaluasi dan Redesain UI/UX pada Aplikasi Web Young on Top
2390-2401



Perancangan UI/UX Aplikasi E-learning Kampus Universitas Stikubank Dengan Menggunakan Metode Design Thinking
2402-2412



Pengembangan Sistem Absensi Online dalam Memonitoring Kehadiran Mahasiswa untuk Mempermudah Proses Perkuliahan
2413-2422



Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Manajemen Surat (AMS) di PT PLN (Persero) UP3 Palembang Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)
2423-2430



Representasi Premanisme dalam Film Pendek Loz Jogjakartoz (Analisis Semiotika Roland Barthes)
2431-2442



Strategi Komunikasi Pemasaran Agrowisata Berbasis Ketahanan Pangan di Desa Renah Kayu Embun (RKE) Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh
2443-2455



Perancangan Website dan Sistem Informasi di Gereja Katolik Santo Paskalis Baylon Wangon Menggunakan Framework Laravel
2456-2468



Implementasi Augmented Reality untuk Pengenalan Bangun Ruang
2469-2476



Aplikasi Pencarian Layanan Kesehatan Berbasis Android
2477-2483



Analisis Kontroversi Aksi Cepat Tanggap Berdasarkan Perspektif Maqashid Syariah
2484-2495



Komunikasi Interpersonal Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi di Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
2496-2509



Strategi Komunikasi Pencegahan Stunting oleh Puskesmas Palaran
2510-2522



Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Optimalisasi Media Sosial Instagram Nafas Pertama
2523-2534



Strategi Komunikasi Politik Tim Sukses Pemenangan Pemilu Anies-Amin dalam Membangun Dukungan Publik melalui Twitter
2535-2547



Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kualitas Produk, dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop
2548-2560



Sentiment Analysis of Cigarette Use Based on Opinions from X Using Naive Bayes and SVM
2561-2569



Pola Komunikasi Guru dengan Siswa Sekolah Menengah Sekolah Alam Bogor dalam Membangun Kepemimpinan
2570-2581



Analisis Efektivitas Sistem Kendali Otomatis PJU Berbasis IoT Menggunakan Mikrokontroler ESP32 dengan Metode Regresi Linier
2582-2595



Strategi Public Relations PC. GKBI dalam Membangun Citra Positif Perusahaan
2596-2611



Perbandingan Kinerja Model Pre-Trained CNN (VGG16, RESNET, dan INCEPTIONV3) untuk Aplikasi Pengenalan Wajah pada Sistem Absensi Karyawan
2612-2622



Optimasi Pengukuran Dinamis dari Visualisasi Model Ruangan 3D Menggunakan Sensor LiDAR dan Framework RoomPlan
2623-2633



Implementasi Knowledge Management pada Perancangan Website Panduan Perusahaan menggunakan Framework Laravel
2634-2646



Instagram Social Media Management Strategy @Disparbudpora_Bondowoso As A Communication Medium In Promoting Bondowoso District Tourism
2658-2667



Analisa Sentimen Rencana Pemindahan Ibu Kota Nusantara dari Jakarta ke Kalimantan Timur Menggunakan Algoritma Naïve Bayes
2668-2679



Analisis Sentimen Terhadap Kendaraan Listrik di Indonesia Menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes
2680-2690



Penerimaan Aplikasi Loklok Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) oleh Masyarakat Jakarta
2691-2708



Implementasi Data Mining dengan Metode Regresi Linear untuk Prediksi Hasil Penjualan di PT Awitama Cyndo Wahana
2709-2723



Implementasi Data Mining Prediksi Penjualan Produk Semen Menggunakan Metode Linear Regression (Studi Kasus PT. Toyo Mortar Indonesia)
2724-2741



Optimasi Deteksi Tumor Otak Menggunakan Adaptive Multiscale Retinex dan YOLOV10 Pada Citra Digital
2742-2751



Pengaruh Penerapan Aplikasi Pendaftaran Online Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit Hasna Medika Cirebon
2752-2760



Penerapan Rekam Medis Elektronik dalam Menunjang Efektivitas Kerja Perekam Medis di Rumah Sakit Hasna Medika Cirebon
2761-2767



Komparasi Penerapan Algoritma C4.5 dan Naïve Bayes untuk Ketepatan Waktu Pengiriman Barang Pada PT. Rtrans Logistik Artamandiri
2768-2780



Implementasi Sistem Pemberian Pakan Ikan Hias Otomatis Menggunakan Esp32 Berbasis IoT (Internet of Things)
2781-2791



Klasterisasi Penggunaan Ban dengan Cost Per Kilometer Terendah pada PT. PL menggunakan Metode K-Means
2792-2800



Pemodelan Teknologi dalam Aplikasi KitaLulus untuk Lowongan Pekerjaan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)
2801-2812



Penerapan Sistem Simple Additive Weighting (SAW) dalam Pendukung Keputusan Sistem Kontrak Kerja pada PT. Chia Jiann Furniture Indonesia
2813-2826



Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Kipin School Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)
2827-2839



Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Pasien Telkomedika dengan Tipe Kepribadian Influence Menggunakan Metode Design Thinking
2840-2853



Representasi Dampak Hoax Pada Film Budi Pekerti Karya Wregas Bhanuteja : Konten Viral
2864-2876



Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada CV. Safina Abadi
2877-2887



Implementasi Data Mining Klasifikasi Gejala Penyakit TB Menggunakan Algoritma Naive Bayes pada Studi Kasus Puskesmas Pegangsaan Dua B
2888-2898



Implementasi Backup Koneksi Jaringan Menggunakan Metode Failover MikroTik pada PT Tiga Kawan Sertifikasi
2899-2914



Penerapan IoT dengan Algoritma Fuzzy dan Mikrokontroler ESP32 dalam Monitoring Penyiraman
2915-2924



Implementasi Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Terhadap Program Makan Siang Gratis
2925-2939



Analisis Sentimen Respon Publik Terhadap Program Internet Gratis di Platform X Melalui Pendekatan Algoritma Naïve Bayes
2940-2950



Penerapan Algoritma A* (A-Star) untuk Mencari Rute Terpendek dari Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur ke Stadion Gelora Bung Karno
2951-2975



Implementasi Strategi Influencer Marketing untuk Membangun Brand Awareness di Industri Skincare Pria
2976-2983



Pembangunan Sistem Informasi Pelaporan Masalah Lingkungan Berbasis Web di Universitas Kristen Satya Wacana
2984-2993



Analisis Sentimen Tanggapan Pengguna Media Sosial X Terhadap Program Beasiswa KIP-Kuliah dengan Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)
2994-3003



Implementasi Algoritma A* (A-Star) untuk mencari Rute Tercepat dari Bandara Soekarno Hatta ke Destinasi Kota Tua Jakarta
3020-3042



Analisis Sentimen Publik Terhadap Penurunan Jumlah Pernikahan di Indonesia menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors (KNN)
3043-3053



Pemodelan Text Mining untuk Analisis Sentimen Terhadap Program Makan Siang Gratis di Media Sosial X Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)
3065-3079



Pemodelan Data Mining Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Kedai Ngodeng & Smoothies)
3080-3098



Analisis Konfigurasi Tunnel IPv6, Auto Tunnel, dan ISATAP dalam Pembangunan Infrastruktur Jaringan
3107-3124



Manajemen Bandwidth Jaringan dengan Metode Per Connection Queue (PCQ) Pada Mikrotik di Masterpiece Family Karaoke Tebet
3125-3137



Analisis Pengaruh Media Sosial X Terhadap Sikap dan Perilaku Remaja Menggunakan K-Means Clustering
3138-3146



Analisis Perbandingan Algoritma Apriori dan FP-Growth untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Maestro Jakarta Cafe & Space
3147-3157



Optimisasi Web Service REST API Menggunakan Load Balancer dan Cache dengan Algoritma Round Robin (Studi Kasus: Madani Infosphere)
3158-3169



Analisis Penggunaan Metode XConnect Main and Backup Link Berbasis VPN MPLS Layer 2 pada Jaringan Metro-Ethernet
3170-3180



Perancangan Sistem Informasi Sekolah SD Negeri 4 Kerta Payangan Menggunakan Metode Design Thinkin
3181-3188



Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pengguna Jasa Layanan Grab Menggunakan Metode C4.5
3189-3198



Freedom of Speech di Ruang Virtual: Analisis Wacana Fairclough Pada Kanal Youtube Rocky Gerung Official
3199-3210



Strategi Perencanaan Prasarana Sekolah dengan Enterprise Architecture dan Framework TOGAF
3211-3224



Implementasi Algoritma Naïve Bayes dalam Memprediksi Tingkat Kelulusan Siswa pada Sertifikasi Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA)
3225-3236



Implementasi Algoritma You Only Look Once (YOLOv8) untuk Mendeteksi Pelanggaran Lalu Lintas Berupa Tidak Menggunakan Helm (Studi Kasus di Jatiasih, Bekasi)
3237-3247



Analisa Sentimen Drama Korea Melalui Media Sosial X dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes
3248-3261



Analisis Sentimen Naturalisasi Tim Nasional Indonesia U-23 di Era Shin Tae-yong Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbors
3262-3277



Analisis Efektivitas Keamanan Jaringan Layer 2: Port Security, VLAN Hopping, DHCP Snooping
3278-3290



Analisa Sentimen Pada Media Sosial “X” Pencarian Keyword ChatGPT Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors (KNN)
3291-3305



Implementasi Algoritma A* (A-Star) untuk Mencari Rute Terpendek dari Kelurahan Cibubur ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
3306-3325



Implementasi Algoritma C4.5 dan Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Publik terhadap Platform Live Streaming Dukov di Indonesia
3326-3335



Analisis Sentimen Pada Media Sosial X (Twitter) Terhadap Tumor Jinak Payudara Menggunakan Metode Naïve Bayes
3336-3348



Teknologi Artificial Intelligence (AI) Vision Swift dalam Sistem Pemantauan Latihan Bulu Tangkis dengan Algoritma Optical Flow
3349-3361


